Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

UNIMUDA Sorong Kembali Menggelar MATRAS Secara Offline dengan 1.512 Mahasiswa Baru

Eduaksi | Tuesday, 13 Sep 2022, 12:00 WIB

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong kembali menggelar Orientasi Studi atau Pengenalan Kampus kepada mahasiswa baru atau yang kerap disebut dengan Masa Ta’aruf Mahasiswa (MATRAS) pada tanggal 8-10 September 2022 di Gedung Prof. Zamroni, Ph.D. UNIMUDA Sorong.

Masa Ta’aruf Mahasiswa (MATRAS) ini merupakan tradisi penyambutan mahasiswa baru di UNIMUDA yang selalu digelar di tiap tahunnya. Pada tahun 2020, MATRAS digelar secara online karena Pandemi Covid-19 dan di tahun 2021 digelar secara hybrid.

Pada tahun 2022 ini UNIMUDA kembali menggelar Masa Ta’aruf selama tiga hari secara offline diikuti sebanyak 1.512 mahasiswa baru. Agenda pembukaan Matras tersebut digelar pada, Kamis (8/9) ini dihadiri oleh Pejabat Bupati Sorong, Pejabat LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Anggota DPR RI Komisi X, Pasmar III Sorong, Yonzipur Sorong, Koarmada III, Polres Kabupaten Sorong, Rektor, Wakil Rektor, Jajaran Pejabat Struktural dan Panitia.

Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan Universitas penerima mahasiswa baru terbanyak di Kota Sorong bahkan di Papua Barat.

“ Ada 18 Perguruan Tinggi yang ada di Sorong, pada hari ini saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua mahasiswa baru termasuk orang tua, karena tahun ini juga UNIMDA Sorong mendapat mahasiswa baru terbanyak di Sorong Raya bahkan Papua Barat. Ini membuktikan bahwa Tuhan tidak pernah membedakan tanah yang satu dengan tanah yang lain yang artinya meskipun di Tanah Papua tetapi kita juga bisa hebat bisa besar dan membesarkan tanah ini.” Tuturnya.

Pada sambutannya, Rustamadji juga memberitahukan berbagai prestasi yang selama ini telah di raih oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA Sorong, mulai dari prestasi mahasiswa dan prestasi perguruanm tingginya.

Bersamaan dengan itu Bupati Sorong yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Pejabatnya, Dr. Markus Karat, S.IP., M.Si., menyampaikan pesan Bupati yang berhalangan hadir tersebut.

“Selamat kepada mahasiswa baru di UNIMUDA Sorong Angkatan ke-XIX Tahun 2022, dan saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pembekalanm yang baik kepada seluruh mahasiswa baru yang akan memulai study-nya antara lain pengenalan lingkungan kampus dan pembelajaran mandiri dan produktif sebagai ana muda yang motivatif dan inspriratif yang luar biasa.” Tuturnya

Markus juga menyampaikan pesan Bupati bahwa program prioritas Pemerintah saat ini adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, kreatif, inovatif dan adaptif serta mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Mahasiswa baru ini di tuntut memiliki daya saing dan mampu berkompetisi. Bupati Sorong juga berharap bahwa UNIMUDA Sorong dapat menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan yang unggul dan professional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta melakukan riset dan inovasi. Berjiwa wirausaha, menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan yang mampu bersaing secara nasional.

Pada pembukaan kegiatan Matras tersebut pun diselipkan beberapa ceremony penting salah satunya adalah penyerahan Beasiswa KIP oleh Anggota DPR RI Komisi X, Robert Joppy Kardinal, S.A.B., untuk 100 Mahasiswa Baru di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dan pengenalan 7 Fakultas dan 25 Program Studi baru kepada seluruh Mahasiswa Baru. Matras tersebut juga ditutup dengan Long March dari Alun-alun Aimas Sorong hingga ke UNIMUDA Sorong. (kdx)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image