Cara Merawat Mobil Matic Dengan benar

Image
web seo
Eduaksi | Monday, 05 Sep 2022, 15:55 WIB

GPSKU - Hadirnya teknologi modern yang ditanamkan pada transmisi jenis ini menjadikan mobil matic menjadi pilihan utama saat memilih mobil. Harga memang lebih mahal dari mobil manual, namun bukan berarti mobil matic tidak bisa menghindari kerusakan. Ada berbagai metode dan masalah kerja yang harus diperhatikan sebelum memilih dan memeliharanya.

1. Lakukan pemanasan mobil secara teratur dan periksa kinerja mesin

Cara ini adalah yang paling mudah, tetapi sering diabaikan. Kebanyakan orang cenderung melupakan cara yang satu ini tanpa menyebut waktu. Namun, kegunaannya penting untuk mengatur suhu udara mesin dan memperlancar sirkulasi oli ke seluruh mesin. Mesinnya sendiri pada mobil matic tidak butuh waktu lama untuk pemanasan. Hanya membutuhkan waktu 2-3 menit. Untuk memeriksa apakah otomatis ini sudah cukup panas, lihat penghitung putaran untuk melihat apakah di bawah angka 1. Ini menandakan bahwa mobil sudah cukup panas.

2. baik, berfungsi dengan baik

Banyak mobil matic rusak karena salah pengoperasian. Salah satu kasus utama adalah dengan gigi. Misalnya, jika Anda terjebak macet, jangan pindah terlalu jauh ke P (Parkir) karena ini akan merusak komponen seiring waktu. Untuk mengatasinya, pindahkan ke posisi N (netral) dengan bantuan rem tangan. Contoh lain, mobil matic masih di posisi D (drive) dan akan segera melakukan pengecekan mesin. Ini mempengaruhi kerusakan gigi.

3. Penggantian dan perawatan oli mesin secara berkala

Penting untuk mengganti oli di mobil matic secara teratur. Karena mesin dan komponennya bergantung pada minyak pelumas. Juga cocok sebagai penghilang kotoran dan pencegah karat di dalam mesin. Menggunakan oli di mobil Anda adalah penting, jadi Anda harus mengganti oli mesin Anda secara teratur. Selain itu, respon dini dengan perawatan rutin dapat menghemat biaya perbaikan dan mencegah kerusakan. Selain itu, servis mobil secara berkala akan menjaga kondisi mobil Anda tetap prima.

4. Jangan tinggalkan mobil terlalu lama

Kebanyakan orang percaya bahwa meninggalkan mobil di garasi terlalu lama tidak merusak mesin. Ternyata pengobatannya salah. Seperti sistem aktuasi mekanis sebuah mesin, semakin sering Anda menggunakannya, semakin lama ia bertahan untuk memastikan sirkulasi pelumasan yang tepat.

Oleh karena itu, jangan biarkan mobil matic dimatikan dalam waktu lama. Masalah yang tidak perlu dapat terjadi. Kerusakan transmisi akibat karat dan kondisi mesin dingin yang berkepanjangan akibat kurangnya pelumasan juga bisa menjadi masalah.

kontraktor jogja

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image