Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Bimbingan dan Latihan Daring Guru SMP Kabupaten Sukabumi

Edukasi | Saturday, 27 Aug 2022, 12:05 WIB
Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru, dinas pendidikan kabupaten sukabumi yang dipandu oleh pengawas mengadakan Bimlat bersama guru SMP

Bimbingan dan Latihan Daring Guru SMP

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru, dinas pendidikan kabupaten sukabumi yang dipandu oleh pengawas Ai marlina, SAg MPdi sebagai nara sumber pada kegiatan bimlat daring guru smp yang diadakan pada tanggal 27 agustus dimulai jam 8:45 s/d 10:15.

Dalam pemaparan bimbingan latihan guru smp beliau membahas mengenai profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka belajar.

Mengutip peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no:22 tahun 2020 tentang rencana strategis tahun 2020-2024, menyinggung masalah profil pelajar pancasila yang didalamnya ada enam: beriman, bertakwa, akhlak mulia, kebhinekaan, gotong royong, mandiri, kritis, dan kreatif.

Profil pelajar pancasila tidak akan terwujud apabila tidak ada sinergitas stockholder satuan pendidikan dengan keterlibatan orang tua. Orang tua sangat berperan penting bekerjasama dengan satuan pendidikan dalam menyukseskan kurikulum merdeka belajar melalui profil pelajar pancasila.

Pembelajaran yang relevan dikelas atau diluar kelas melalui ptm dan daring harus benar-benar dikuasi oleh guru dalam menyampaikan setiap konten materi.

Pemebelajaran relevan artinya pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid. Pembelajaran yang relevan bisa terwujud apabila guru menyiapkan dalam pembelajaran mulai dari RPP, proses pembelajaran, Asesmen sampai pada capaian pembelajaran.

Pada kurikulum merdeka belajar mengenal istilah projek penguatan profil pelajar pancasila yaitu kolaborasi setiap mata pelajaran dalam capaian pembelajaran mengahasilkan project kolabirasi antar mapel.

Bagi sekolah yang belum mengunakan kurikulum merdeka belajar masih menggunakan mandiri belajar bisa melaksanakan esensi kurikulum merdeka belajar.

Artinya walaupun satuan pendidikan masih menggunakan kurikulum 2013 tetapi dalam pelaksanaannya menggunakan kurikulum merdeka belajar salah satunya adalah projek penguatan profil pelajar pancasila.

Mengutip dari akun resmi kemendikbud projek perofil pelajar pancasila merupakan kegiatan kokurikuler yang berbasis projek upaya pecapaian kompetensi dan karakter pada profil pelajar pancasila.

Guru dalam meningkatkan kompetensi sesuai yang diamanatkan dalam kurikulum merdeka belajar harus menyiapkan pembelajaran diantaranya membawa instrumen penilaian. Instrumen penilaian adalah untuk mencatat dan menilai murid dalam capain pembelaran dikelas atau penilaian mengenai enam tujuan pada profil pancasila terutama masalah karakter murid.

Instrumen penilaian merupakan salah satu bentuk dari asesmen. Asesmen adalan penilaian yang dilakukan oleh guru kepada muridnya. Asesmen pada murid bisa menilai kognitif, keterampilan, spritual dan sosial.

Asesmen diagnistik adalah penilaian yang dilakukan oleh guru biasa pada awal masuk sekolah. Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengetahui kelamahan dan kelebihan murid tersebut. Setelah asesmen diagnostik melalui pembelajaran diferensial.

Pembelajaran diferensial pembelajaran disesuaikan dengan minat dan bakat murid yang berbeda-beda. Pembelajaran diferensial bertujuan pencapian pembelajaran heterogen. Pembelajaran heterogen adalah pembelajaran dalam kelas hasil dari asesmen diagnostik

Demikian pemaparan mengenai bimlat guru smp yang disampaikan oleh pengawas dalam rangka pembinaaan bimbingan dan latihan guru SMP di Kabupaten Sukabumi oleh Ai marlina SAg MPdi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image