Pentingnya Studi Kawasan Asia Tenggara Bagi Mahasiswa HI

Image
DEVIN PUTRA FIRMANTO
Politik | Monday, 29 Nov 2021, 14:07 WIB

Studi Kawasan sangatlah penting untuk dipelajari karena Studi Kawasan adalah Studi yang mengkhususkan diri dalam mengamati keberadaan suatu negara atau wilayah. Dengan berkembangnya hubungan internasional, studi-studi kawasan mulai mengadaptasi perkembangan tersebut. Sebelum memulai pengembangan studi wilayah, penting untuk memahami perbedaan mendasar yang saling terkait dalam makna regionalisme, regionalisme, dan regionalisasi.

Hal ini dikarenakan penggunaan ketiga kata tersebut masih sangat membingungkan di kalangan sarjana internasional. Fawcett (2005) mendefinisikan istilah "region" atau "region" sebagai suatu kesatuan wilayah dengan tiga ciri utama. Pertama, wilayah terdiri dari unit-unit regional yang lebih kecil dari sistem internasional tetapi lebih besar dari negara bagian.

Indonesia harus selalu fokus pada studi kawasan. Dengan menjelajahi wilayah dan melakukan studi, Indonesia dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan wilayah, dan informasi yang diperoleh akan sangat membantu dalam menentukan pembangunan Indonesia ke depan.

Studi wilayah sendiri memiliki arti penelitian tentang hubungan internasional yang terkait dengan wilayah dan negara, mengingat unsur-unsur esensialnya, sehingga setelah diteliti, dimungkinkan untuk memahami kemungkinan wilayah dan negara meningkat. Dengan mempertimbangkan perkembangan ekonomi dan situasi geopolitik Indonesia, kawasan Asia Tenggara menjadi fokus penelitian sains regional.

Indonesia akan memahami pro dan kontra dari negara tetangga dengan memperdalam penelitian mereka di kawasan Asia Tenggara, mengingat ada beberapa negara di ASEAN dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat, seperti Singapura dan Brunei Darussalam. Selain kawasan ASEAN, Indonesia perlu melakukan survei regional terhadap Amerika Serikat dan China, karena Amerika Serikat dan China merupakan salah satu negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat.

Indonesia tentunya dapat digunakan untuk menentukan arah pembangunan ke depan. Dalam retrospeksi, Indonesia telah bekerja sama dengan Cina, terutama berkat penelitiannya dalam studi wilayah Cina, terutama di sektor infrastruktur. Indonesia baru-baru ini bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Oleh karena itu, kawasan yang penting untuk dipelajari merupakan Kawasan Asia Tenggara karena Kawasan Asia Tenggara menjadi inti dari lingkaran konsentris kebijakan luar negeri Indonesia karena nilai-nilai strategisnya terkait geopolitik, pertahanan dan keamanan, ekonomi, masyarakat dan budaya, alam dan sumber daya manusia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image