Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Devi Rahmasari

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 Berikan Sosialisasi quotHidup Berdampingan dengan COVID-19quot untuk

Edukasi | Saturday, 06 Aug 2022, 09:03 WIB

Bandung— COVID-19 merupakan virus yang mulai menyebar pada akhir tahun 2019 dan memberikan dampak besar bagi Indonesia. Dalam dua tahun terakhir rakyat Indonesia hidup dalam ketakutan akan penyebaran penyakit ini dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kehidupan jutaan rakyat Indonesia seakan berhenti, mulai dari penutupan sekolah, pembatasan sosial hingga kewajiban menggunakan masker. Meskpiun kasus COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan, tetapi kita masih tetap harus waspada adanya varian virus corona baru yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan terjadinya gelombang baru pandemi COVID-19.

Dalam mengurangi penyebaran COVID-19, Kelompok 40 KKN Tematik UPI Kelurahan Sukawarna melakukan sosialisasi mengenai COVID-19 pada Senin (01/08). Tema yang diusung dari kegiatan sosialisasi ini adalah “Hidup Berdampingan dengan COVID-19" dengan rincian kegiatan seperti sosialisasi terkait COVID-19 dari rumah ke rumah, penyebaran poster secara daring melalui WhatsApp Group yang dilakukan oleh Ketua RT 02 RW 04, serta pemasangan poster di sekitar wilayah RW 04 Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Kota Bandung.

Mahasiswa KKN Tematik UPI memasang poster mengenai COVID-19 di beberapa tempat di RW 04 Kelurahan Sukawarna.

Sosialisasi dan pemasangan poster mengenai COVID-19 ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa COVID-19 belum hilang dari Indonesia serta menyebarkan kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk mengatasi penyebaran COVID-19. Hal ini merupakan tindak lanjut dari tujuan pemerintah dalam menerapkan era new normal dimana masyarakat harus mulai beradaptasi dan berdamai dengan COVID-19 agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di tengah COVID-19 dan meningkatkan protokol kesehatan selama berkegiatan seperti tetap menggunakan masker saat berkegiatan, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindai kerumunan, sosialisasi ini bertujuan mengajak masyarakat untuk melengkapi vaksinasi, baik vaksin dosis 1, dosis 2 maupun vaksin booster sebagai bentuk penanganan COVID-19.

Mahasiswa KKN Tematik UPI membuat poster mengenai COVID-19.

Salah satu mahasiswa Kelompok 40 KKN Tematik UPI, Devi Rahmasari menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini dimulai dari menjelaskan kondisi COVID-19 di Indonesia saat ini, pencegahan penyebaran COVID-19, hingga tata cara melakukan vaksinasi di Puskesmas Kelurahan Sukawarna, “Sehingga warga RW 04 Kelurahan Sukawarna dapat turut serta melakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 agar terhindar dari penyakit ini,” ujarnya.

Mahasiswa KKN Tematik UPI melakukan sosialisasi mengenai COVID-19 di sekitar wilayah RW 04 Kelurahan Sukawarna.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Kelompok 40 KKN Tematik UPI Kelurahan Sukawarana berharap agar penyebaran COVID-19 bisa mereda dan masyarakat Indonesia, khususnya warga RW 04 Kelurahan Sukawarna Kota Bandung agar termotivasi untuk menghentikan penyebaran COVID-19, tetap sehat selalu serta terhindar dari COVID-19 dengan meningkatkan protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image