Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

BEI Hapus Kode Broker Saham & Tipe Investor Mulai Berlaku 6 Desember 2021

Bisnis | Wednesday, 01 Dec 2021, 11:50 WIB
Dok Market Whizz

Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan akan mulai menerapkan fitur baru sistem perdagangan di Jakarta Automated Trading System (JATS) bersamaan dengan dimulainya penutupan kode broker saham dan tipe investor.

Nantinya, investor tidak lagi dapat melihat anggota bursa (AB) yang mentransaksikan saham tertentu dan tipe investor pada saat perdagangan berlangsung. Investor baru akan mengetahuinya setelah sesi perdagangan selesai.

Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa, Laksono Widodo memastikan, penerapan aturan tersebut akan berlaku mulai 6 Desember 2021 mendatang dan akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pertimbangan dilakukan kebijakan ini terutama untuk mengurangi adanya kebiasaan menggiring (herding behaviour) pasar ke saham-saham tertentu. Lainnya adalah untuk meningkatkan tata kelola pasar (market governance).

Pertimbangan lainnya adalah dari segi teknis. Penutupan kode broker ini akan dapat mengurangi kebutuhan bandwidth data.

Sehubungan dengan hal itu, Kepala BEI Perwakilan Aceh, Dr. Thasrif Murhadi, MM membenarkan bahwa kebijakan baru tersebut akan mulai diberlakukan pada tanggal 6 Desember 2021. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image