Hakikat Kemerdekaan

Image
Moch. Hsyam,S.Ag.,S.Pd
Agama | Sunday, 14 Aug 2022, 12:50 WIB

Hakikat Kemerdekaan

Oleh : Moch. Hisyam

Dengan diraihnya kemerdekaan bangsa ini pada 17 Agustus 1945, bukan berarti perjuangan kita membangun diri dan bangsa ini telah usai. Akan tetapi, justru kemerdekaan yang telah kita raih itu merupakan awal, pintu gerbang atau jembatan emas untuk meraih kemerdekaan yang hakiki.

Hakikat dari kemerdekaan bukan semata mampu membebaskan diri dari cengkeraman penjajahan bangsa asing. Akan tetapi, kemampuan untuk membebaskan diri dari belenggu hawa nafsu yang mencengkram jiwa dan melepaskan ketergantungan kepada selain Allah ta’ala.

Meraih kemerdekaan hakiki merupakan misi Islam. Misi ini telah dijalankan oleh Rasulullah saw. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan beliau mengantarkan negeri Madinah meraih kemakmuran dan kesejahteraannya. Demikian pula dengan keberhasilan beliau memerdekakan Mekah dari cengkaman kafir Quraisy serta meruntuhan kejahiliyahan dengan hidayah.

Dikatakan berhasil meraih kemerdekaan yang hakiki karena kesejahteraan, kedamaian dan keamanan yang meliputi diri, masyarakat dan bangsa, semua itu menjurus kepada tercapainya hakikat dari kemerdekaan

Oleh karena itu, ada lima kemerdekaan yang harus kita raih setelah kita merdeka dari .penjajah bangsa lain agar kita mampu meraih kemerdekaan yang sesungguhnya, kemerdekaan yang benar-benar merdeka.

Pertama, merdeka dari belenggu hawa nafsu. Allah SWT berfirman, “Adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya." (Q.S An-Nazi’at : 40-41)

Kedua, merdeka dari perilaku dan akhlak tercela. Rasulullah saw bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Abu Dawud).

Ketiga, merdeka dari budaya dan pandangan hidup hedonisme yang mengarah kepada semata-mata memburu kenikmatan duniawi sesaat secara berlebih-lebihan. ''Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuannya, maka Allah akan memberikan kekayaan kepada hatinya, memudahkan urusannya dan dunia (yang hina ini) akan datang kepadanya (dengan sendirinya).” (HR At-Tirmidzi)

Keempat, merdeka dari praktik syirik dalam segala bentuknya. “Jauhilah tujuh dosa yang membinasakan (al-mubiqat).” Mereka berkata, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa yang membinasakan tersebut?” Beliau bersabda, “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang haram untuk dibunuh kecuali jika lewat jalan yang benar, makan riba, memakan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan qadzaf.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kelima, Kemerdekaan bangsa dan diri bebas dari belenggu bangsa asing baik di bidang politik, ekonomi, pendidikan, budaya dan pertahanan

Untuk itu, mari kita jadikan momentum peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 77 ini menjadi awal, pintu gerbang atau jembatan emas bagi kita semua untuk berupaya meraih kemerdekaan yang hakiki.

Semoga Allah swt menguatkan dan memampukan kita baik sebagai pribadi maupun bangsa untuk meraih kemerdekaan dari belenggu hawa nafsu, cengkraman akhlak tercela, terbebas dari pandangan hedonisme, sehingga kesejahteraan, kedamaian dan keamanan dapat kita rasakan sebagai pertanda kita telah meraih kemerdekaan yang hakiki. Amin. Wallahu’alam***

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Energi Sugesti Positif

Karakteristik Kematian

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image