Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Software CRM, Teknologi Wajib Untuk Tim Sales dan Marketing

Teknologi | Thursday, 25 Aug 2022, 14:49 WIB

Saat ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Pandemi memaksa banyak perusahaan untuk go digital dan melakukan digitalisasi untuk menjaga entitas perusahaan tetap hidup.

Apalagi untuk perusahaan yang menerapkan Work From Home (WFH), memaksa para executive perusahaan untuk mencari cara untuk tetap bisa memantau dan memonitor pekerjaan para karyawan mereka.

Salah satu yang wajib dimonitor adalah pekerjaan untuk tim sales dan marketing yang berperan sebagai tombak perusahaan. Memastikan bahwa mereka telah melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar adalah hal wajib. Untuk itulah diperlukan satu technology untuk bisa memonitor pekerjaan tim sales dan marketing ini, yaitu software CRM.

CRM (Customer Relationship Management)

Software CRM adalah sebuah software yang dikembangkan untuk memantau aktivitas penjualan mulai dari pra-penjualan sampai dengan pasca-penjualan. Merupakan software yang wajib digunakan perusahaan demi mendukung tim sales dan marketing mereka untuk produktivitas perusahaan yang lebih baik.

Dengan menggunakan CRM, perusahaan dapat memantau semua aktivitas penjualan seperti darimana awal leads customer itu masuk, proses follow up yang dilakukan tim sales, sampai dengan terjadinya deals / clossing.

Apa saja keuntungan dari menggunakan CRM dan kenapa menggunakan CRM itu penting untuk perusahaan?

1. Menghemat Biaya

Menggunakan CRM mampu menghemat biaya operasional perusahaan. Data pelanggan yang tersusun rapi dalam database di dashboard yang dikategorikan berdasarkan kebutuhan mereka (pelanggan) masing-masing, akan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan pemasaran ulang (remarketing) kepada pelanggan yang sudah ada.

Seperti menggunakan media email marketing yang menawarkan produk sesuai kebutuhan pelanggan Anda. Sehingga pemasaran menjadi lebih tepat sasaran. Dalam hal ini tentu akan menghemat banyak biaya promosi perusahaan.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan semakin cepatnya layanan, semakin banyak pesan pelanggan yang dibalas, akan semakin banyak pula pelanggan yang puas yang akan menghasilkan pelanggan yang loyal terhadap perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama untuk tetap menggunakan produk Anda.

3. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dengan menggunakan CRM juga akan meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Semua aktivitas pekerjaan karyawan Anda mulai dari tim sales, marketing dan sebagainya akan tersimpan rapi dalam database sistem, sehingga Anda dapat memonitor kinerja mereka untuk produktivitas perusahaan yang lebih baik.

4. Meningkatkan Time to Market

CRM akan memiliki data tren penjualan dengan produk tertentu di perusahaan Anda berdasarkan database penjualan yang membentuk suatu pola tren penjualan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan inovasi perusahaan dalam mengembangkan produk Anda untuk meraih penjualan yang lebih tinggi lagi.

5. Meningkatkan Penjualan

Dengan pelayanan pelanggan semakin baik, kepuasan dan loyalitas pelanggan yang meningkat, kegiatan pemasaran ulang (remarketing) yang mudah dengan database yang tersusun rapi berdasarkan kebutuhan masing-masing pelanggan, tentu akan meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda. Penggunaannya yang mudah dan praktis dapat membuat kinerja staff perusahaan Anda jauh lebih efektif.

Jadi, apakah tim sales dan tim marketing di perusahaan Anda sudah menggunakan teknologi CRM ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image