Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Semangat Ku

Minuman Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Kuliner | Monday, 08 Aug 2022, 15:18 WIB

Berburu kuliner di bulan puasa memang paling asyik, sebab banyak kuliner spesial yang hanya di jual di bulan puasa saja, seperti kolak dan lainnya. Bukan hanya kolak, makanan dan minuman di bulan puasa begitu banyak yang bikin air liur menetes.

Seolah seribu satu macam menu ada dan di ada - adain deh di bulan puasa ini. Jajanan biasanya berjejer mulai dari kaki lima di pinggir jalan sampai cafe dan restoran gedean saat menjelang berbuka. Jangan heran jika semua jajanan laku di jajakan di pasaran baik yang di pinggir kaki lima sampai kedai di mall ternama.

Fenomena menarik lainnya di bulan puasa, semua bisa jadi penjual makanan dadakan di bulan ini. Omzet yang di hasilkan bisa menggiurkan. Tahu kenapa? Karena orang yang puasa ternyata lebih konsumtif di bulan suci ramadhan ini. Semua bisa di beli, salah satu contohnya makanan.

Berkah di bulan puasa, kamu bisa lihat banyak penjual jajanan dadakan bisa untung banget di bulan puasa ini karena ada kamu yang doyan jajan. Nah, kamu yang mana? Menjadi penjual jajanan dadakan ataukah pecinta kuliner yang doyan jajan? Hayo!

Uniknya umat muslim Indonesia mempunyai tradisi yang mengakar sendiri saat bulan suci datang ini. Yaitu, ngabuburit dan buka bareng alias bukber baik itu bersama keluarga, teman maupun rekan kerja sekantor. Tradisi yang hanya datang selama sebulan dan setahun sekali ini, makin meramaikan acara berpuasa kita di Indonesia ini.

Ngabuburit enaknya nongkrong di cafe atau tempat hangout sambil menunggu buka puasa. Waktu ngabuburit juga banyak di manfaatkan orang untuk berburu ta’jil alias makanan atau minuman berbuka puasa.

Menahan lapar dan haus seharian kadang bisa jadi terasa berat bagi sebagian orang, kondisi ini membuat orang lapar mata dan lapar beneran saat melihat jajanan yang di jual begitu menggugah selera alias menggiurkan. Tak perlu menutup mata, berburu kuliner yang jarang terjadi ini bisa anda manfaatkan dengan baik.

Saat haus dan tenggorokan mulai kering, mungkin kamu membayangkan minuman segar dan dingin yang dapat menyegarkan tenggorokan saat berbuka nanti. Jika kamu sedang di rumah dan ingin membuat sendiri minuman yang cocok buat buka puasa ala rumahan, kamu harus punya referensinya nih Hooq.id telah menyiapkan Menu atau referensi minuman di bawah ini contohnya, kira - kira hari ini mau berbuka dengan apa ya?

Sumber : BP GUIDE

Es Milo Kepal

Jajanan es yang satu ini memang lagi ngehits dan viral beberapa waktu yang lalu. Es milo kepal pada dasarnya terbuat dari es serut yang di kepal oleh sebuah wadah bundar. Sebagai topping, es milo kepal di tambahi susu milo yang di campur susu kental manis dengan tambahan topping biskuit, cokelat, oreo dan topping lainnya sesuai selera.

Tentunya es milo kepal yang manis menyegarkan ini patut di coba sebagai makanan pembuka alias appetizer saat buka puasa nantinya. Jajanan ini banyak di jual di stand minuman seperti depan indomart atau alfamart. Di bulan puasa, penjual es milo kepal bakal menjamur 3 kali lipat dari bulan lainnya. So, kamu gak usah khawatir untuk mencarinya, namun bila kamu senang membuatnya di rumah sendiri, kenapa tidak! Mudah sekali membuatnya, kamu tinggal mencari resepnya.

Es Pisang Ijo

Jajanan es memang banyak dan laku di buru saat bulan puasa. Betapa tidak, sehabis seharian berpuasa tentu akan enak berbuka dengan yang dingin dan menyegarkan di tenggorokan plus mengenyangkan perut.

Es pisang ijo merupakan pisang yang di selimuti dan di gulung oleh tepung manis berwarna hijau dan di padukan dengan es cocopandan, susu,kacang dan agar - agar. Sore hari saat ngabuburit, jangan lupa memasukan kuliner ini ke daftar berburu ta’jil kamu.

Es Cendol Nangka Alpukat

Es cendol jajanan yang terbuat dari tepung beras dengan di campur gula merah ini sudah biasa kita santap kapanpun tak hanya di bulan puasa. Namun, saat berpuasa begini, hasrat ingin menyantapnya menjadi berkali lipat. Betapa tidak, manis menyegarkan disertai dinginnya es batu melesak ke tenggorokan bikin buka puasamu puas dan semangat.

Apalagi di tambah nangka dan alpukat yang dapat menggugah selera. Di tambah santan yang sedap, bikin ngiler lagi deh! Kamu yang lagi puasa, wajib banget mencobanya karena serasa ada yang kurang jika melewatkan minuman ini di bulan puasa, ya kan!

Wedang Ronde

Tak hanya es, minuman yang cocok untuk buka puasa juga bisa lho minuman hangat yang dapat menghangatkan dan menyegarkan badan. Apalagi kalau bukan wedang ronde. Asal muasal dari Yogyakarta, minuman yang satu ini banyak penikmatnya seantero nusantara. Minuman hangat yang cocok di kala cuaca dingin.

Terbuat dari air jahe hangat yang manis pedas di tambah butiran - butiran ronde isi kacang yang lezat dan gurih, membuat lidah lumer. Tak hanya ronde, penambahan topping juga bisa berupa sagu mutiara yang kenyal, kolang - kaling ataupun roti tawar.

Jadi, tak melulu minuman dingin sebagai menu berbuka, yang hangat pun oke banget.

Sop Buah Durian

Siapa yang tidak suka durian? Pecinta durian tentu bisa membayangkan bau buah durian yang harum dan daging buahnya yang legit. Apalagi durian yang kamu favoritkan ini, di jadikan sop buah durian. Yum!

Daging buah durian di campur es serut dan susu kental manis tentu akan sangat nikmat di lidah. Saat puasa begini, jangan sampai ngiler ya.

Sop buah durian ini enaknya di makan saat berbuka langsung santap. Dingin dan menyegarkan. Di pasaran, harga sop buah durian ini di banderol seharga Rp. 20.000 ke atas tergantung jenis durian yang di pakai untuk membuat sop durian ini, sangat terjangkau bukan untuk kudapan nikmat ini.

Es Tape Ketan Hitam

Es yang satu ini mempunyai nama yang berbeda di setiap daerahnya. Tapi pada dasarnya, campuran tape dan ketan hitam adalah bahan dasar wajib untuk membuat minuman es ini.

Bisa dengan topping roti tawar dan agar - agar sesuai selera. Manis, asem dan legit barangkali cita rasa yang melekat pada minuman yang satu ini. Cocok untuk menjadi menu berbuka puasa sebagai ganti menu lainnya jika sudah bosan dengan yang biasa.

Es Kelapa Muda

Es kelapa muda mungkin menjadi minuman terlaris di saat bulan puasa. Membayangkan minum es kelapa muda saat setelah menahan dahaga seharian, pastinya menyegarkan. Apalagi meminum air kelapa muda di tambah es batu, segernya dobel.

Mango Float

Mango float juga bisa di kenal dengan King Mango. Minuman all about mango ini lagi viral banget belakangan. Buah mangga yang di jus ditambah es serut dan krim float yang nikmat, juga masih di tambah potongan buah mangga lagi. Manis dan segar di mulut.

Mango float kini banyak di jual oleh semua kalangan. Tak hanya bisa menemukannya di food court dan cafe di mall besar, kamu bisa menemukannya di kaki lima. Rasanya juga tak kalah bintang lima.

Thai Tea

Bosan berbuka dengan teh manis, kamu bisa mencoba Thai Tea yang kekinian. Saat ini, minuman teh yang di mix dengan susu dan rasa lainnya lagi hits banget. Thai Tea sejarahnya berasal dari teh yang terkenal dari Thailand.

Di perkenalkan ke Indonesia baru - baru ini yang langsung menjadi viral dan kekinian. Konon teh ini adalah teh Ceylon yang berasal dari negeri Thailand sana. Kaya akan rempah dan sedikit berbau tajam. Thai Tea yang asli banyak di jual di cafe dan kedai minuman di mall.

Namun sekarang Thai Tea menjamur di kalangan kaki lima. Jadi, para penikmat teh bisa mencoba minuman ini untuk berbuka alih - alih hanya minum teh manis biasa.

Es Cokelat yang Nyokelat

Mau yang lumer - lumer di mulut? Jangan di kira milkshake ya, es cokelat memang terbuat dari cokelat melulu. Mulai dari jus nya, sampai toppingnya di kasih cokelat yang super banyak. Bukan sembarang cokelat, tapi cokelat premium yang menjadi bahan utamanya.

Cokelat lumer tidak melulu harus di sajikan hangat seperti kopi, tapi masa kekinian cokelat juga nikmat di jadikan minuman dingin nan nikmat. Pas banget buat buka puasa setelah seharian menahan kering tenggorokan.

Sop Buah

Sop buah marak di jual saat bulan puasa. Paduan mix berbagai macam buah di potong dan di campurkan dengan es susu dan agar - agar ini masih menjadi nomor satu terlaris bagi para pecinta minuman ini.

Buah - buahan yang biasa di campurkan pada minuman ini biasanya adalah alpukat, durian, anggur, apel. Semangka, kelapa muda dan lain - lain. Seger ya! Cocok banget bagi kamu yang ingin menyantap buah sekaligus es yang dingin saat berbuka.

Es Krim Cingcau

Cingcau biasanya di makan untuk mengobati panas dalam, tentunya cocok bagi kamu yang ingin berbuka puasa dengan minuman yang dapat membuat tenggorokan dan perut adem.

Es cingcau ada yang hijau dan hitam, tinggal pilih sesuai selera. Sekarang es cingcau tidak hanya di tambah dengan kinca gula merah dan santan kelapa saja, tapi juga di tambahi dengan secentong es krim vanilla ataupun rasa kopyor. Sedap bukan! Apalagi di santap saat berbuka.

Berburu kuliner di bulan puasa sah - sah saja di lakukan, tapi jangan sampai lupa diri bahwa berpuasa menahan lapar dan haus bukan untuk berlebih - lebihan saat berbuka. Alasan kesehatan tentunya menjadi alasan utama.

Menu minuman - minuman di atas perlu di perhatikan kadar gulanya ya, Sob. Jangan sampai satu bulan ini kamu kemanisan, alias terkena diabetes karena mengkonsumsi gula berlebih selama bulan puasa. Puasa memang menyehatkan, makanya jangan sampai di sia - siakan dengan gula jahat yang menggoda. Minuman di atas memang sedap, alangkah lebih sedapnya kamu bikin di rumah sendiri. Tentunya lebih sehat, dan lebih enak. Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image