Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novi Tasari

Resensi Novel tentang Cinta Segitiga

Sastra | Friday, 26 Nov 2021, 17:42 WIB

Buku identitas

Judul: Deuce!

Penulis: Netty Virgiantini

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Kota terbit: jakarta

Tahun terbit: 2019

ISBN: 9786020614616 (DIGITAL)

Jumlah halaman: 256 hlm.

CINTA SEGITIGA

Netty virgiantini seorang penulis novel yang sering di sebut penulis modal nekat, tetapi dia sendiri menyebutkan dirinya penulis boneka. Dia sangat bersyukur dari modal nekat sebagai penulis, bisa mendapatkan banyak penghargaan. Ia pernah mendapatkan satu juara dalam lomba penulis novel cerita konyol pada 2008, karya yang terpuji sayembara novellete nyata, 24 cerpen pilihan juri di Jakarta festival sastra internasional, finalis sanyembara yang menulis 100% tulisan asli Indonesia dalam gagasan media. Netty virgiantini, lahir di magetan pada 27 september 1970. Memiliki Sembilan saudara dari kesembilan saudaranya ia anak terakhri. Hobi membaca membuat ia tertarik untuk menulis sebuah buku, pertama kali ia mencoba menulis dan mengirimkan ke penerbit pada tahun 2007.

Novel deuce menceritakan tentang namira, cewek ceria yang sering melakukan olahraga olahraga. karena kemarinnya namira harus kerja menjadi pengambil bola di lapangan teknis sampai ia bekerja larut malam. Karena itu tau ada cowok yang tidak senangi, membuat pekerjaan menjadi sangat berat baginya. Cowok itu bernama kafi, anak pemilik lapangan tenis dimana tempat namira bekerja. Kafi sangat sebel dengan sikap namira yang sangat cuek terhadap Anda. selain itu kafi punya alasan khusus untuk menyukai arogan kepada namira. Selain itu ada juga cowok yang satu kelas dengan namira yaitu aksan, ketua kelas yang sangat ketus tetapi di sisi lain ia juga sangat baik.

Dari ceritanya kira-kira begitulah. Taukan kenapa kafi dan aksan sama-sama nyebelin ke namira? Karena dia suka sama satu orang yang sama yaitu namira. Yah begitulah namanya juga cinta segitiga dengan dua cowok satu cewek adalah kiasan yang aku suka. Pasti galau nunggu akhir dari cinta segitiga. siapa ya yang di pilih oleh namira? Apakah namira tidak akan memilihnya, karena namira harus fokus dengan pekerjaan. Novel ini tidak hanya menceritakan cinta segitiga, lebih utama tentang masalah murid yang ada di sekolahan dan seorang guru tetapi untuk mengatasi masalah tersebut. Menurutku sendiri, masalah yang ada di sekoah bengitu ruwet. Cerita ini seperti di ambil dari ke hidupan sehari-hari dan di buat cerita oleh penulis.

Dari cerita ini saya sangat suka dengan kata bahasa yang mudah dicapai, sampai saya membaca cerita novel ini hanya membutuhkan waktu 10 jam saja, untuk membaca sampai selesai. Bagaimana tidak cepat, saya berharap bengitu menghayati sampai lupa makan. ha ha terus bahasa yang di pakai ringan dan mengalir banget gitu. Menurut masalah itu sendiri, sangat sederhana sih, ceritanya tidak begitu mudah digambarkan.

Masalah dari cerita ini sebenarnya biasa saja, gak begitu spesial. Untuk garis besarnya, seorang guru wali kelas yang bernama pak alan. Ia membantu muridnya yang tidak akur sebelumnya untuk akur lagi, dan pak alan ingin membntu muridnya untuk menggapai cita-cita. Pak alan sangat ingin membantu namira, tapi selain namira pak alan juga memiliki anak laki-laki yang bercita-cita menjadi pilot, tapi sayang sekali tidak jadi. Namira memiliki dua orang sahabat, aden dan mey. Selain itu ceritanya ambil dari kehidupan sehari-hari.

Menurutku masalah yang love triglenya terkesan kurang. Seorang aksan yang selalu muncul bila bingung mencari namira yang selalu bolos olahraga olahraga. bila kafi muncul setiap ada di lapangan tenis tempat amira bekerja. Di kemudian hari semua masalah selesai, secara perlahan-lahan dan bengitu indah.

Tentang karakter dari namira sama seperti cerita nagra dan aru, karakter namira sama seperti aru. Sama-sama petakilan, ceria, dan rambut yang pendek? Soalnya di kover ada cewek duduk di lapangan dengan mengang bola tenis, pendek memakai topi, dan tubuh tidak begitu terlihat bertubuh pendek. Bedanya dengan aru ,sangat receh banget sementara namira biasa saja orangnya, tapi selera humornya lumanya.

Sebenarnya aksan dan kafi sama-sama ikutan jadi pemeran utama juga, saya rasa lebih menarik bila menjadi figura pemanis saja dari kisah cinta masa remaja namira. Membuat namira susah, tanpa ada peran dan karakter yang bermakna. Seperti menceritakan semua tentang namira saja di dalamnya. Dan ending dari cerita tersebut, adalah bagian yang dimana aku tidak suka karena endingnya membosankan sekali, dan tidak menyelesaikan masalah sampai selesai.

Sedangkan, dari isi cerita dan gaya berceritanya tidak bisa di ragukan lagi, mendekati kata sempurna. Ceritanya sangat sederhan seperti pemeran utamanya yang bukan anak orang kaya. Namira itu orangnya sangat sederhana dan sederhana, bahkan bisa di katakana karena berusaha membantu ekonomi keluarga walaupun sedang fokus untuk sekali. Ia mencoba untuk menjadi orang yang lebih dewasa dari bermain saja. Gaya dari cerita tidak diragukan lagi. Sangat kocak, ditambah dengan cerita beberapa komikal di novel ini membuat semakin berkuaitas. Akhir dari kata, cerita ini di rekomendasikan untuk dibacakan karena cerita tidak biasa dan gaya berceritanya penulis yang asli akan mengocok perutnya sampai sakit.

Pratinjau:

Nama : Novita sari

Mahasiswa : Universitas Muhammadiyah Malang

[ : Ilmu Kesehatan

Prodi : S1 Farmasi

Dosen pembimbing : Dr. Daroe Iswatiningsi, M.Si.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image