Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Geominerba Geominerba

PPSDM Geominerba Dan PT Freeport Indonesia Gelar Uji Kompetensi Juru Ukur Tambang

Info Terkini | Thursday, 08 Sep 2022, 22:01 WIB

PPSDM Geominerba bersama PT Freeport Indonesia gelar Diklat dan Uji Kompetensi Pemetaan Tambang (Juru Ukur Tambang) dalam rangka pemahaman aspek K3 dan Lingkungan oleh juru ukur akan mendukung lebih terjaminnya keselamatan pekerja dan tertatanya pengelolaan lingkungan. Peranan dan tanggung jawab juru ukur akan terkait dengan kegiatan teknis lainnya, khususnya dalam menghasilkan peta-peta yang menjamin terlaksananya kondisi K3 dan Lingkungan yang baik. Selain tanggung jawab langsung pada aspek K3, juru ukur memiliki peran dan tanggung jawab yang sifatnya membantu Kepala Teknik Tambang dalam melaksanakan ketentuan yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 1827.K/30/MEM/2018.

Salah satu tugas dan tangungjawab Kepala Teknik Tambang adalah memiliki tenaga teknis pertambangan yang berkompeten sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Tenaga kompeten yang dimaksud salah satunya adalah juru ukur tambang.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara, Dwi Anggoro Ismukurnianto membuka secara resmi melalui video conference zoom, Senin (5/9/2022). “Salah satu tugas dan tangungjawab Kepala Teknik Tambang adalah memiliki tenaga teknis pertambangan yang berkompeten sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Tenaga kompeten yang dimaksud salah satunya adalah juru ukur tambang. Disinilah peran Saudara sebagai juru ukur tambang akan sangat membantu dan mendukung kelancaran dan keakuratan tugas dan tanggungjawab Kepala Teknik Tambang.” ucap Ismu.

Tercatat sebanyak 24 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini selama sebelas hari (5-15 September 2022). Dengan harapan memberikan dasar ilmu, pemahaman dan keterampilan untuk melakukan pengukuran pertambangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat melaksanakan tugas dengan hasil yang memenuhi standar.

Para peserta juga akan dibekali dua belas materi yang harus dikuasai dan dipahami, yaitu: Penyusunan dan Penerapan Rencana Kerja, Peraturan dan Prinsip K3, Pengetahuan Dasar Penentuan Posisi, Pengukuran Krangka Dasar Pemetaan, Pengukuran Situasi, Detail dan Stakeout, Praktik Pengukuran GPS, Praktik Pengukuran Poligon, Praktik Pengukuran Waterpass, Praktik Pengukuran Situasi Detail, Parktik Pembuatan Peta dan Perhitungan Volumen, Praktik Stakeout, dan Penyusunan Laporan. (S

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image