Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizal Akib

IISMA Laksanakan Pre-Departure Briefing, Naina Mahasiswa UNAMIN Siap ke Italy

Edukasi | Monday, 22 Aug 2022, 20:52 WIB

Sorong - Melalui pertemuan daring, Naina Zena Ali Sahib awardee IISMA 2022 asal Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) mengikuti kegiatan Pre-Departure Briefing (PDB).

Tangkapan layar kegiatan Pre-Departure Briefing awardee IISMA Italy yang dilaksanakan secara daring 22 Agustus 2022. (Foto: Dokumen Pribadi)

Hadir pada pertemuan tersebut, Franky Supriyadi, Ph.D. (Vice Rector for Research, Student Affairs, Alumni Relations, and Community Services, Universitas Prasetya Mulya), Dr. Rachmat Sriwijaya, S.T, M.T, D.Eng (Chairman of IISMA 2022), Danang Waskito (Minister Counsellor, Embassy of Indonesia in Rome), Romero Sinaga (The Representative of Uni-Italia Indonesia, Embassy of Italia in Jakarta) dan para awardee IISMA yang akan diberangkatkan ke Italy serta perwakilan Kepala Kantor Urusan Internasional kampus-kampus dalam negeri.

Dalam penyampaiannya, Danang Waskito memberikan apresiasi kepada para mahasiswa Indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa IISMA 2022 dan memilih Italy sebagai negara tujuan untuk belajar selama kurang lebih 5 bulan kedepan. selain itu, Danang juga berpesan kepada awardee untuk terus berkoordinasi kepada pihak KBRI Roma selama masa studinya nanti di Italy dan tidak sungkan-sungkan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang diadakan di KBRI Roma.

Selain itu, Danang juga berpesan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para awardee diantaranya adalah:

1. Melaporkan diri melalui portal www.peduliwni.kemlu.go.id

2. terkait dengan pihak Italy, Permesso di Soggiorno (Ijin Tinggal), Kontrak Rumah, Asuransi Kesehatan.

3. Menyimpan dokumen penting seperti paspor, tidak membawa paspor asli sebaiknya discan dan disimpan kedalam media penyimpanan online.

4. Ikuti aturan setempat dan tidak melanggar aturan

5. selalu tingkatkan kewaspadaan dan jaga kesehatan

Naina yang mengikuti kegiatan ini juga mengakui telah menyiapkan beberapa hal terkait persiapannya ke Italy. "Kemarin sudah sempat beli beberapa pakaian dingin, soalnya nanti tiba di Italy sepertinya lagi winter, kalo persiapan tim kami menyiapkan beberapa program pengenalan budaya yang nantinya akan kita laksanakan disana. Kalo dari kampus saya sendiri UNAMIN ada rencana saya akan dibekali dengan kostum dan aksesoris tradisional khas Papua dan itu dibolehkan untuk dibawah masuk ke Italy" ujar Naina. (akb)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image