Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Cara Merawat Mobil Matic Dengan benar

Eduaksi | Monday, 05 Sep 2022, 15:55 WIB

GPSKU - Hadirnya teknologi modern yang ditanamkan pada transmisi jenis ini menjadikan mobil matic menjadi pilihan utama saat memilih mobil. Harga memang lebih mahal dari mobil manual, namun bukan berarti mobil matic tidak bisa menghindari kerusakan. Ada berbagai metode dan masalah kerja yang harus diperhatikan sebelum memilih dan memeliharanya.

1. Lakukan pemanasan mobil secara teratur dan periksa kinerja mesin

Cara ini adalah yang paling mudah, tetapi sering diabaikan. Kebanyakan orang cenderung melupakan cara yang satu ini tanpa menyebut waktu. Namun, kegunaannya penting untuk mengatur suhu udara mesin dan memperlancar sirkulasi oli ke seluruh mesin. Mesinnya sendiri pada mobil matic tidak butuh waktu lama untuk pemanasan. Hanya membutuhkan waktu 2-3 menit. Untuk memeriksa apakah otomatis ini sudah cukup panas, lihat penghitung putaran untuk melihat apakah di bawah angka 1. Ini menandakan bahwa mobil sudah cukup panas.

2. baik, berfungsi dengan baik

Banyak mobil matic rusak karena salah pengoperasian. Salah satu kasus utama adalah dengan gigi. Misalnya, jika Anda terjebak macet, jangan pindah terlalu jauh ke P (Parkir) karena ini akan merusak komponen seiring waktu. Untuk mengatasinya, pindahkan ke posisi N (netral) dengan bantuan rem tangan. Contoh lain, mobil matic masih di posisi D (drive) dan akan segera melakukan pengecekan mesin. Ini mempengaruhi kerusakan gigi.

3. Penggantian dan perawatan oli mesin secara berkala

Penting untuk mengganti oli di mobil matic secara teratur. Karena mesin dan komponennya bergantung pada minyak pelumas. Juga cocok sebagai penghilang kotoran dan pencegah karat di dalam mesin. Menggunakan oli di mobil Anda adalah penting, jadi Anda harus mengganti oli mesin Anda secara teratur. Selain itu, respon dini dengan perawatan rutin dapat menghemat biaya perbaikan dan mencegah kerusakan. Selain itu, servis mobil secara berkala akan menjaga kondisi mobil Anda tetap prima.

4. Jangan tinggalkan mobil terlalu lama

Kebanyakan orang percaya bahwa meninggalkan mobil di garasi terlalu lama tidak merusak mesin. Ternyata pengobatannya salah. Seperti sistem aktuasi mekanis sebuah mesin, semakin sering Anda menggunakannya, semakin lama ia bertahan untuk memastikan sirkulasi pelumasan yang tepat.

Oleh karena itu, jangan biarkan mobil matic dimatikan dalam waktu lama. Masalah yang tidak perlu dapat terjadi. Kerusakan transmisi akibat karat dan kondisi mesin dingin yang berkepanjangan akibat kurangnya pelumasan juga bisa menjadi masalah.

kontraktor jogja

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image