Terus Belajar, Menginspirasi, Memberi Manfaat, HUT RI ke-77 SIT Tunas Bangsa

Image
Taufik Akbar
Eduaksi | Wednesday, 17 Aug 2022, 21:57 WIB
Sumber Foto: TVNASSA, youtube.com/watch?v=iA8IDlOn0tg

Teks Pidato Hari Kemerdekaan RI ke-77

SIT TUNAS BANGSA – KOTA DEPOK

Assalammualaikum wr.wb

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa, Rabb semesta alam karena atas izin-Nya, kita semua dapat berkumpul dalam kesempatan istimewa bagi kita sebagai bangsa Indonesia, yaitu memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-77.

Shalawat teriring salam semoga tercurah kepada nabi akhir jaman, Guru terbaik dan suri tauladan dalam kehidupan, Rasulullah Muhammad Saw, keluarganya, sahabatnya, dan semoga kita semua sebagai umatnya selalu istiqomah mengikutinya.

Yang terhormat, Pengurus Yayasan Tunas Bangsa Insan Mandiri

Yang terhormat, Kepala dan Wakil Kepala Sekolah, SMPIT dan SMAIT Tunas Bangsa

Yang kami hormati juga, semua Bapak/Ibu dewan guru dan karyawan SIT Tunas Bangsa

Yang kami sayangi dan kami banggakan, siswa-siswi SMPIT dan SMAIT Tunas Bangsa

Semoga kita semua selalu dirahmati Allah, sehat wal-afiat, berkah dan sukses dalam menjalani kehidupan.

Pada kesempatan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 ini, izinkan saya menyampaikan pidato tentang hikmah dan makna perjuangan bangsa Indonesia.

Dan sepatutnya kita bersyukur atas nikmat merdeka yang telah Allah berikan berkat perjuangan para pahlawan melawan para penjajah di negeri kita dahulu, baik melalui peperangan bersenjata maupun dengan cara berdiplomasi.

Kali ini saya akan menyampaikan kembali tentang perjuangan dari tokoh nasional bangsa Indonesia yang memiliki peran penting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Kita mengenal Soekarno dan Hatta sebagai pasangan pemimpin pertama sekaligus pahlawan di Indonesia.

Tetapi jauh sebelum itu, Soekarno dan Hatta ini sudah berjuang memerdekakan Indonesia sejak masih menjadi pelajar. Mereka berdua bercita-cita membuat Indonesia merdeka sejak masih kecil. Mereka menunjukkan kemauannya tersebut, dimulai dari kecintaannya dalam membaca buku.

Soekarno dan Hatta sama-sama suka memperkaya diri dengan ilmu sebagai bekal melawan penjajah. Perjuangan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan ini juga tidaklah mudah. Perlu diingat bahwa Soekarno dan Hatta pun pernah berkali-kali ditangkap dan diasingkan oleh penjajah Belanda .

Meski begitu, pengasingan itu tidak membuat mereka menyerah dalam memperjuangkan bangsa Indonesia. Ketika perjuangan melawan penjajah, keduanya juga sering beradu pendapat, namun tetap saling memberi dan menerima kritikan, dan bisa tetap bersatu dalam perjuangan.

Sikap gigih dalam berjuang, dan mau menerima kritikan inilah yang menguatkan dua sosok pahlawan bangsa ini, sampai Indonesia bisa merdeka.

Pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 ini, marilah kita mengingat dan meneladani kembali sikap para pejuang bangsa yang gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Meskipun sekarang kita sudah merdeka, mari kita contoh sikap positif, seperti gigih dalam berjuang, dan saling menerima kritik serta terus menjaga persatuan demi mewujudkan bangsa yang sejahtera. Dan juga penting untuk terus belajar dan belajar dengan membaca banyak buku untuk memperkaya cakrawala ilmu dan wawasan, mengambil inspirasi dan tentunya bermanfaat untuk kehidupan hari ini dan masa depan yang lebih baik.

Jika kita semua terus belajar, menginspirasi kehidupan, saling memberi manfaat bagi sesama, maka NKRI akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya, semangat pagi sepanjang hari dan salam sukses bagi kita semua.

Wassalammualaikum wr.wb.

Merdeka, Merdeka, Merdeka

Depok, 17 Agustus 2022

SIT Tunas Bangsa

Inspektur Upacara

Taufik Akbar, S.Si

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Praktisi Pendidikan, Pemerhati Lingkungan dan Sosial Kemasyarakatan, Guru di SIT Tunas Bangsa (SMPIT-SMAIT Tunas Bangsa) - Kota Depok

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image