Ekonomi sulit, kekeraaan seksual semakin melangit

Image
Adeummunasywah Adeummunasywah
Agama | Saturday, 27 Nov 2021, 08:30 WIB

Oleh: Sisi Septiana

Kekerasan seksual di era canggih dan modern saat ini, rupanya semakin menjadi-jadi. Miris, kekerasan seksual yang merupakan tindakan yang sangat keji, justru sering dilakukan oleh keluarga terdekat seperti kakek, paman, bahkan ayahnya sendiri. Banyak kalangan yang mencoba mengupas tuntas sumber ataupun akar dari meningkatnya kekerasan seksual yang mengkhawatirkan ini.

Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak Bandar Lampung, menilai maraknya kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur mayoritas dilakukan orang dekat korban. Ahmad Apriliandi Passa mengungkapkan bahwa menurut analisisnya, kekerasan seksual pada anak disebabkan karna faktor ekonomi yang membuat orangtua depresi. Selain itu juga, kurangnya pengawasan dari orangtua menjadikan kekerasan seksual ini mulus dilakukan. (Lampost. co, 26/11/2021)

Kekerasan seksual untuk saat ini hanya ditekan dengan pendidikan seksual sejak dini. Solusi ini kini dianggap ampuh untuk melindungi anak-anak dari jeratan predator jahat yang dapat merenggut masa depan mereka. Pendidikan seksual akhirnya pun digencarkan mulai dari pendidikan Taman Kanak-kanak, karena predator seksual ini tidak pernah pandang bulu untuk siap memangsa korbannya. Sayangnya, tidaklah cukup jika hanya memberikan pendidikan seksual kepada anak-anak. Ini bukan menuntaskan masalah dari akar-akarnya. Karena terkadang pelaku pencabulan, memiliki banyak trik bahkan keberanian yang tinggi guna menyalurkan hawa nafsunya yang keji.

Umat haruslah menyadari, bahwa generasi saat ini benar-benar sudah terancam baik fisik maupun nonfisik. Jika hanya memberikan solusi yang bersifat sempit atau bahkan dianggap enteng, tunggulah saat-saat kehancuran negeri ini. Hanya Islamlah yang mampu menuntaskan masalah kekerasan seksual semacam ini. Dimulai dengan menelaah secara mendalam, penyebab dari kekerasan seksual itu sendiri. Jelas, kekerasan seksual yang merupakan problematika umat yang sangat serius ini, bukan hanya karena faktor ekonomi. Islam tegas mengatur pencegahan kasus kekerasan seksual dengan cara menjaga pandangan dan juga menutup aurat sesuai syariat.

“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat.” (QS. an-Nur:31)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Waspadalah terhadap yang Fana

Hari Guru 2021: Islam Memuliakan Guru

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

5 Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Pariwisata Pulih

Image

Bapas Kelas II Musi Rawas Utara Gelar Pelatihan FMD

Image

YTMP3: Download YouTube Jadi MP3 Converter Terbaik 2022

Image

Jadwal Balapan MotoGP Italia 2022 Pekan Nanti, Ada Free Practice, Kualifikasi, Hingga Race

Image

GB Whatsapp Pro Apk Terkini Tempelkan Link Download (GB WA) Di HP Android

Image

Download YouTube MP4 to MP3 Paling Populer di Y2Mate

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image