Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image HANI RAHMIYANTI

PKM-RSH UPI Lolos PIMNAS 36 di Unpad dengan Inovasi Flipbook dengan AR: Meningkatkan Skill 4C Siswa

Teknologi | Tuesday, 14 Nov 2023, 11:01 WIB
Tampilan aplikasi VOFISIL dan Tim PKM-RSH. (Sumber : Dokumen Pribadi)

Riset ini merupakan jawaban kreatif tim PKM-RSH UPI terhadap tantangan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dan lebih lanjut menggali potensi pemanfaatan teknologi dalam konteks society 5.0. Dalam era Society 5.0, integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), big data, dan teknologi lainnya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan.

Dengan penggunaan teknologi, memungkinkan tenaga pendidik untuk merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa, memfasilitasi kolaborasi antara sesama siswa, dan membuka pintu bagi metode pengajaran yang lebih kreatif dan dinamis. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan tidak hanya memberikan akses lebih luas terhadap pengetahuan, tetapi juga membantu menyiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan masyarakat yang semakin terdigitalisasi.

Judul riset "Flipbook dengan AR untuk Meningkatkan Skill 4C Siswa Vokasi di Era Society 5.0" dipilih dengan tujuan untuk menciptakan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, khususnya di lingkungan pendidikan vokasi. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, tim berharap dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka mengembangkan keempat keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity).

Riset ini diketuai oleh Zenita Sabitri dengan empat anggota (Zahra Ghinaya, Jasmine Al Dhahrani, Hani Rahmiyanti, dan Az-zahra Diva Fauziah) dan dosen pendamping (Sri Rahayu, M. Pd). Tim ini tidak hanya berfokus pada perolehan gelar, namun mereka juga aktif mempersiapkan diri untuk berlaga di PIMNAS 36 dengan semangat juang yang tinggi. Latihan intensif dan kolaborasi tim terus dilakukan untuk memastikan bahwa presentasi mereka di PIMNAS nanti dapat memberikan dampak positif dan memukau para juri.

Adapun PIMNAS ke-36 akan diadakan di Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai tanggal 26 November hingga 1 Desember 2023. Acara bergengsi ini menjadi ajang kompetisi tingkat nasional yang mempertemukan tim-tim penelitian mahasiswa dari berbagai universitas untuk berkompetisi dan berbagi ide inovatif di berbagai bidang studi.

PIMNAS 36 di Unpad akan menjadi panggung bagi tim PKM-RSH UPI untuk memperkenalkan inovasi mereka. Semoga riset "Flipbook dengan AR" dapat memberikan kontribusi positif dalam menghadapi tantangan pendidikan di era Society 5.0, dan membawa pulang penghargaan yang membanggakan bagi UPI.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image