Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wahyu Rachmat

Mensosialisasikan Pola Tidur yang baik dan budaya mencuci tangan ke sekolah Al-latif

Edukasi | Tuesday, 09 Aug 2022, 22:35 WIB

Tidur adalah salah satu aktifitas yang penting untuk kesehatan. Menurut penelitian kurang memiliki waktu tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan, suasana hati, berat badan, dan bahkan kehidupan seks. Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stress. Lebih dari 35% orang dewasa memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam ketika malam.

Pola tidur yang tepat nyatanya sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, menurunkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan fungsi kognitif, dan memengaruhi emosi dan mental.

Melalui kegiatan KKN tematik UPI ini kami melaksanakan edukasi terhadap siswa sma al-latif mengenai pola tidur yang baik, ada beberapa manfaat jika kita melakukan pola tidur yang baik diantaranya :

Tubuh menjadi lebih sehat

Memiliki waktu tidur yang berkualitas tidak menjamin tubuh akan kebal terhadap penyakit. Namun dengan waktu tidur yang berkualitas maka dapat menurunkan resiko terjadinya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, serangan jantung, diabetes, dan obesitas.

Meningkatkan kehidupan sex

Kehidupan sex akan berubah karena tingginya tingkat kelelahan dan stress. Salah satu cara untuk mengembalikan hal tersebut adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas.

Meredakan rasa nyeri

Jika Anda mengalami nyeri yang kronis atau nyeri akut karena cedera dengan tidur yang cukup dapat membantu meredakan nyeri. Beberapa penelitian telah menunjukkan terdapat hubungan antara kurang tidur dengan ambang nyeri yang rendah. Namun sayang pada umumnya rasa nyeri dapat menyebabkan sulit untuk tidur. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan obat nyeri yang memiliki efek samping mengantuk sehingga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Menurunkan resiko terjadinya cedera

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas akan meningkatkan konsentrasi tubuh ketika akan melakukan aktifitas. Hal tersebut akan dapat menurunkan resiko terjadinya cedera.

Memperbaiki suasana hati

Kurang tidur dapat mempengaruhi kondisi emosional seseorang. Kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan menangis atau tertawa yang tidak terkendali.

Mengontrol berat badan

Pernahkah Anda bekerja hingga larut malam dan merasa ingin makan terus menerus? Tahukah Anda bahwa tubuh memiliki hormon leptin yang memiliki fungsi untuk mengontrol rasa kenyang. Tidur yang kurang cukup dan tidak berkualitas dapat menyebabkan penurunan kadar hormon leptin pada tubuh. Hal ini yang menyebabkan tubuh akan mudah mengalami lapar.

Meningkatkan daya pikir

Kurang tidur dapat mempengaruhi daya pikir, konsentrasi dan kemampuan untuk mengambil keputusan.

Meningkatkan daya ingat

Menurut penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak akan memproses dan memperkuat ingatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat mencegah terjadinya flu biasa. Telah dilakukan penelitian pada 150 orang dengan memonitoring kebiasaan tidurnya selama 2 minggu. Lalu memberinya virus influenaza. Orang yang tidur kurang dari 7 jam pada malam hari selama lebih dari 3x maka lebih mudah terinfeksi penyakit influenza dari pada orang yang tidur 7-8 jam sehari.

Kemudian program ke 2 yang kami lakukan adalah melakukan budidaya cuci tangan di sma al-latif yang pertama kami mengedukasi penting ny cuci tangan.

Cuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang tampak sepele, namun sangat penting dilakukan karena telah terbukti efektif untuk mencegah penyebaran penyakit dan juga pengendalian infeksi. Hal ini dikarenakan tangan sering kali menjadi perantara berbagai bakteri masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk rutin menjaga kebersihan diri, salah satunya dengan mencuci tangan yang benar.

WHO menyerukan bahwa sangat penting menegakkan upaya meningkatkan kebersihan tangan untuk menjaga kesehatan bersama. Sebagai contoh, seorang penderita flu menutup hidung dengan tangan saat bersin. Lalu, orang tersebut memegang uang dan saat uang tersebut berpindah tangan maka saat itulah bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan orang lain. Apabila selanjutnya orang tersebut memegang hidung atau mulut, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Kemudian kami juga mengajarkan siswa al-latif mencuci tangan yang benar

Cuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer. Berikut ini adalah langkah-langkah cuci tangan yang benar:

Basahi tangan dengan air di bawah keran atau air mengalir.

Ambil sabun cair secukupnya dan lakukan 6 langkah berikut:

Gosok kedua telapak tangan

Gosok punggung tangan kiri dan kanan secara bergantian

Gosok tangan sambil mengunci kiri dan kanan

Gosok sela ibu jari kiri dan kanan

Gosok ujung jari kiri dan kanan ke telapak tangan dengan memutar

Bilas tangan dan keringkan menggunakan tisu dan matikan keran dengan menggunakan tisu tersebut

Kami berharap dengan adanya program KKN ini, siswa al-latif menjadi mengerti bagaimana cara tidur yang baik, dan dapat melakukan cuci tangan yang benar agar tidak mudah terkena penyakit.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image