Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

3 Oleh Oleh Khas Balikpapan yang Recommended Anda Bawa Pulang

Kuliner | Monday, 22 Aug 2022, 12:51 WIB
Sumber gambar: RedDoorz

Di bagian Kalimantan Timur ada sebuah kota kecil yang mempunyai beberapa tempat wisata yang menarik, Balikpapan. Balikpapan sendiri merupakan pintu gerbang untuk Kalimantan Timur. Sekalipun kecil, kota Balikpapan mampu berkembang dengan pesat dan banyak sekali pendatang dari beberapa suku di Indonesia untuk merantau di Balikpapan.

Jika anda berlibur di Balikpapan gunakan waktu anda dengan sangat baik, misalnya saja menikmati wisata yang membuat anda nyaman, menikmati kuliner kota Balikpapan yang jarang anda temukan di kota anda. Untuk oleh oleh khas Balikpapan, anda jangan khawatir sebab banyak sekali jenis oleh oleh yang dapat anda bawa pulang.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Balikpapan

Berikut ini adalah beberapa oleh oleh kuliner khas Balikpapan yang dapat anda pilih untuk keluarga di rumah :

1. Olahan Kepiting khas Balikpapan

Tahukah anda bahwa Balikpapan menjadi salah satu daerah penghasil kepiting bakau yang sangat besar. Tidak heran jika kepiting bakau menjadi salah satu oleh - oleh khas Balikpapan. Terdapat banyak olahan kepiting yang dijajakan di kota ini yang dapat anda bawa sebagai oleh oleh khas Balikpapan untuk keluarga.

Kepiting ini dapat bertahan cukup lama, jadi anda tidak perlu khawatir untuk membawanya pulang. Ada beberapa rasa olahan kepiting, seperti kepiting lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting tauco, kepiting goreng mentega, dan kepiting saos special. Jadi anda dapat memilih rasa mana yang paling disukai anda dan keluarga anda.

2. Bingka khas Balikpapan

Kemudian Balikpapan juga memiliki beberapa jajanan khas yang dapat anda bawa pulang untuk cemilan keluarga di rumah. Salah satu jajanan khas adalah Bingka. Bingka sendiri merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar kentang. Mungkin jajanan ini tidak tahan lama, jadi jika anda berada di tempat yang jauh dari rumah sebaiknya jajanan ini anda beli ketika hendak pulang.

Masyarakat Balikpapan semakin menjadi kreatif, belakangan ini jajanan Bingka sudah memiliki beberapa varian rasa yang dapat anda pilih sesuai selera. Rasa Bingka yang manis akan membuat anda ketagihan. Jika anda datang ke Balikpapan dan tidak mencoba Bingka, rasanya sangat disayangkan.

3. Mantau dari Balikpapan

Mantau atau yang lebih dikenal dengan nama roti span adalah salah satu oleh oleh khas Balikpapan yang recommended untuk anda beli jika mampir ke kota minyak ini.

Mantau sendiri sebenarnya jajanan khas dari etnis tionghoa, tetapi sudah banyak warga Balikpapan yang membuat dan menjadikannya sebagai jajanan yang khas di Balikpapan.

Roti kukus ini umumnya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan manusia. Selain itu, penyajian makanan ini pun terbilang unik. Umumnya, roti kukus Mantau ini akan diolah dengan cara digoreng. Sepertinya banyak tahap, tapi anda juga harus mencoba rasa Mantau, pasti anda akan merasa ketagihan.

Selain cukup terkenal dengan kuliner khas nya, Balikpapan juga adalah salah satu kota di Indonesia yang menyediakan layanan kebugaran terlengkap di dalamnya. Anda akan dapat menemukan banyak jasa pijat panggilan Balikpapan yang dapat anda kunjungi untuk menghilangkan letih setelah mengeksplor kota yang terkenal dengan icon, taman Bekapai nya ini.

Itulah sedikit rekomendasi oleh oleh khas Balikpapan yang telah kami rangkum dan dapat menjadi pilihan untuk anda bawa pulang setelah mengunjungi kota ini. Semoga informasi singkat ini menghibur dan bermanfaat. Jangan lupa juga mengikuti artikel menarik lainnya dari kami. Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image