Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kardawi

Keterbukaan Informasi Publik Bagi Sebuah Lembaga

Politik | Tuesday, 30 Nov 2021, 11:51 WIB
Sumber foto : Kemenkeu foto/Biro KLI - Agus

Masih banyak lembaga-lembaga pemerintah yang belum menerapkan informasi publik, beberapa alasan mengapa belum ada informasi publik adalah sebagai berikut :

1. Penguasaan suatu lembaga belum sepenuhnya tahu tentang 14 tahun 2008 tentang informasi publik, sedangkan dimasa demokrasi ini, informasi publik sangat dianjurkan untuk menghindari segala sesuatu yang positif atau bahkan negatif tentang lembaga tersebut.

2. Sebuah lembaga sengaja untuk segala informasi agar tidak terlihat luas di hadapan publik seperti seolah-olah itu tidak pernah ada orang yang tahu bagaimana segala macam bentuk dan karakter yang ditunjukkan.

3. Belum memiliki masyarakat, sebuah lembaga yang ingin mengetahui tentang informasi publik, namun tidak memiliki seseorang di bagian masyarakat juga tidak dapat menjadikan informasi publik, karena bagian khusus dari informasi publik tersebut diperlukan.

Beberapa manfaat dari keterbukaan informasi publik ini, segala sesuatu yang bersifat privasi bagi lembaga bisa diketahui oleh orang-orang yang ingin menilai sebuah lembaga tersebut.

Jika tidak ada keterbukaan informasi publik maka orang-orang tidak bisa menilai sebuah lembaga tersebut, keterbukaan ini sangat diperlukan, bisa terus terang bagi yang korupsi diketahui oleh orang-orang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image