Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Purwodadi

Puncak Peringatan HDKD Ke-77, Kemenkumham RI Semakin PASTI

Info Terkini | Saturday, 20 Aug 2022, 08:34 WIB
Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

GROBOGAN - Puncak Peringatan Hari Dharma Karya Dhika jatuh pada tanggal 19 Agustus 2022.

Untuk pertama kalinya yang merupakan Hari Istimewa Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia merayakan HDKD Ke-77.

Sejarah mencatat bahwa, pada awalnya Peringatan HDKD diperingati pada tanggal 31 Oktober.

Dengan Usia 77 Tahun merupakan Usia Angka, namun bila dicermati akan bermakna pasti. Mewujudkan Kemenkumham RI Menjadi Organisasi Kelas Dunia yaitu "World Class Organization" dan memiliki keunggulan kompetitif memasuki Era Society 5.0.

Dari makna tersebut yakni Masyarakat Super Pintar adalah Konsep Masyarakat Masa Depan Dalam Kemajuan Ekonomi Dengan Penyelesaian Masalah Sosial.

HDKD Ke-77 Tahun 2022 merupakan "Age is just a number", Usia Hanyalah Angka. Namun hal lain yang harus selalu di kedepankan yakni Kemenkumham PASTI dengan makna Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif.

Dengan puncak peringatan HDKD Ke-77 Menteri Hukum Dan HAM berharap seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM agar senantiasa bekerja dengan baik dari waktu ke waktu serta didasari tata nilai PASTI dan BerAKHLAK. Bekerja dengan ikhlas, tanpa pamrih serta tanpa cela, berikanlah pengabdian yang terbaik bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara tercinta.

Yang lebih membanggakan bagi Insan Pengayoman tentu Opini Atas Laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI berhasil diraih untuk yang ke-13 kalinya, dan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Oumbudsman RI .

Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI dibacakan oleh Inspektur Upacara di Lapas Kelas IIB Purwodadi dalam pelaksanaan upacara bendera puncak HDKD Ke-77.

Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

Bertindak Sebagai Inspektur Upacara yakni Heri Dwi Santoso, dan Komandan Upacara dipegang oleh Wahyu Kusriyono Qorim, sedangkan Perwira Upacara oleh Aris Munandar.

Upacara di ikuti oleh seluruh pejabat struktural, pegawai serta ibu-ibu wanita pengayoman.

Untuk Narapidana dan Tahanan kesemuanya mengikuti upacara bendera dengan tertib, aman, khidmat, dan kondusif.

Setelah pelaksanaan upacara selesai, dilanjutkan penyerahan hadiah lomba untuk pegawai maupun narapidana.

Dimana dalam memeriahkan HDKD Ke-77, Lapas Purwodadi menggelar berbagai kegiatan lomba.

Tujuan diselenggarakan lomba yakni memberikan edukasi kepada warga binaan dan memacu bakat yang dimiliki oleh narapidana serta memberikan hiburan agar kebersamaan terjaga dengan maksimal, ungkap Mustofa Selaku Kasi Binadik dan Giatja disela-sela penyerahan hadiah kepada warga binaan.

Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

SEJARAH KEMENKUMHAM DARI MASA KE MASA

Kementerian Hukum dan HAM Nomenklatur awalnya adalah Departemen Kehakiman pada Kabinet Presidensial dipimpin oleh Presiden RI Pertama Ir.Soekarno dan selanjutnya diangkatlah Prof.Dr.Mr.Soepomo sebagai Menteri Kehakiman Pertama yakni pada tanggal 19 Agustus 1945.

Adapun di era tahun 1945 terjadi perubahan nomenklatur sebanyak lima kali.

Diawali dengan sebutan Departemen Kehakiman Periode 1945 - 1999. Kemudian Departemen Hukum dan Perundang-Undangan Periode 1999 - 2001, Selanjutnya Departemen Kehakiman fan Hak Asasi Manusia Periode 2001 - 2004, dan yang terakhir Periode 2009 Sampai Sekarang Menjadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Untuk era sekarang UU Nomor 39 Tahun 2008 Mengamanatkan nomenklatur Departemen berubah menjadi Kementerian, sehingga Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia berubah menjadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Berdasarkan hasil pengkajian dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika pada tahun 2021 yang memuat sejarah, dari pendapat Para Ahli Hukum serta keputusan rapat pada tanggal 19 Agustus 2021, maka Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia "Hari Dharma Karya Dhika" ditetapkan pada tanggal 19 Agustus 1945, dan akan diperingati pada setiap tahunnya, dan tertuang sesuai Keputusan Nomor M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021 yang di tandatangani oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang sekaligus juga mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Nomor M.06-UM.01.06 Tahun 1985.

Yang akhirnya Seluruh Insan Pengayoman "Selamat Hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia "HARI DHARMA KARYA DHIKA".

Sumber : Tim Humas Lapas Purwodadi

(Tim Humas Lapas Kelas IIB Purwodadi)

Kepada Bapak/Ibu silahkan mengunjungi berita terkait kegiatan Lapas Kelas IIB Purwodadi dan dukung kami dalam mewujudkan zona integritas yang berkelanjutan dengan Follow, Like, Komen, Subscribe dan Share.

Terimakasih

@kemenkumhamri

@ditjenpas

@kemenkumham_jateng

#KemenkumHAMRI

#KanwilKemenkumhamJateng

#DitjenPas

#Pengayoman

#Pemasyarakatan

#AYuspahruddin

#KamiPasti

#JatengGayeng

#LapasPurwodadi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image