Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Geominerba Geominerba

Komitmen PT Antam Tbk Penuhi Standar Kompetensi Audit SMKP yang Tinggi

Info Terkini | Friday, 19 Aug 2022, 16:04 WIB

PPSDM Geominerba terus berupaya menciptakan tenaga kerja yang selamat dan sehat, serta operasional tambang yang aman, efisien dan produktif dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP).

Hal ini merupakan bagian tak terpisahkan untuk pengendalian risiko keselamatan pertambangan yang berkaitan dengan kegiatan kerja.

Dalam penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi untuk memastikan penerapan SMKP di suatu perusahaan.

Sebagai lembaga diklat di bawah Kementerian ESDM, PPSDM Geominerba ditunjuk langsung oleh Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral Batubara untuk dapat menciptakan auditor-auditor yang memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai teknis audit dan disiplin ilmu yang relevan dengan bidang tugasnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan surat keterangan atau sertifikat pelatihan audit SMKP minerba atau audit SMKP khusus pada Pengolahan dan/atau Pemurnian dari instansi pembina yang diregistrasi oleh Kepala Inspektur Tambang.

Kali ini PPSDM Geominerba bekerja sama dengan PT Antam Tbk meyelenggarakan Diklat Audit Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan di PT Antam Tbk secara online yang diikuti oleh sebanyak 17 orang peserta.

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Sunindyo Suryo Herdadi membuka secara resmi Diklat Audit SMKP Berbasis Online, Senin (15/8/2022).

Diklat ini berlangsung selama Sembilan belas hari (15 Agustus - 2 September 2022) yang dilakukan secara on off class. Dengan pengajar dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara.

Penilaian peserta dihitung dari sikap dan prilaku sebesar 10 poin, rencana audit 15 poin, laporan audit 15 poin, tes tertulis sebesar 25 poin, dan ujian wawancara sebesar 35 poin. Karena peserta dengan nilai minimal 70 yang dinyatakan lulus dan akan mendapatkan sertifikat yang teregistrasi di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. Sehingga para peserta harus sungguh-sungguh dalam mengikuti diklat ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image