PPSDM Migas Berikan Pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik kepada Mahasiswa STTR

Image
Rizka Yenidiniarti
Eduaksi | Thursday, 18 Aug 2022, 09:41 WIB
foto kegiatan

Bekerja di industri migas perlu untuk mengetahui Perawatan Mekanik. Hal tersebut diperlukan agar nantinya Teknisi yang bertanggung jawab untuk melaksanakan proses perawatan mekanik pada aktivitas operasi dan produksi migas dapat berjalan secara optimal.

Untuk mendukung pemahaman mengenai hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik Tingkat 3 untuk Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada Senin (08/08/22).

Yanu Firmanu Rahman, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menjelaskan berbagai jenis materi salah satunya mengenai Pipe and Fitting.

“Pipa adalah benda tubular yang mempunyai diameter dan tebal berfungsi sebagai sarana transportasi fluida cair dan gas,” ungkapnya.

Kemudian ia juga menjelaskan mengenai Proses Fabrikasi.

“Berdasarkan proses fabrikasinya, pipa dibuat dari beberapa proses yaitu Seamless (SMLS) merupakan pipa tanpa sambungan las pada dinding pipanya. Selanjutnya ada Butt Welded (BW) merupakan pipa tanpa dengan sambungan las pada dinding pipanya, kemudian Lap Welded (LW) merupakan pipa dengan sambungan las lap atau lebih pada dinding pipanya, dan yang terakhir Spiral Welded (SW) merupakan pipa dengan sambungan las bentuk spiral pada dinding pipanya,” tambahnya.

Selama tiga hari pelatihan peserta mendapatkan banyak materi seperti Tools, Pipe and Fitting, K3 Industri Migas, Pressure Vessel, Kompresor, Tank, Diesel Engine, Alat Bantu Angkat, dan Pompa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image