IISMA Laksanakan Pre-Departure Briefing, Naina Mahasiswa UNAMIN Siap ke Italy

Image
Rizal Akib
Edukasi | Monday, 22 Aug 2022, 20:52 WIB

Sorong - Melalui pertemuan daring, Naina Zena Ali Sahib awardee IISMA 2022 asal Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) mengikuti kegiatan Pre-Departure Briefing (PDB).

Tangkapan layar kegiatan Pre-Departure Briefing awardee IISMA Italy yang dilaksanakan secara daring 22 Agustus 2022. (Foto: Dokumen Pribadi)

Hadir pada pertemuan tersebut, Franky Supriyadi, Ph.D. (Vice Rector for Research, Student Affairs, Alumni Relations, and Community Services, Universitas Prasetya Mulya), Dr. Rachmat Sriwijaya, S.T, M.T, D.Eng (Chairman of IISMA 2022), Danang Waskito (Minister Counsellor, Embassy of Indonesia in Rome), Romero Sinaga (The Representative of Uni-Italia Indonesia, Embassy of Italia in Jakarta) dan para awardee IISMA yang akan diberangkatkan ke Italy serta perwakilan Kepala Kantor Urusan Internasional kampus-kampus dalam negeri.

Dalam penyampaiannya, Danang Waskito memberikan apresiasi kepada para mahasiswa Indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa IISMA 2022 dan memilih Italy sebagai negara tujuan untuk belajar selama kurang lebih 5 bulan kedepan. selain itu, Danang juga berpesan kepada awardee untuk terus berkoordinasi kepada pihak KBRI Roma selama masa studinya nanti di Italy dan tidak sungkan-sungkan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang diadakan di KBRI Roma.

Selain itu, Danang juga berpesan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para awardee diantaranya adalah:

1. Melaporkan diri melalui portal www.peduliwni.kemlu.go.id

2. terkait dengan pihak Italy, Permesso di Soggiorno (Ijin Tinggal), Kontrak Rumah, Asuransi Kesehatan.

3. Menyimpan dokumen penting seperti paspor, tidak membawa paspor asli sebaiknya discan dan disimpan kedalam media penyimpanan online.

4. Ikuti aturan setempat dan tidak melanggar aturan

5. selalu tingkatkan kewaspadaan dan jaga kesehatan

Naina yang mengikuti kegiatan ini juga mengakui telah menyiapkan beberapa hal terkait persiapannya ke Italy. "Kemarin sudah sempat beli beberapa pakaian dingin, soalnya nanti tiba di Italy sepertinya lagi winter, kalo persiapan tim kami menyiapkan beberapa program pengenalan budaya yang nantinya akan kita laksanakan disana. Kalo dari kampus saya sendiri UNAMIN ada rencana saya akan dibekali dengan kostum dan aksesoris tradisional khas Papua dan itu dibolehkan untuk dibawah masuk ke Italy" ujar Naina. (akb)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dosen - Universitas Muhammadiyah Sorong

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Image

Apa sih itu Kebidanan? Apakah Bidan Berperan dalam Komsel kepada Pasien

Image

Bersama AFKSI, FK UMP Gelar Webinar Penanganan Stunting

Image

Sisfo Salurkan Bansos Korban Longsor Parangloe

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image