Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Selamat Bertugas Pasukan Komcad

Info Terkini | Monday, 12 Sep 2022, 22:44 WIB

Kesuksesan merekrut ribuan Komponen Cadangan (Komcad) dari masyarakat untuk menambah keamanan bangsa ini. Dari informasi didapat ada 2.974 personel Komcad yang resmi memperkuat bangsa ini.

Mereka adalah putra dan putri Indonesia terpilih dan sukarelawan mengabdikan diri untuk bangsa Indonesia. Komcad pasukan cadangan untuk memperkuat pertahanan negara.

Kami ucapkan selamat mengabdi untuk negara. Jiwa dan raga mu dipertaruhkan untuk bangsa ini. Kami salut dan selamat bertugas para pasukan Komcad.

Kita ketahui bahwa Komcad ini terdiri dari dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Udara. Mereka dilatih dan digembleng oleh para TNI yang sudah terlatih.

Kita ketahui di balik kesuksesan upacara penetapan 2.974 personel Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022 di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah bersiaga memantau kesiapan pasukan dan acara sejak H-2 sebelum acara.

Pada H-2 sebelum acara atau Selasa 6 September 2022, Prabowo mengikuti langsung geladi bersih upacara penetapan Komcad 2022 sejak pagi hingga siang hari.

Prabowo memantau langsung kerapian barisan berikut dengan perlengkapannya.

“Terus berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Prabowo kepada para Komcad yang akan ditetapkan saat momen geladi bersih tersebut.

Pada H-1 acara pun Prabowo datang kembali ke Batujajar untuk fokus lebih detail lagi pada kesiapan acara penetapan Komcad 2022 yang diikuti oleh 2.974 orang.

Dalam laporannya yang disampaikan saat upacara penetapan, Prabowo mengatakan bahwa UUD 1945 pasal 27 dan Pasal 30 mengamanatkan setiap warga negara berhak wajib ikut serta dalam pembelaan negara dan tiap warga negara wajib ikut serta dengan usaha pertahanan dan keamanan negara.

Adapun, UU nomor 23 tahun 2019 tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara telah mengamanatkan dibentuknya komponen cadangan yang berasal dari unsur warga negara yang dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan.

"Komponen cadangan jumlah 2.974 orang terdiri dari rindam II/Sriwijaya 450 orang, rindam VI/Mulawarman 500 orang, rindam IV Hasanuddin 500 orang , komando pendidikan marinir TNI AL 499 Orang, Pusdiklat Kopaska TNI AU 500 orang, Pusdik Kowad TNI AD 50 Orang dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia 475 orang," tuturnya.

Acara penetapan Komcad 2022 diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh bapak Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang didampingi oleh Menhan.

Kemudian penyampaian laporan terkait pelaksanaan Pembentukan Komponen Cadangan TNI TA. 2022 oleh Menhan, pernyataan resmi Wapres RI dan penyerahan Tunggul Satuan Komponen Cadangan kepada tiap-tiap komandan batalion

Usai upacara, para Komcad menunjukkan atraksi kemampuan yang selama ini telah dilatihkan, seperti kolone senapa, bongkar pasang senjata dengan mata tertutup, bela diri militer, demonstrasi pemecahan dan pematahan, senam balok, halang rintang, demo sparko Komcad, dan Fly Pass pesawat oleh Komcad matra udara.

Rangkaian acara selanjutnya ditutup dengan defile (parade) baris-berbaris pasukan Komcad 2022.

Sumber : Okezone.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image