Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rnkhalifah

Kenali Enam Buah Surga yang Punya Khasiat Luar Biasa, No 4 Tak Diduga

Eduaksi | Saturday, 27 Aug 2022, 18:14 WIB

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan organ, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Buah mengandung nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Tidak heran jika para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi buah setiap hari. Selain bernutrisi dan baik untuk kesehatan, enam buah-buahan ini tercatat di dalam Al-Quran. Bahkan namanya ada yang dijadikan nama surat.

Buah-buahan tersebut juga disebut sebagai buah dari surga. Memiliki khasiat yang luar biasa.Bukan hanya itu, beberapa di antaranya juga masuk ke dalam sunnah Nabi Muhammad SAW untuk mengkonsumsinya. Dan juga menjadi rahasia awet muda Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah 6 buah-buahan surga yang tercatat dalam Al Quran:
1.Kurma

Kurma sering disebut buah dari surga. Selain rasanya yang manis, mengonsumsi buah kurma merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam Alquran.Salah satunya dalam QS. Maryam ayat 24-26:
وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا...
"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."

Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K. Mengonsumsi kurma dapat mengatasi risiko diabetes, kanker dan alzheimer. Makan kurma juga jadi rahasia sehat Rasulullah SAW.

2.Anggur

Selain enak dan segar, anggur memiliki nilai gizi yang baik karena diperkaya vitamin, mineral, karbohidrat, hingga senyawa fitokimia.Buah anggur disebutkan sebanyak 14 kali dalam Al-Quran. Salah satunya dalam Qs.Al-baqarah ayat 266:
اَيَوَدُّ اَحَدُكُمْ اَنْ تَكُوْنَ لَهٗ جَنَّةٌ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ َ ࣖ
"Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai... "
Khasiat buah anggur diantaranya untuk menghidrasi tubuh. Selain itu juga bisa menambah kandungan zat besi, mengatur sistem pencernaan hingga meningkatkan produksi darah karena tingginya zat besi dan gula.

3.Tin

Buah tin atau disebut juga buah ara bisa dimakan segar atau dikeringkan. Rasanya manis dan memiliki kandungan air dalam jumlah yang banyak ketika matang.Buah tin juga tercatat di dalam Alquran bahkan namanya menjadi nama surat di dalam Alquran yaitu surat At-Tin.
Buah ini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu, buah tin juga rendah kalori dan kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

4.Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai, selain rasanya yang enak, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata buah pisang disebutkan dalam Al-quran lho? Tepatnya pada QS. Al-waqiah ayat 29:
وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ
"dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),"
Buah pisang memiliki banyak khasiat. Di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat, vitamin dan antioksidan yang tinggi.Bahkan buah pisang sering dijadikan sebagai alternatif makanan saat diet. Khasiatnya dalam membuat sistem pencernaan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

5.Zaitun

Buah zaitun juga disebutkan dalam Al-Quran. Salah satunya pada QS.At-Tin ayat 1:
وَالتِّيۡنِ وَالزَّيۡتُوۡنِۙ
"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun"
Buah zaitun bahkan menjadi rahasia awet muda istri Nabi, Aisyah. Buah zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.Nabi Muhammad SAW pernah menyarankan istrinya menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, zaitun juga baik untuk masalah persendian dan otot.

6.Delima

Buah delima disebutkan sebanyak tiga kali di dalam Alquran. Salah satunya dalam QS. Al al-an'am ayat 141:
وَالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ
"zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya)."
Dalam surat Al-An'am disebutkan bahwa buah delima memiliki keterkaitan antara surga dan anugerah Allah kepada hambanya.Di samping itu, buah yang satu ini juga tinggi akan antioksidannya. Jenis antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah flavonoid.Antioksidan tersebut dapat efektif menangkal berbagai radikal kanker. Bukan hanya itu, mengonsumsi deli juga bisa membantu menjaga keseimbangan kalium dan natrium dalam tubuh.

Demikian Buah-buah surga yang disebut dalam al-quran, memiliki khasiat yang luar biasa banyaknya.jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan mengonsumsi buah-buahan agar tubuh mendapat nutrisi yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image