Cara Meningkatkan Mood Belajar

Image
ibnu nih
How To | Saturday, 13 Aug 2022, 17:53 WIB

Kamu pasti pernah berada di titik paling jenuh dalam belajar. Kamu merasa benar-benar lelah dan tidak mampu untuk melanjutkan proses belajarmu. Walhasil kamu berhenti dan mencari-cari hiburan agar kamu kembali mood untuk belajar, alih-alih kembali mood belajar kamu malah terlena dengan hiburan-hiburan tersebut, meski sepele kebiasaan terebut bisa-bisa menjadi kebiasaan yang akhirnya susah untuk dihilangkan. Belajar memang tidak melulu menyenangkan, akan tetapi tidak belajar sama dengan mengali kuburan sendiri. Bahkan Imam Syafi’i pernah menasihati kita semua lewat perkataanya yaitu “Jika Kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan” jadi apabila moodmu belajarmu sedang menurun, jangan sampai hal tersebut terjadi dan berlarut-larut. Kamu harus mencoba mencari metode terbaik agar moodmu kembali normal dan kamu bisa belajar dengan riang dan gembira. Jangan bingung apabila kamu tidak memiliki metode yang pas untuk menghilangkan rasa jenuh belajar, simak beberapa cara meningkatkan mood untuk belajar berikut sampai habis!

Ketahui Apa yang Akan Kamu Pelajari

Cara yang pertama untuk meningkatkan mood belajar adalah mengetahui apa yang akan dipelajari, hal ini cukup penting mengingat belajar pasti membutuhkan perangkat-perangkat pendukung yang bisa membantu proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Sebagai contoh, misal kamu ingin belajar musik jadi alat yang harus kamu persiapkan adalah alat-alat musik, alat tersebut bisa beragam tinggal disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhanmu. Contoh lain misal kamu ingin belajar bahasa Inggris, kamu bisa belajar via aplikasi-aplikasi gratis di internet atau mengambil kursus bahasa Inggris online murah bersertifikat, apabila kursus yang kamu ambil adalah kursus online kiranya penting untuk menyiapkan koneksi internet yang kencang agar mood belajarmu tetap stabil dan dapat menyelesaikan seluruh proses kursus, hal ini penting agar nanti ketika proses pembelajaranmu selesai kamu bisa memiliki bekal yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melangkah pada peluang yang lebih baik di lain kesempatan. Sertifikat yang kamu miliki juga dapat digunakan sebagai lampiran yang akan menunjang berkas-berkasmu.

Cari Teman Belajar

Yang kedua untuk meningkatkan mood belajar adalah dengan cara mencari teman belajar. Sebagai makhluk sosial kita pasti berinteraksi dengan orang lain, tidak terkecuali saat belajar. Ketika merasa jenuh belajar coba cari teman untuk mendampingimu belajar, tentunya teman yang satu visi dan misi agar apa yang dipelajari objeknya sama dan kamu bisa belajar bersama-sama. Dengan memiliki teman belajar kamu akan lebih mood lagi untuk belajar, ketika ada sesuatu materi yang tidak di fahami kamu bisa sharing dengan teman belajarmu dan mendiskusikan materi tersebut bersama sama. Dengan belajar bersama teman yang satu visi kamu bisa lebih semangat

Cari Tempat Belajar yang Nyaman

Agar moodmu tidak naik turun ketika belajar carilah tempat belajar yang mampu membuatmu nyaman. Kebanyakan orang akan merasakan jenuh dan bosan ketika harus belajar di tempat yang itu-itu saja. Seperti misalnya belajar di ruang kelas, kebanyakan siswa pasti pernah merasa jenuh ketika belajar diruang kelasa, maka dari itu sebagai guru seharusnya penting untuk memiliki metode belajar yang menyenangkan, seperti belajar di taman atau perpustakaan sekolah. Sedangkan untuk kamu yang ingin belajar sendiri dirumah akan tetapi bosan belajar di kamar, kamu bisa belajar ditempat-tempat yang membuatmu nyaman dalam belajar seperti misal cafe atau kedai kopi yang tidak terlalu ramai atau taman kota yang tenang dan sepoi-sepoi.

Berekspektasi Terhadap Pencapaian yang Akan Kamu Dapatkan

Yang selanjutnya supaya moodmu tetap terjaga baik ketika belajar adalah berekspektasi terhadap pencapaian yang akan kamu dapatkan ketika mahir terhadap satu bidang yang kamu pelajari, seperti misal ketika kamu belajar menulis bayangkan kelak nanti kamu akan jadi seorang penulis terkenal. Dengan begitu kamu akan lebih termotivasi untuk terus giat belajar menulis dan menambah wawasan. Orang hebat adalah orang yang memiliki tujuan, ketika kamu telah memiliki tujuan yang jelas kamu jadi punya motivasi tinggi untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalo gak main ya rebahan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image