Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Peserta Didik

Image
Misbah Fikrianto
Eduaksi | Monday, 15 Aug 2022, 00:36 WIB

Kebijakan penerapan kurikulum merdeka pada satuan pendidikan sangat relevan. Kurikulum Merdeka merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelakasanaan Kurikulum Merdeka sebagai opsi untuk mengantisipasi learningloss. Hal tersebut menjadi pembahasan dalam kegiatan webinar nasional, 14 Agustus 2022 yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Islam Asy_syafi'iyah, Jakarta.

Universitas Islam Asy-Syafi'iyah sangat mendukung terhadap webinar yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Iffah Budiningsih. Ditambahkan Iffah, Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan yang pas untuk mendukung kompetensi dan karakteristik siswa.

Topik Kurikulum Merdeka sangat menjadi trending isu karena banyak sekolah yang masih beradaptasi. Kondisi demikian menjadi trigger untuk dilakukan penyesuaian kurikulum. Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Zulfikri Anas menyampaikan tentang beberapa rasionalisasi tentang Kurikulum Merdeka. Penerapan Kurikulum Merdeka merupakan peluang untuk mengedepankan karakteristik dan keunikan peserta didik. Ditambahkannya, Pentingnya peran Guru dalam membuat pembelajaran lebih kreatif dan inovatif.

Pemateri kedua, Misbah Fikrianto menjelaskan tentang Desain dan Metode Pembelajaran yang tepat sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Misbah mengatakan, kita harus menjadikan peserta didik sebagai objek dan subjek pembelajaran. Terdapat beberapa hal yang menjadi pembeda, diantaranya pencapaian Profil Pelajar Pancasila, Observasi awal untuk melakukan diagnostik kondisi peserta didik, penggunakan desain pembelajaran yang adaptif, dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik serta lainnya, ucap Misbah. Bagaimana kita mengemas desain pembelajaran yang membuat peserta didik mudah, menyenangkan, dan kolaboratif. Kita tidak boleh menyeragamkan penggunaan metode pembelajaran.

Pemateri ketiga, Khasanah menjelaskan tentang penggunaan media dan bahan pembelajaran terhadap proses pembelajaran. Saat ini, terdapat banyak aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik, diantaranya platform google, edmodo, dan lainnya. Khasanah mengatakan bagaimana kita mampu merancang dan menggunakan media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Sementara itu, Erlangga Masdiana sebagai Widrapada Ahli Utama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi, memberikan penguatan tentang Progran Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Diperlukan upaya kolaboratif antara pembelajaran dengan kebutuhan industri. Semua proses pembelajaran dikaitkan dengan perkembangan industri jelas Erlangga. Harapannya, kegiatan webinar seperti ini terus dilakukan dan dikembangkan, ucap Erlangga.

Ketua Panitia, Syarifin menjelaskan tentang manfaat dari webinar ini untuk peserta yang meningkat wawasannya serta Universitas Islam Asy-Syafi'iyah yang maju dengan program-programnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi, pemahaman, dan praktik baik terhadap implementasi kurikulum merdeka pada satuan pendidikan.

Diakhir acara, Kepala Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakhri Yasin mengatakan pembahasan Kurikulum Merdeka sangat sesuai dengan mata kuliah Pengembangan Kurikulum. Semoga kita terus mengikuti perkembangan kebijakan kurikulum merdeka di Indonesia. Fakhri menjelaskan Program Magister Teknologi Pendidikan sangat terbuka dan berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi guru-guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan lainnya. Sesuai dengan motto UIA, Islam, Ilmu, dan Amal.
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang yang gemar menjalin silaturahiim, semoga menjadi kebaikan bersama, aamiin

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kemenkumham Jateng Siap Terima Audit BPK RI

Image

Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan Malang

Image

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Rutan Demak Adakan Kegiatan Tes PCR

Image

Gali Potensi Risiko K3 dan Kebencanaan di Desa Wisata, DRRC UI-Kemenparakraf Lakukan FGD

Image

Hidayat Kalapas Narkotika Samarinda Melantik dan Mengambil Sumpah Pejabat Administrasi Baru

Image

Tingkatkan Kualitas Kinerja, Kepala LPKA Klas I Kutoarjo Beserta Jajaran Ikuti Pengarahan Kakanwil

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image