Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Meliana Aryuni

CSR Kampung Berseri Astra (KBA) Wujud Nyata Merangkul Masyarakat Desa Mekar Sari di Tahun 2022

Lomba | Tuesday, 13 Sep 2022, 15:35 WIB
Brosur Lomba KBA

Baru setahun ini saya mengenal Astra. Astra yang termasuk salah satu perusahaan besar di Indonesia ternyata memiliki banyak program. Program yang saya ikuti adalah program yang berkaitan tentang lingkungan dan alam, yaitu Kampung Berseri Astra (KBA).

Program Kampung Berseri Astra (KBA)

Tepatnya bulan Juli 2021, program Generasi KBA 2021 dimulai. Astra memfasilitasi para peserta untuk ikut dalam berbagai kegiatan. Kegiatan pertama kali adalah kegiatan pelatihan yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Dengan berbekal niat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, saya dan suami akhirnya ikut serta di dalamnya.

Di dalam programnya itu, ada pelatihan tentang pemetaan wilayah dan potensi apa yang diunggulkan di sana. Awal kegiatannya, saya merasa sedikit bingung. Namun, akhirnya saya menikmatinya berbagai kegiatan yang ditawarkan.

Dokumen pribadi

Untuk menggali potensi peserta, yang berasal dari daerah dan provinsi yang berbeda, Astra mengadakan berbagai kompetisi. Kompetisi yang digelar adalah kompetisi tentang profil desa, keunggulan desa, video desa, dan best practice dalam mengolah keunggulan desa. Saya dan suami turut serta dalam kegiatan tersebut dan menjadikan anggrek spesies sebagai produk unggulan desa. Alhamdulillah, produk ini masuk final.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta lomba, Astra tidak tanggung-tanggung menyediakan hadiah puluhan juta untuk para pemenang. Dana itu merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Seperti yang dikutip dari Republika.co.id, bahwa dalam Undang-Undang No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (Pasal 74) mewajibkan perusahaan di Indonesia untuk dan atau berkaitan dengan sumber daya alam, dikenai kewajiban untuk melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan.

CSR Astra untuk Warga Mekar Sari

Kegiatan KBA yang berlangsung sejak Juli 2021 membuahkan CSR dari Astra. Dalam program KBA, dana CSR dalam bentuk pemberian sembako pada wilayah binaan dan kaos sebagai bentuk dukungan di wilayah tersebut. Tahun ini desa kami, Desa Mekar Sari, Ogan Komering Ulu Selatan mendapatkan bantuan 50 paket sembako dari Astra.

Dokumen Pribadi

Paket-paket sembako itu disalurkan untuk 50 warga yang ada di desa Mekar Sari pada Minggu, 4 September 2022 bertempat di mushola Darussalam. Paket-paket itu adalah wujud nyata Astra dalam pemberdayaan masyarakat pada program Kampung Berseri Astra (KBA). Tentu saja hal seperti ini disambut baik oleh warga. Warga tidak menyangka bahwa Astra mau berbagi keuntungan untuk banyak orang.

Manfaat CSR Bagi Astra dan Masyarakat

Dengan CSR itu, Astra mendapatkan kepercayaan warga Mekar Sari bahwa perusahaan itu tidak hanya mementingkan laba semata. Namun, laba yang diperoleh Astra bisa memberdayakan masyarakat dan menjaga lingkungan. Astra tahu bahwa CSR sangatlah penting bagi perusahaan. Dengan CSR yang disalurkan ke warga di Mekar Sari, diharapkan hubungan perusahaan dan warga akan berjalan lancar. Jika berjalan lancar, Astra dan warga akan merasakan dampak dan manfaatnya.

CSR yang diberikan Astra kepada seluruh peserta KBA di berbagai wilayah merupakan komitmen yang baik terhadap stakeholder di sekitarnya, internal maupun eksternal, serta lingkungan hidup setempat. Astra ingin mewujudkan seluruh wilayah binaannya menjadi kampung yang sehat dan mampu memberdayakan potensi daerahnya masing-masing. Kerja sama yang baik antara warga KBA dengan Astra akan membawa dampak positif bagi lingkungan. Dalam hal ini berupa pengelolaan sampah, daur ulang barang yang tidak terpakai, bahkan ternak magot yang sudah mulai digalakkan. Di desa Mekar Sari, anggrek spesies yang akan dibudidayakan.

Dokumentasi Pribadi

Dengan pemberian sembako dari Astri, desa Mekar Sari diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada. Dalam hal ini adalah anggrek spesies yang jarang dilirik konsumen. Desa Mekar Sari yang kaya akan anggrek spesies akan menambah khasanah flora di Indonesia.

Harapan Terhadap CSR Astra

Saya berharap Astra tetap setia mendampingi masyarakat dan memberikan informasi yang luas pada potensi desa-masing-masing. Saya harap dengan ada CSR ini, Astra terus mengembangkan perusahaan dalam merangkul masyarakat untuk banyak belajar.

Konsistensi adalah jawaban pertama untuk membuat CSR itu bermanfaaf bagi banyak orang. Dengan 1 produk unggulan dan fokus untuk dikembangkan secara maksimal, saya yakin bahwa keberhasilan dalam mewujudkan Kampung Berseri Astra (KBA) sudah terlihat di depan mata.

Referensi

Slamet Riyanto. 2 November 2011. Perusahaan Sekelas Apakah yang Berkewajiban Mengeluarkan Dana CSR. Repuplika.co.id.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image