Ikhtiar Tingkatkan Kualitas, Dua Prodi UM Bandung Studi Banding ke UMSIDA

Image
Universitas Muhammadiyah Bandung
Edukasi | Friday, 16 Sep 2022, 10:06 WIB
Foto bersama rombongan Administrasi Publik dan Akuntansi UM Bandung usai berdiskusi dengan UMSIDA (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

SIDOARJO – Sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas, program studi Administrasi Publik dan program studi Akuntansi UM Bandung melakukan studi banding ke Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) pada Rabu-Kamis (14-15/09/2022).

Dalam studi banding ini Administrasi Publik dan Akuntansi UM Bandung juga membahas kerja sama dengan program studi Akuntansi dan Administrasi Publik UMSIDA.

"Adapun materi pembahasan kami di sana meliputi materi kurikulum MBKM, Caturdarma, laboratorium Administrasi Publik, conference (seminar akuntansi), tax center (akuntansi), jurnal, kemudian hibah komputer (akuntansi), dan juga PKKM," ujar Ketua Progam Studi Administrasi Publik UM Bandung Meti Mediyastuti Sofyan SSos MAP.

Suasana diskusi dengan UMSIDA (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

Meti menjelaskan bahwa UMSIDA menjadi pilihan studi banding karena kampus tersebut sangat bagus. Misalnya program studi Administrasi Publik UMSIDA sudah terakreditasi A.

Selain itu, program studi Administrasi Publik UMSIDA juga sudah punya Laboratorium Administrasi Publik yang sudah settle untuk pengembangan kebijakan publik, pelayanan publik, dan E-Governance.

"Dengan melakukan studi banding ke UMSIDA, melihat beragam keunggulan dan juga banyaknya inovasi yang dilakukan oleh program studi Administrasi Publik UMSIDA, sehingga hal itu bisa membuat kita belajar, sharing keunggulan-keunggulannya demi keunggulan prodi Administrasi Publik UM Bandung," tandas Meti.

Tindak lanjut

Terkait tindak lanjut dari studi banding ke UMSIDA, Ketua Program Studi Akuntansi UM Bandung Erfan Erfiansyah SE MAk CTA ACPA menyampaikan bahwa delapan poin yang sudah menjadi pembicaraan dengan UMSIDA akan terwujud dalam beberapa kegiatan.

Di antaranya finalisasi kurikulum MBKM, pelaksanaan conference yang rencananya akan berlangsung pada 04 Oktober 2022, dan pengajuan pembukaan tax center ke Kanwil DJP Jawa Barat 1.

Administrasi Publik dan Akuntansi berdiskusi banyak hal dengan UMSIDA (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

"Kemudian ada juga kegiatan publikasi artikel dosen dan mahasiswa UM Bandung di jurnal UMSIDA. Lalu pembentukan tim dan penyusunan proposal hibah PKKM," kata Erfan Erfiansyah.

Dengan bertukar ide-ide kreatif, studi banding, berkolaborasi, dan bekerja sama dengan kampus-kampus lain, salah satunya dengan prodi Akuntansi UMSIDA, Erfan Erfiansyah berharap mutu dan kualitas prodi Akuntansi UM Bandung bisa meningkat.***(FA)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Akun resmi milik Universitas Muhammadiyah Bandung

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image