Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imawan Anshari

Pameran Muslim Life Fest 2022 Hadirkan Beragam Produk Halal

Info Terkini | Saturday, 27 Aug 2022, 11:37 WIB
Muslim Life Fest 2022 Hadir Kembali - Foto Pribadi

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Maka hal ini sangat memungkinkan Indonesia menjadi negara yang bisa menciptakan tren halal lifestyle bagi dunia dengan menerapkan gaya hidup yang berlandaskan pada nilai-nilai agama Islam di dalamnnya.

Maka untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar acara Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) sebagai langkah nyata untuk memperlihatkan bagaimana nilai-nilai Islam dimasukan dalam praktik bisnis dan gaya hidup masyarakat saat ini.

Muslim Lifestyle Festival sendiri merupakan sebuah pameran terbesar di bidang industri gaya hidup syariah dan halal di Indonesia yang mencakup semua sektor. Pada pameran ini kita bisa melihat secara jelas, bahwa Islam sejatinya bukan sebatas ajaran agama saja, namun nilai-nilai Islam dapat masuk pada berbagai lini bisnis dan kehidupan kita sehari-hari.

Muslim Life Fest 2022 Kembali Digelar

Nah, setelah dua tahun absen karena adanya pandemi, kini event Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) kembali digelar lagi. Event muslim terbesar ini terakhir kali diadakan pada Agustus 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) dan sukses menarik perhatian 60 ribu pengunjung pada saat itu.

Dan mengusung tema #SalingDukung, penyelenggaraan Indonesia Muslim Lifestyle Festival pada tahun ini merupakan puncak event muslim terbesar yang digelar Lima Event bersama dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI). Dimana sebelumnya, telah dilakukan serangkaian event “Go to Muslim Life Fest” yang diselenggarakan dalam skala regional, seperti Muslim LifeFair di Istora GBK Senayan – Jakarta, pada 25 - 27 Maret 2022 yang berhasil menarik perhatian 30 ribu pengunjung, dan kemudian dilanjutkan dengan pameran Life Fair Yogyakarta di Jogja Expo Center Yogyakarta pada 3 – 5 Juni 2022 yang juga sukses menyedot perhatian sekitar 21 ribu pengunjung.

Maka pada penyelengaraan Muslim Life Fest 2022 ini, Direktur Lima Event Deddy Andu berharap lebih meriah lagi dari pameran sebelumnya. Dan beliau optimis setidaknya pemaran puncak ini bisa dikunjungi sebanyak 40 ribu pengunjung dengan tingkat transaksi yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Dan tepat hari ini, Jumat 26 Agustus 2022, gelaran Indonesia Muslim Lifestyle Festival ini secara resmi sudah dibuka oleh Bapak Dr. Taufik Hidayat, M.Ec, selaku Direktur Eksekutif, Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) sehingga event ini sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat.

Dalam acara pembukaan Muslim Life Fest 2022 ini, tampak hadir sejumlah pejabat diantaranya, ada Bapak Arief Hartawan selaku Kepala Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah, Bank Indonesia. Selain itu, ada juga 21 Duta Besar dan Perwakilan Negara Sahabat diantaranya Sudan, Tunisia, Suriah, Srilangka, Iran, Bahrain, Saudi Arabia, Azerbaijan, Qatar, Singapura, Kuwait, Jepang, Lebanon, Libya, Somalia dan Mozambique, Pakistan, Mesir, Yaman, Malaysia dan Nigeria.

Hadirnya berbagai tamu penting dan perwakilan negara sahabat ini menunjukan bahwa event Muslim Life Fest 2022 ini merupakan sebuah perhelatan yang besar dan tidak main-main. Gelaran event ini, menjadi upaya Indonesia untuk memperkenalkan berbagai produk halal dan islami yang dimilikinya agar dunia semakin mengetahuinya.

Maka dari itu, dalam event Muslim Life Fest 2022 ini terdapat sekitar 300 exhibitor dari 12 kategori produk yang akan dipamerkan di atas area seluas 10.000 m2 ini. Berbagai produk yang ada di sini didatangkan dari kawasan Jabodetabek dan juga dari daerah lainnya di Indonesia.

Ada ratusan tenant yang akan menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari Modest fashion, Islamic education, Hobbies and communities, Islamic book & publisher, Halal travel, Thibbun nabawi herbal, Beauty & Pharmaceutical hingga Zona Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS).

Tidak hanya itu, Muslim Life Fest 2022 ini juga semakin meriah karena ada banyak kegiatan dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung selama berada di sini, seperti ikut belajar mengenali bisnis syariah dan perkembangan trennya, hingga bisa menciptakan wisata keluarga (family time) yang seru melalui berbagai program dan permainan yang ada di sini.

Di pameran ini, akan ada berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti pengunjung, seperti workshop parenting, Job Fair, Lomba MTQ untuk Anak, Lomba Coding untuk anak, Talaqqi Bersanad, Kid’s corner, Storytelling, Pony Ride, Wahana Andong, Kelas Robotik, masih banyak lagi beragam aktivitas seru bersama keluarga yang bisa dinikmati di pameran ini.

Dan pastinya, di pameran ini banyak sekali promo menarik dengan berbagai diskon special untuk berbagai produk yang ada. Dan tidak usah takut kelaparan selama mengitari pameran ini, karena ada banyak juga pilihan aneka makanan halal yang dijual di sini.

Muslim Life Fest 2022 Dukung Ekspor Produk Halal

Selain berbagai kegiatan yang sudah disinggung di atas, dalam perhelatan Muslim Life Fest 2022 tahun ini menghadirkan juga berbagai kegiatan yang sangat beragam untuk mendukung perdagangan ekspor produk halal Indonesia untuk menjangkau pasar negara lain yang lebih luas lagi.

Upaya ini dilakukan, karena banyak pelaku usaha atau UMKM di Indonesia yang memiliki produk berkualitas dan layak untuk dijual hingga ke luar negeri, maka penyelenggara Muslim Life Fest 2022 menghadirkan beberapa kegiatan untuk mendukung kemudahan ekspor produk halal ini ke mancanegara.

Apalagi berdasarkan data OKI Economic Outlook 2020, ternyata Indonesia menjadi eksportir terbesar kelima dengan proporsi 9,3 persen. Maka diharapkan dengan adanya pameran ini dapat membantu meningkatkan ekspor produk-produk halal Indonesia ke mancanegara sebagai bagian dari upaya mewujudkan Indonesia menjadi Pusat Produsen Produk Halal Tahun 2024.

Selain itu, berdasarkan laporan dari State of Global Islamic Economic Report 2020-2021, ternyata tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia mencapai USD 2,02 triliun yang terserap di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan media/rekreasi halal. Tingkat konsumsi tersebut diproyeksi terus meningkat hingga mencapai USD2,4 triliun pada tahun 2024 dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 3,1 persen.

Melihat hal ini, maka Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade ini sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Bank Indonesia (BI) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Makanya, pameran ini sekaligus menjadi bagian dari event road to “Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)” 2022.

Nah, berikut beberapa kegiatan yang dihadirkan oleh penyelenggara untuk mewujudkan Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia, dan sekaligus mendukung kemudahan eskpor produk halal Indonesia untuk menjangkau pasar global.

1. Zona khusus perdagangan ekspor produk halal

Untuk pertama kalinya, dalam event ini penyelenggara menghadirkan zona khusus perdagangan ekspor produk halal. Dimana untuk melaksanakan hal ini, penyelenggaraan berkonjungsi dengan Muslim Life Trade, event berkonsep Bussiness to Bussiness (B to B) yang bertujuan meningkatkan skalasi produk halal Indonesia ke pasar ekspor.

Nah, zona khusus yang diadakan selama pameran berlangsung ini digunakan untuk memfasilitasi pelaku UMKM agar mudah bertemu dengan buyer dari luar negeri. Hal ini juga yang diungkapkan oleh Bapak Rachmat Marpaung selaku Ketua Umum Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPM) bahwa Muslim Life Trade siap memfasilitasi lebih dari 150 pelaku UKM berorientasi ekspor yang telah mendaftar dengan sekitar 650 buyer dari 9 negara di antaranya Bahrain, Pakistan, Jepang, dan Malaysia.

Dan untuk pelaksanaan bussiness matchmaking ini dilakukan secara fleksibel, ada yang dilakukan online dan juga secara offline (disediakan zona khusus yang kondusif di area pameran) untuk kebutuhan buyer saling mengenal, berjejaring, bernegosiasi dan bertransaksi satu sama lainnya.

2. Grand Launching Export Academy

Dalam acara pembukaan Muslim Life Fest 2022, ternyata KPMI juga akan menggelar Grand Launching Export Academy, yaitu sebuah ekosistem pengembangan SDM ekspor yang digagas oleh KPMI bekerja sama dengan Nudira Learning Center, Aspenku.com dan Hibbu Creative House.

Melalui Export Academy ini, pelaku usaha akan diberikan mentoring tentang cara melakukan ekspor produk secara praktis, baik melalui video pembelajaran berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), maupun secara offline melalui pendampingan yang intensif.

Dan tidak usah khawatir, semua fasilitator dalam e-course ini merupakan fasilitator bersertifikat kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Indonesia, dan juga merupakan praktisi ekspor (eksportir) yang merupakan alumni pelatihan ekspor KPMI dan Nudira Learning Center sehingga mereka sudah berpengalaman dalam hal ini.

Agar pelaku usaha dapat memahami kebutuhan pasar ekspor, maka dalam prakteknya, pelaku usaha bisa langsung memasarkan produk mereka di Aspenku.com, yaitu platform digital ekspor untuk mengoptimasi produk-produk UMKM sekaligus berperan sebagai Lembaga ekspor, distribution center dan fulfilment partner di luar negeri.

Namun untuk pelaku usaha atau UMKM dengan produk yang sedikit tidak perlu khawatir, nanti akan diikutkan dalam program ekspor barengan yang difasilitasi oleh Aspenku.com. Misalnya, satu kontainer diisi puluhan produk dari puluhan UMKM, dan dikirim ke satu negara tujuan ekspor tertentu. Kemudian produk-produk tersebut disimpan di gudang-gudang partner di luar negeri untuk dipasarkan bersama-sama secara offline maupun online nantinya.

Dan menariknya, di Export Academy ini sudah dilengkapi juga dengan layanan untuk pembiayaan ekspor dari mitra-mitra strategis KPMI, yaitu ada lembaga pembiayaan seperti Shafiq, Hijra Bank dan LBS-Urun Dana.

Selain itu, peserta juga bisa mendapatkan prioritas untuk mengikuti misi dan pameran dagang yang dilaksanakan KPMI ke berbagai negara, seperti ke Singapura dan Malaysia yang akan dilaksanakan pada awal September mendatang.

Maka, bagi pelaku usaha yang ingin produknya bisa diekspor ke luar negari, maka bisa langsung bergabung dengan Export Academy sekarang juga mumpung selama gelaran Muslim Life Fest ini harga pendaftarannya hanya Rp 897.000 saja, lebih murah dari harga normal Rp 997.000, dan peserta sudah bisa mendapatkan semua layanan di atas (lifetime learning).

3. Pengembangan Ekosistem Pertanian Berteknologi bagi Pesantren

Seperti yang kita ketahui, bahwa produk pertanian Indonesia, seperti kopi, lada, cengkeh dan produk pertanian lainnya sangat disukaui oleh negara lain. Makanya, peluang ekspor hasil pertanian di Indonesia punya potensi yang sangat besar.

Menyadari hal ini, maka dalam pameran Muslim Life Fest 2022, penyelenggara juga akan melakukan pencanangan pengembangan ekosistem pertanian berteknologi di pesantren-pesantren binaan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS BI).

Nah, melalui program ini, DEKS-BI yang juga didukung oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat IPB University (Institut Pertanian Bogor-IPB) memberikan pembinaan dan pendampingan kepada 10 pesantren di Jawa Barat untuk menaman tanaman hortikultura cabai menggunakan teknologi smart-farming. Cabai ini diproduksi dengan teknologi smart-farming di dalam 10 greenhouse seluas total 10.000 m2. Dari lahan tersebut, dalam satu bulan bisa menghasilkan sekitar 40 ton cabai.

Dan diakui oleh Arief Hartawan selaku Kepala DEKS-BI, bahwa dengan mengembangkan pertanian teknologi ini, pesantren-pesantren tersebut dapat berproduksi sepanjang tahun, tidak tergantung kepada cuaca, sehingga suplai hasil produksi pesantren ini akan mendukung permintaan pasar sepanjang tahun, terutama untuk kebutuhan domestik.

Sementara untuk permintaan pasar ekspor, saat ini produk dari pesantren-pesantren binaan DEKS-BI ini telah berhasil lolos QC untuk masuk ke pasar Jepang dengan tingkat residu pestisida yang sangat rendah hanya 0,01 ppm (parts per million).

Semoga pencanangan pengembangan ekosistem pertanian dengan teknologi smart-farming ini bisa segera diaplikasikan juga pada pesantren yang lain di seluruh Indonesia, sehingga hasil pertanian semakin meningkat untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri maupun diekspor luar negeri nantinya.

Itu dia beberapa upaya yang dilakukan oleh penyelenggara Muslim Life Fest 2022 untuk mendukung ekspor produk halal dari Indonesia. Dan kita berharap, semoga dengan berbagai upaya ini, maka kualitas dan kuantitas produk-produk Indonesia bisa terus meningkat dan bisa menjangkau pasar global yang lebih luas lagi.

Nah, untuk masyarakat yang ingin melihat langsung keseruan Muslim Life Fest 2022 ataupun ingin tahu lebih banyak seputar kegiatan untuk mendukung ekspor ini, maka bisa langsung datang ke pameran Muslim Life Fest yang diadakan mulai tanggal 26 – 28 Agustus di ICE BSD – Tanggerang dengan tiket harga masuk hanya Rp. 25.000 saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image