Bolehkan Muslimah Memakai Skincare?

Image
Azmatul Alyaa
Gaya Hidup | Monday, 08 Aug 2022, 23:22 WIB

Belakangan ini Skincare menjadi topik perbincangan hangat ditengah para wanita. Namun sebenarnya apa sih skincare itu? Skincare merupakan serangkaian perawatan kulit yang dapat mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Maka tujuan dari penggunaan skincare agar sel- sel kulit senantiasa sehat dan terawat dengan baik.

Namun, apa seorang muslimah boleh memakai skincare? Islam merupakan agama yang sempurna dan indah, salah satu bentuk kesempurnaan dan keindahaan Islam adalah bagaimana Islam tidak hanya mengatur aspek-aspek yang berkaitan dengan peribadatan (ubudiyah) namun juga aspek-aspek lain yang bersifat kemanusiaan (insaniyah). Islam sangat memperhatikan masalah kesehatan bagi umat sebagai sarana penunjang dalam peribadatan kepada Allah SWT. Inti dari kesehatan itu sendiri sebenarnya bermuara pada bagaimana Islam mengatur pentingnya menjaga kebersihan, baik bagi diri sendiri, sesama maupun lingkungan sekitar.

Dalam sebuah riwayat Hadits. Abu Darda berkata, “Ya Rasulullah, jika saya sembuh da­ri sakit saya dan bersyukur karenanya, apakah itu lebih baik daripada saya sakit dan menanggungnya dengan sabar?” Nabi saw menjawab, “Sesungguhnya Rasul mencintai kesehatan sama seperti engkau juga menyenanginya.”. Begitulah sempurna dan Indahnya Islam.

Merawat kebersihan kulit menjadi bagian penting dari personal hygien, ini dikarenakan kulit merupakan salah satu organ tubuh yang terbesar dan paling nampak. Kita kenal aktifitas berwudhu dalam islam, selain merupakan sunnah Nabi dan Syarat sah Sholat juga merawat kebersihan kulit dari paparan sinar matahari.

Sejatinya Allah SWT telah menciptakan kulit manusia dengan sangat sempurna. Kulit memiliki skin barrier atau proteksi kulit (stratum corneum) bagian kulit terluar manusia yang berperan melindungi lapisan kulit manusia dari berbagai faktor seperti melindungi kulit dari polusi. Infeksi bakteri, zat berbahaya, paparan sinar UV, bahkan gesekan secara langsung. Selain itu juga memiliki peran untuk menjaga kelembapan kulit. Maka kunci kualitas kulit manusia ini ada pada skin barrier ini, jika terganggu maka masalah kesehatan kulit akan lebih mudah menyerang. Seperti jerawat, ruam, iritasi, dan masalah kesehatan kulit lainnya.

Oleh karena itu, melakukan perawatan kulit bisa menjadi bagian Ibadah jika niat nya lurus dan tidak berlebihan atau kita kenal dalam islam dengan sifat tabdzir maupun tabarruj. Maka yuk, niatkan memakai skincare ini sebagai bagian dari ikhtiar untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta merawat kulit. Ingat jangan sampai penggunaan skincare ini menjadi ladang dosa bagi kita karena sifat tabarruj tersebut, Naudzubillahimindzalik.

Maka Yuk Muslimah kita evaluasi niat, Insya Allah niat kita menjaga kecantikan ini semata-mata untuk meraih ridho Allah dan sarana kita bersyukur atas Karunia yang Allah SWT berikan kepada kita. Teliti dan hati-hatilah dalam meimilih produk skincare, pastikan yang aman, sehat dan pastinya Halal. Karena jika produk yang kita gunakan tidak sesuai syariat, khawatir akan berpengaruh pada kualitas iman dan ibadah kita.

Wallahualam Bishwab, Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari hal-hal yang tidak baik dan selalu menjaga keistiqamahn niat dan hati kita, Aamiin.

#SkincareHalal #KosmetikHalal #Muslimah #Halalismyway

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Perkuat softskills dan hardskills mahasiswa, Uhamka laksanakan kuliah umum tahun ajaran 2022-2023

Image

Sambut 33 Taruna Poltekip 53 Gelombang 3, Rajawali Lapas Karanganyar berikan Pengarahan

Image

Saka Taruna Bumi Lapas Pemuda Plantungan Sebagai Sarana pembinaan WBP

Image

Apel Pagi, Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ingatkan Pentingnya Jaga Integritas

Image

Ilmu Komunikasi Umsida Asah Kesiapan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Uji Kompetensi Profesi

Image

5 Rekomendasi Restoran dengan Pemandangan Terindah di Sentul, Bogor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image