Asesmen Diagnostik Bentuk Essay dan Hapalan pada Mata Pelajaran PAI

Image
irman muhammad ridwan
Edukasi | Wednesday, 24 Aug 2022, 12:17 WIB
Asesmen dalam pembelajaran sangat bermanfaat bagi murid untuk mengetahui kelamahan dan kelebihan murid dalam pembelajaran

Asesmen Diagnostik Bentuk Essay dan Hapalan Pada Mata Pelajaran PAI

Asesmen dalam pembelajaran sangat bermanfaat bertujuan untuk mendiagnostik murid dalam capaian pembelajaran (cp) dalam kurikulum merdeka belajar, diantaranya Asesmen bentuk essay dan hapalan pada mata pelajaran PAI.

Asesmen bentuk essay dan hapalan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan murid dalam berpikir, memahami, menjawab dan hapalan setiap konten yang diberikan oleh guru mata pelaharan.

Asesmen diagnostik bertujuan agar mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam setiap mata pelajaran yang dilakukan oleh guru pada satuan pendidikan.

Setiap guru akan berbeda memberikan Asesmen sesuai dengan kebutuhan murid atau guru tersebut sesuai dengan alur tujuan pembelajaran.

Alur tujuan pembelajaran adalah rangkaian pembelajaran dari awal sampai pada capaian pembelajaran didukung dengan RPP yang telah disiapkan.

Sedangkan Asesmen adalah upaya atau usaha guru dalam mendiagnostik kemampuan murid dalam mencapai capaian pembelajaran (cp).

Mengutip akun resmi kemendikbud bahwa capaian pembelajaran kemampuan pencapaian kompetensi murid sesuai konten yang diberikan pada setiap mata pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan konten secara komprehensif secara narasi.

Asesmen essay adalah penilaian yang diberikan oleh guru kepada murid memerlukan penalaran dalam berpikir atau hapalan dituangkan dalam bentuk tulisan selama murid mengikuti pembelajaran bersama guru atau mandiri.

Pembelajaran bersama guru merupakan pembelajaran tatap muka (PTM) di kelas atau di luar kelas, sementara pembelajaran secara mandiri adalah pembelajaran yang dilakukan oleh murid baik mengerjakan tugas atau mencari referensi secara mandiri di luar jam pelajaran.

Adapun Asesmen hapalan adalah penilaian dalam bentuk hapalan konten yang telah disampaikan oleh guru kepada murid mengulang kembali dalam bentuk hapalan.

Asesmen essay bagi mata pelajaran PAI sangat bermanfaat, mereka mengulang kembali konten yang telah diberikan oleh guru dan guru memberikan soal untuk dijawab oleh murid.

Asesmen diagnostik hapalan bermanfaat bagi guru untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan hapalan murid dalam mengikuti pembalajaran di kelas atau pembelajaran secara mandiri.

Asesmen essay adalah penilaian secara obyektif, akurat sesuai dengan tujuan akhir dalam capaian pembelajaran dalam mata pelajaran PAI para murid menuangkan dalam bentuk tulisan.

Adapun hapalan pada mata pelajaran PAI menghapal dalil-dalil Alquran dan Hadis sesuai konten yang telah diberikan.

Asesmen essay dan hapalan untuk mata pelajaran pai sangat bermanfaat dalam mendiagnostik anak dalam mencapai capaian pembelajaran pada mata pelajaran PAI.

Asesmen diagnostik dalam kurikulum merdeka belajar merupakan bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru kepada para murid untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sesuai dalam kurikulum merdeka belajar meningkatkan kompetensi murid dan guru secara mandiri untuk mencapai capaian pembelajaran.

Demikian pemaparan Asesmen Essay dan Hapalan pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam PTM atau diluar kelas sesuai dengan kurikulum merdeka belajar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pastikan Dapur Dalam Keadaan Bersih, Lapas Purwokerto Lakukan Inspeksi Hygiene Sanitasi

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Menelaah lebih dalam mengenai Konsep dalam Bisnis Syar'iah

Image

Tambahan Pelunasan Utang Karena Ta'widh dalam Ekonomi Syariah apakah Termasuk Riba?

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image