Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofa

Mahasiswa GIZI FIKes Uhamka Jalankan Pengabdian Masyarakat Beri Edukasi Kesehatan

Edukasi | Saturday, 03 Sep 2022, 09:20 WIB

Tim Mahasiswa Gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan pelatihan dengan mitra Yayasan Obama Indonesia (YOI) Skul di Menteng Atas, Kota Jakarta Selatan.

Tim mahasiswa yang beranggotakan Dhita Azzahrah, Aan Alpian Damola, Anggun Apriani, Devi Annisa Mulyawati dan Endah Marganing Kusumawati mendapatkan pendanaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa Skema Pengabdian Masyarakat dari SIMBELMAWA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi dengan didampingi oleh Yuli Dwi Setyowati selaku dosen pendamping program PKM-PM dan Imas Arumsari selaku Ketua Program Studi (Prodi) Gizi FIKes Uhamka.

PKM-Pengabdian Masyarakat ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan serta mampu membantu permasalahan dan kebutuhan masyarakat sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kampus.

Kegiatan Pelatihan “Nutri-Promic” (Pangan tinggi protein-zat gizi mikro) sebagai Peningkatan Kesehatan dan Kemandirian Remaja Kampung Penampungan Pemulung di Yayasan Obama Indonesia turut dihadiri oleh 10-15 orang remaja anggota Yayasan Obama Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan pelatihan memasak kepada masyarakat dalam mengenal pangan tinggi protein dan zat gizi mikro untuk meningkatkan kesehatan dan kemandirian remaja.

Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak 6 pekan dengan materi yang diberikan: Edukasi Pangan Sehat, Edukasi Ilmu Gizi Dasar Dan Pedoman Gizi Seimbang, Pelatihan Pembuatan Logo Produk Dengan Canva, Edukasi Ilmu Berwirausaha Dan Sanitasi Dalam Memasak, Edukasi Ilmu Dasar Menghias Dan Mengkreasikan Makanan. Terdapat praktik 5 makanan tinggi protein dan zat gizi mikro yang dilatihakan, yaitu: pembuatan kebab lada hitam, teh ternatea, stik bawang, mango chia pudding dan keripik ubi ungu. Selain itu, kami juga melaksanakan 2 kali pemasaran produk yang telah dibuat.

Ketua Yayasan Obama Indonesia (YOI) Skul, Pakde Teguh Suprobo mengungkapkan terimakasih atas program pelatihan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Gizi FIKes Uhamka.

"Kami berterima kasih sekali atas program pelatihan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Gizi FIKes Uhamka sehingga remaja di penampungan pemulung Yayasan Obama Indonesia bisa belajar tentang makanan tinggi protein dan zat gizi mikro yang dapat meningkatkan Kesehatan dan kemandirian remaja di Kawasan penampungan pemulung Yayasan Obama Indonesia" ujar Teguh.

Devi Annisa Mulyawati selaku perwakilan mahasiswa tim PKM-PM mengatakan pesannya setelah mengikuti PKM.

“Kami senang sekali bisa memberikan pelatihan kepada remaja penampungan pemulung Yayasan Obama Indonesia. Pesertanya aktif dalam mengikuti acara pelatihan dari pemberian edukasi hingga praktik memasak” ungkap Devi Annisa Mulyawati selaku perwakilan mahasiswa tim PKM-PM.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image