Upacara Hari Ulang Tahun Ke- 61 Pramuka Indonesia Kwarran Danurejan

Image
Giyoto
Guru Menulis | Friday, 19 Aug 2022, 23:32 WIB

Meski hujan mengguyur halaman SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta (15/8) sore hari, namun peserta Upacara HUT Ke-61 Pramuka Indonesia Tingkat Kwarran Danurejan tetap berlangsung khidmat dan penuh semangat. Upacara dipimpin langsung oleh Kamabiran Kemantren Danurejan itu dimulai pukul 14.55 dibawah guyuran air hujan. Memang cuaca langit Yogyakarta dalam sepekan terjadi anomali. Hujan turun secara sporadis membasahi Bumi Mataram sehingga membuat suasana sedikit lebih dingin. Upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat hingga saat ini Covid-19 belum benar-benar sirna.

Upacara dengan durasi singkat tersebut diikuti oleh gugus depan pramuka yang berpangkalan di sekolah-sekolah mulai dari SD-SMP-SMK yang berada di wilayah Kemantren Danurejan. Adapun sekolah-sekolah tersebut adalah SDN Lempuyangan 1, SDN Lempuyangwangi, SDN Widoro, SDN Tegalpanggung, SMPN 4 Yogyakarta, SMP 15 Yogyakarta, dan SMP Bopkri 1. Drs. Bambang Endro Wibowo, M. Si. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Pramuka dan kegiatan-kegiatannya yang menumbuhkan jiwa kemandirian pada diri peserta didik serta mengajak kepada seluruh elemen Gerakan Pramuka di wilayah untuk meningkatkan dan mendorong kegiatan kepanduan mengingat sudah 2 tahun lebih terjadi kevakuman.

Setelah acara utama selesai, dilanjutkan dengan penampilan seni dari SDN Lempuyangan 1 dan SMP N 15 Yogyakarta. Di bawah binaan Kamabigus Giyoto, S. Pd., M. Pd. Serta asuhan Endah Dwi Suryanti, S. Pd. Gugus Depan SDN Lempuyangan 1 menampilkan Tarian Nusantara. Tarian dengan iringan musik dan lagu-lagu daerah dibawakan dengan gegap gempita oleh para siswa meskipun di bawah rintik hujan.

Sementara itu penampil kedua dari SMP N 15 Yogyakarta dengan tarian khas pramuka memakai bendera Semapore binaan Siswanto, M. Pd selaku Kamabigus.

Usai upacara, Kamabiran, Kakawarran beserta para pembina satuan mengadakan koordinasi penyamaan persepsi dan membahas agenda Kwarran ke depan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Menulis membantu otak saya tetap segar

Mendongeng, Semakin Dilupakan!

BAKIAK SPESIAL

...

Upik Sari  

Semangat yg luar biasa dr generasi milenial... terus berkarya & berkarya Pak Antok... sukses sll...aamiin

20 Aug 2022, 05:40 WIB

Artikel Lainnya

Image

Jadwal Bola dan Liga Champions Malam Ini

Image

5 Rekomendasi Restoran Terbaik Untuk Menikmati Senja Di Jakarta

Image

PK Bapas Nusakambangan Laksanakan Asessment Pembinaan Bagi Narapidana Risiko Tinggi

Image

Lestarikan Ekosistem Mangrove, Mahasiswa Geografi UMP Tanam Bibit di Pantai Baros

Image

Sosialisasi Mengenai Syarat Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Temanggung

Image

Meskipun muslim bukan berarti memiliki ketenangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image