Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Giyoto

Upacara Hari Ulang Tahun Ke- 61 Pramuka Indonesia Kwarran Danurejan

Guru Menulis | Friday, 19 Aug 2022, 23:32 WIB

Meski hujan mengguyur halaman SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta (15/8) sore hari, namun peserta Upacara HUT Ke-61 Pramuka Indonesia Tingkat Kwarran Danurejan tetap berlangsung khidmat dan penuh semangat. Upacara dipimpin langsung oleh Kamabiran Kemantren Danurejan itu dimulai pukul 14.55 dibawah guyuran air hujan. Memang cuaca langit Yogyakarta dalam sepekan terjadi anomali. Hujan turun secara sporadis membasahi Bumi Mataram sehingga membuat suasana sedikit lebih dingin. Upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat hingga saat ini Covid-19 belum benar-benar sirna.

Upacara dengan durasi singkat tersebut diikuti oleh gugus depan pramuka yang berpangkalan di sekolah-sekolah mulai dari SD-SMP-SMK yang berada di wilayah Kemantren Danurejan. Adapun sekolah-sekolah tersebut adalah SDN Lempuyangan 1, SDN Lempuyangwangi, SDN Widoro, SDN Tegalpanggung, SMPN 4 Yogyakarta, SMP 15 Yogyakarta, dan SMP Bopkri 1. Drs. Bambang Endro Wibowo, M. Si. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Pramuka dan kegiatan-kegiatannya yang menumbuhkan jiwa kemandirian pada diri peserta didik serta mengajak kepada seluruh elemen Gerakan Pramuka di wilayah untuk meningkatkan dan mendorong kegiatan kepanduan mengingat sudah 2 tahun lebih terjadi kevakuman.

Setelah acara utama selesai, dilanjutkan dengan penampilan seni dari SDN Lempuyangan 1 dan SMP N 15 Yogyakarta. Di bawah binaan Kamabigus Giyoto, S. Pd., M. Pd. Serta asuhan Endah Dwi Suryanti, S. Pd. Gugus Depan SDN Lempuyangan 1 menampilkan Tarian Nusantara. Tarian dengan iringan musik dan lagu-lagu daerah dibawakan dengan gegap gempita oleh para siswa meskipun di bawah rintik hujan.

Sementara itu penampil kedua dari SMP N 15 Yogyakarta dengan tarian khas pramuka memakai bendera Semapore binaan Siswanto, M. Pd selaku Kamabigus.

Usai upacara, Kamabiran, Kakawarran beserta para pembina satuan mengadakan koordinasi penyamaan persepsi dan membahas agenda Kwarran ke depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image