Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Batang

Lapas Batang Kanwil Kemenkumham Jateng Praktek Pembuatan Pupuk Cair

Info Terkini | Saturday, 17 Sep 2022, 19:57 WIB
Lapas Batang melakukan pembuatan starter untuk pupuk cair, Sabtu (17/09/2022). Pembuatan pupuk cair ini adalah bagian dari praktek secara langsung setelah mengikuti sosialisasi dan pelatihan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) di Desa Tumbrep Kabupaten Batang tanggal 12 September 2022. Pembuatan pupuk dilakukan di dalam Lapas oleh Pegawai Lapas Batang dan Warga Binaan.
Tahap awal menyiapkan semua alat dan bahan berupa tong untuk tempat fermentasi, pisau, ragi tape, terasi, ajinomoto, tetes tebu, buah busuk, bonggol pisang, akar bambu, air kelapa, dan air cucian beras. Proses pertama yaitu memotong bonggol pisang dan akar bambu menjadi kecil serta menghancurkan buah busuk. Kemudian semua bahan dimasukkan ke dalam tong, aduk hingga tercampur rata dan tutup rapat untuk kemudian didiamkan selama kurang lebih 5 hari agar terjadi proses fermentasi.
Diharapkan pembuatan pupuk cair ini dapat meminimalisir sampah organik dan bisa bermanfaat untuk kebutuhan berkebun serta melatih keterampilan bagi warga binaan di Lapas Batang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image