Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ramadhani Herawati

Kelompok 66 KKN Tematik UPI Lakukan Edukasi Hemat Listrik pada Anak

Info Terkini | Thursday, 18 Aug 2022, 08:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata atau biasa dikenal dengan sebutan KKN di Universitas Pendidikan Indonesia semester genap 2021/2022 diselenggarakan secara hybrid. Para mahasiswa melaksanakan KKN sesuai dengan domisilinya masing-masing. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2022. Jumlah mahasiswa yang menjadi peserta KKN mencapai 3000+ orang dengan pembagian 135 kelompok yang terdiri dari 29-30 mahasiswa.

Kelompok 66 melakukan kegiatan KKN di wilayah Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung dengan tema “Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan” yang didasarkan pada SDGs Desa. Indikator yang dipilih adalah konsumsi listrik keluarga dengan berbagai macam strategi mencapai indikator tersebut, mulai dari sosialisasi, edukasi, dan pendataan.

Kegiatan edukasi hemat listrik salah satunya dilaksanakan pada wilayah RW 02 Kelurahan Neglasari dengan sasaran anak usia dini. Terdapat tiga sekolah yang menjadi sasaran edukasi hemat listrik ini, POS PAUD Dahlia, TKQ Al-Amanah, dan TK Al-Huda. Edukasi dilakukan selama tiga hari dengan pemberian materi yang difokuskan pada contoh perabotan rumah yang menggunakan listrik, penggunaan perabotan rumah dan biaya listriknya, dan pentingnya menghemat listrik. Media yang digunakan meliputi salindia, vidio edukasi anak, karton, kertas dan alat mewarnai, dan lainnya.

“Terima kasih sudah membantu anak-anak disini mengenal listrik dan anak-anak lebih banyak pengetahuannya tentang listrik”, ujar Ibu Elsa salah seorang guru di POS PAUD Dahlia.

Selain menjalankan program kerja utama, kelompok 66 mengikuti kegiatan di wilayah RW setempat, seperti kegiatan Pawai Obor 1 Muharam yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan karang taruna dan warga setempat. Iringan pawai obor meramaikan malam di Jalan Cikutra. Selain itu, kelompok 66 juga turut serta membantu kegiatan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Provinsi Jawa Barat pada 1 Agustus 2022.

Puncak dari program kerja KKN ini adalah pembuatan mural dengan tema “Energi Bersih dan Terbarukan”. Program kerja ini bekerjasama dengan karang taruna Kelurahan Neglasari yang berlokasi di RW 05 Kelurahan Neglasari. Pembuatan mural dimulai pada tanggal 2 Agustus 2022 dan selesai pada 6 Agustus 2022. Kegiatan dimulai dari pembersihan tembok dari kertas dan stiker, pengecatan dasar tembok dengan warna putih, pembuatan sketsa, dan pengecatan dengan berbagai macam warna sesuai dengan sketsa.

“Alhamdulillah pembuatan mural sudah selesai dan bisa kerja sama dengan warga. Warga juga udah banyak yang liat dan bilang bagus, udah banyak yang selfie juga disana”, perwakilan pejabat RW 05 mengungkapkan rasa senangnya.

Pada tanggal 11 Agustus 2022, kegiatan KKN Tematik UPI di wilayah Kelurahan Neglasari resmi ditutup oleh pejabat kelurahan dan dosen pembimbing lapangan. Sekretaris Lurah menyampaikan, “Kami dari pihak kelurahan mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang sudah melakukan banyak kegiatan dan memeberikan banyak manfaat untuk masyarakat. Semoga seluruh data yang diperlukan sudah lengkap dan banyak hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan KKN di wilayah kelurahan Neglasari ini”, ujarnya.

(Ramadhani Herawati Sahara, 1904462, Program Studi Pendidikan Tata Busana, FPTK Universitas Pendidikan Indonesia)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image