Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Brilian, Pesan Waspada Prabowo Sebagai Solusi Krisis Global

Info Terkini | Monday, 22 Aug 2022, 22:48 WIB

Rakyat Indonesia masih merayakan Peringatan HUT RI ke-77 dengan penuh suka cita dengan aneka rangkaian kegiatan. Rasa syukur memenuhi seluruh masyarakat terlebih selama masa pandemi Covid-19 dilarang berkumpul atau keramaian.

Tidak bisa dipungkiri, Indonesia dinilai sebagai negara yang cepat pulih dan bangkit dari Covid-19 yang menimpa secara global. Yang terpenting lagi adalah bagaimana masyarakat bisa cepat pulih dan bangkit dalam bidang ekonomi.

Perlu dicatat, fundamental ekonomi yang kuat menjadikannya sebagai negara terus berpotensi dalam pertumbuhan ekonomi. Dimana banyak negara yang selama Covid-19 telah menghancurkan sendi ekonominya dan menuju pada resesi ekonomi.

Kekhawatiran ketidakmampuan membayar hutang negara seperti kepada China terbantahkan dengan dibayarnya hutang. Pembangunan infrastruktur secara Nasional menjadi aset negara dalam memperlancar arus transportasi serta ekonomi.

Dengan menjadi tuan rumah G-20 menunjukkan Indonesia memiliki ketangguhan dan daya tawar di dunia. Ditambah lagi dengan moderasi beragama dan kebhinekaan bangsa Indonesia menjadi magnet dan contoh bagi dunia.

Meski dengan banyaknya prestasi yang dimiliki bangsa Indonesia, namun perlu diwaspadai dan menemukan solusi terbaik.

Sebagaimana Menhan Prabowo Subianto yang mengingatkan tantangan global yang perlu diwaspadai. Krisis perang Rusia vs Ukraina yang berdampak pada krisis ekonomi dunia seperti pasokan minyak,gandum dan lainnya.

Prabowo menawarkan solusi terbaik dengan tetap memperkuat persatuan bangsa melalui menjaga kerukunan serta kerja sama. Tentu, ini adalah solusi yang brilian di tengah tantangan dan krisis global yang sedang dihadapi oleh negara di dunia.

Melalui solusi itu, harapannya Indonesia semakin tangguh dan kuat dalam menghadapi tantangan dan krisis global.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan kerja sama dan kerukunan di tataran masyarakat maupun para pemimpin negara menjadi kunci, terutama bagi Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

Menurut Prabowo prestasi yang telah dicapai oleh Indonesia di tengah tantangan yang ada perlu disyukuri. Meski demikian, ia juga mengingatkan untuk harus tetap waspada.

Hal ini disampaikan Prabowo usai menghadiri penyampaian pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI oleh Presiden Joko WIdodo pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Tadi pesan Presiden, kita waspada, kita hati-hati, seluruh dunia menghadapi situasi yang tidak menentu, krisis pangan, krisis energi dampak dari perang Ukraina, situasi geopolitik kita harus waspada," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Prabowo menilai dengan situasi saat ini, maka kekompakan dan persatuan menjadi hal yang utama. "Kuncinya kita gotong royong, kita kompak, kita rukun, kita bersatu, percaya kepada pimpinan, Insha Allah kita bisa atasi semua tantangan," kata dia.

Adapun dalam pidatonya, Jokowi menyebut seluruh dunia sedang menghadapi ujian karena krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi.

Hal itu mengakibatkan 107 negara terdampak krisis, sebagian diantaranya jatuh bangkrut. Selanjutnya, diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Namun, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global, bahkan menjadi negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19. "Termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," kata Jokowi.

Ditegaskan pula bahwa capaian-capaian tersebut patut disyukuri karena fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergolak.

"Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun, di sisi lain agenda-agenda besar bangsa harus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju," ujar Jokowi.

Sumber : Cnbcindonesia.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image