Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Alam Gaib Menurut Ahli Tafsir

Agama | Friday, 09 Sep 2022, 21:30 WIB
Alam Gaib Menurut Para Ahli Tafsir

Alam Gaib Menurut Ahli Tafsir

Alam Gaib adalah alam yang tidak bisa terjangkau dengan panca indra manusia yang harus diyakini keberadaannya dan orang mukmin harus meyakini tentang keberadaan alam gaib, bagaimana Alam Gaibmenurut para ahli tafsir? Simak penjelasan dibawah ini.

Empat belas abad yang silam Alquran sudah menjawab mengenai keberadaan alam gaib. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Albaqarah ayat 3 :

Artinya: “Orang-orang yang takwa itu adalah orang-orang yang : Beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat dan menafkahkan harta apa yang telah Aku karuniakan

Ayat diatas menjelaskan bahwa orang yang bertakwa yaitu orang yang selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala apa yang dilarang-Nya. Mereka mempercayai kepada yang gaib, selalu melaksanakan shalat baik shalat wajib atau sunah dan selalu menafkahkan rizkinya dijalan Allah SWT.

Para ulama Tafsir berbeda pendapat mengenai penafsiran tentang alam gaib:

1. Abdul ‘Aliyah berpendapat bahwa yang dimaksud dengan hal gaib diantaranya: Allah SWT, malaikat, jin, hidup setelah kematian (life after life), neraka, surga, dan ketika akan menghadap Allah SWT.

2. Imam Sadiy meriwayatkan dari Ibnu Abbas dan Ibnu mas’ud berkata:” Alam Gaib adalahS urga, neraka dan segala yang dikemukakan Alquran tentang hal yang gaib”.

3. Iman Ato berpendapat:”Orang yang beriman kepada Allah SWT berarti dia beriman kepada alam gaib”

4. Imam Al-Maraghi berpendapat Gaib adalah sesuatu yang tidak diketahui manusia seperti Zat Allah SWT, malaikat, alam akhirat dan bangkit dari kubur, berkumpul dialam mahsyar dan pertanggungjawaban amal (hisab)

Demikian pemaparan mengenai Alam Gaibatau hal yang gaib menurut para ahli tafsir dan orang yang bertakwa adalah mempercayai pada hal yang gaib, melaksanakan shalat dan menafkahkan sebagian rizkinya dijalan Allah SWT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image