Support Ekonomi Umat, Mahasiswa KKN 99 IAIN Kediri Lakukan Ini

Image
Moh. Ainu Rizqi
Eduaksi | Saturday, 13 Aug 2022, 20:08 WIB
Gambar: Mahasiswa KKN 99 IAIN Kediri bersama sebagian pelaku UMKM yang mendaftarkan NIB

KKN Kelompok 99 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri mengadakan kegiatan Pelayanan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) di Kelurahan Lorejo, Kabupaten Blitar.

Hal ini guna membantu masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mendaftar usaha mereka ke situs OSS di bawah naungan Badan Koordinasi Penanaman Modal atau Kementrian Investasi guna mendapatkan NIB.

Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem OSS, merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sedangkan NIB sendiri merupakan identitas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Dengan adanya NIB, pelaku usaha bisa mengajukan izin usaha atau izin operasional yang sesuai dengan jenis usahanya. Selain itu pemilik NIB juga akan terdafar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Acara yang diadakan di Kantor Balai Desa Lorejo ini dibarengi dengan kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada hari Rabu 10 Agustus 2022 yang dimulai pukul 8.00 WIB. Adapun proses penyelenggaraan acara ini dimulai dari proses pelayanan pendaftaran melalui sistem OSS berbasis risiko hingga masing-masing pelaku usaha mendapatkan surat izin usaha berbentuk lampiran NIB.

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu Program Kerja yang diusung oleh KKN Kelompok 99 IAIN Kediri pada tahun ajaran 2022/2023.

Yusril Rahmatullah, yang akrab dipanggil Yusril, sebagai mahasiswa KKN sekaligus koordinator kegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya legalitas pelaku usaha kecil maupun menengah.

“Kegiatan ini kami selenggarakan dengan menimbang banyaknya pelaku usaha yang belum mengetahui adanya pendaftaran NIB di sistem OSS, di mana para pelaku usaha masih berstigma akan adanya SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) sebagai bentuk legalitas dijalankannya usaha. Adapun banyak pelaku usaha yang belum mengetahui urgensi atau nilai guna ketika usahanya didaftarkan langsung ke pusat. Maka dari itu perlu adanya program ini demi pertumbuhan UMKM khususnya terhadap masyarakat Desa Lorejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar,” tutur Yusril pada Rabu (10/8)

Gambar: Yusril sedang menjalaskan pentingnya pendaftaran NIB Sistem OSS Berbasis Risiko kepada para pelaku UMKM di Desa Lorejo

Sebelum kegiatan ini diadakan para mahasiswa KKN kelompok 99 melakukan pelatihan bimbingan teknis ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ke Kota Blitar pada 26 Jul 2022 dengan didampingi oleh Bapak Rendra selaku petugas Dinas PTSP bersama rekan-rekannya. Selanjutnya sosialisasi serta membagikan formulir pendaftaran kepada masyarakat ( Door to Door) di Dusun Krajan dan Ngebrug, Kelurahan Lorejo. Kegiatan pembagian formulir ini dilakukan selama dua hari pada hari Senin dan Selasa, 8-9 Agustus 2022 yang dilakukan dengan mendatangi masing-masing tempat usaha.

Adapun dengan diadakannya acara ini diharapkan para pelaku usaha akan lebih mudah dalam mendapatkan izin usaha dari tahap persyaratan usaha, izin usaha, dan operasional usaha. Maka dengan menggunakan OSS pelaku usaha bisa melakukan pelaporan dan pemecahan masalah di satu tempat.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image