Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supriyadi

Kampung Karya RW 4 Desa Bedali ikuti lomba kebersihan lingkungan

Info Terkini | Friday, 19 Aug 2022, 17:20 WIB

Minggu pagi tanggal 14 Agustus 2022 warga Kampung Karya RW 04 Desa Bedali Kecamatan Lawang terlihat antusias menyambut kedatangan tim juri lomba kebersihan lingkungan dari kecamatan Lawang dan desa Bedali. Sesuai jadwal yang diberikan oleh panitia lomba bahwa jadwal penilaian lomba untuk wilayah RW di sebelah barat jalan dilakukan pada hari Minggu. Sedangkan untuk RW yang ada di sebelah timur jalan raya di lakukan sehari sebelumnya, yaitu pada hari Sabtu.

Bagi warga kampung karya RW 04 pelaksanaan kegiatan lomba lingkungan ini disambut dengan sangat antusias, mengingat selama ini mereka sudah terbiasa menjalankan kegiatan menanam di lingkungan. Sejak tahun 2020 silam di wilayah RW 04 ini sudah dicanangkan 'Gerakan Menanam' oleh ketua RW 04, Supriyadi.

“ Tujuan 'Gerakan Menanam' adalah untuk menciptakan lingkungan Kampung Karya semakin hijau dengan aneka tanaman sayur, bunga dan toga di pinggir jalan. Warga bisa memetik hasil tanaman sayur dan toga untuk kebutuhan sehari – hari. Dan yang tak kalah penting, dengan banyak tanaman berarti pasokan oksigen di kampung ini akan semakin melimpah.” begitu ujar Supriyadi.

Kesadaran dari warga Kampung Karya RW 04 untuk menjadikan lingkungan bersih dan sehat itulah yang menjadikan warga mulai gemar menanam. Sehingga tak heran di lingkungan kampung yang asri ini dengan mudah bisa ditemui aneka tanaman pangan dan juga tanaman obat keluarga (toga) di pinggir jalan dan di halaman rumah warga.Model menanamnya juga bervariasi, ada yang menanam secara organik dengan media tanah. Dan ada pula warga yang menanam secara hidroponik dengan media air.

Kerja sama yang baik dari warga Kampung Karya ini sudah terbentuk sejak beberapa tahun sebelumnya ketika “Gerakan Menanam” dicanangkan. Walaupun kali ini yang mengikuti lomba lingkungan adalah ibu – ibu PKK RW, namun dukungan penuh dari bapak – bapak dan karang taruna juga sangat besar. Mereka membantu para ibu PKK membuat pot bunga. Kemudian dilanjutkan dengan mencari media tanah untuk mengisi pot. Selanjutnya tugas menanam dan merawat tanaman bunga, sayur dan toga dilakukan oleh para ibu dengan tetap dibantu bapak – bapak.

Nah, momen lomba kebersihan lingkungan ini menjadi salah satu bentuk motivasi tersendiri bagi warga RW 04 untuk lebih semangat menjalankan aktifitas menanam. Tidak ada yang instan untuk membuat lingkungan menjadi hijau dan asri. Semuanya butuh waktu dan proses yang berkelanjutan.

Ajang lomba lingkungan menjadi sarana bagi warga untuk menunjukkan kekompakan dan kebersamaan mereka yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Dan hari itu ibu – ibu PKK RW 04 bersama dengan para bapak dan karang taruna menyambut kedatangan rombongan juri di gapura depan pintu masuk Kampung Karya. Sebelum memasuki wilayah RW 04 rombongan disambut dengan yel – yel Kampung Karya. Selanjutnya dengan didampingi oleh PKK RW 04 para juri dipersilahkan untuk melakukan penilaian di seluruh wilayah RW 04.

“ Kami sangat senang menyambut kedatangan para juri lomba yang akan melakukan tugas penilaian kegiatan KRPL. Apapun hasilnya kami percayakan sepenuhnya kepada para juri yang bertugas secara obyektif.” Ujar Meilia, selaku Ketua PKK RW 04.

“ Bersama warga Kampung Karya RW 04 Bedali kami sudah melakukan kegiatan menanam ini sejak awal pandemi dua tahun silam. Sejak saat Itu kami terus berusaha konsisten menanam untuk menghijaukan lingkungan kami. Jadi kami terus berusaha melakukan yang terbaik untuk lingkungan kami. Kami berdo’a kepada Allah swt semoga diberikan hasil yang terbaik pada kegiatan lomba lingkungan kali ini” imbuh Supriyadi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image