Apa itu Cetak Offset dan Keunggulannya

Image
Ahmad Rifa'i
Bisnis | Monday, 08 Aug 2022, 14:15 WIB

Cetak offset adalah salah satu dari berbagai teknik pencetakan yang banyak dipilih oleh masyarakat, terutama oleh perusahaan dan organisasi. Hal ini memang karena berbagai keunggulan yang dimiliki oleh percetakan offset itu sendiri. Terlebih lagi, saat ini Anda juga dapat menemukan banyak printer yang menawarkan layanan ini.

Apa Itu Percetakan Offset dan Keunggulannya?

Mengenal Cetak Offset

Teknik offset adalah salah satu teknik pencetakan yang paling umum digunakan. Dengan metode offset, material yang ingin dipindahkan dari pelat ke lapisan karet, lalu ke permukaan material. Proses offset menggunakan tinta basah dan membutuhkan proses pengeringan setelah proses pencetakan berlangsung.

Offset digunakan untuk mencetak dalam skala/kuantitas besar. Di antara semua teknik pencetakan, offset bisa dibilang yang paling ekonomis, berkualitas tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk pencetakan dalam skala besar.

Kelebihan teknik cetak offset :

Dapat mencetak dalam jumlah banyak di atas jumlah lembar, sehingga jumlah yang dicetak akan bertambah, sehingga harga per lembar akan lebih murah.

Dapat mencetak di atas kertas dengan tekstur kasar dan kertas gramatur tebal hingga 300 gsm. Ukuran kertas yang digunakan bisa lebih besar dari A1 atau A0.

Anda dapat mencetak dalam warna khusus seperti emas atau perak serta warna stabilo.

Kekurangan cetak offset:

Waktu produksi yang dibutuhkan lebih lama karena membutuhkan proses pembuatan film, pembuatan plat cetak dan setting tinta pada mesin. Selain itu, karena tinta yang digunakan adalah tinta, maka diperlukan waktu untuk proses pengeringannya.

Ada banyak sampah selama proses pengaturan warna, sehingga tidak ramah lingkungan.

Proses Teknik Cetak Offset

Dalam prosesnya, desain yang sudah jadi dibakar di atas pelat aluminium dengan tinta basah. Warna dasar yang digunakan adalah CMYK yang merupakan singkatan dari Cyan (biru), Magenta (merah), Yellow (kuning), Black (hitam) dan warna branded khusus.

Pada gambar di bawah, pelat aluminium yang berisi desain tercetak pertama-tama akan dipindahkan ke pelat offset yang merupakan lapisan karet atau selimut karet. Selanjutnya, karet blanket akan digulung ke media cetak yang diinginkan, misalnya kertas. Aliran transfer tinta dari pelat karet ke media ini disebut offset.

Cetak offset disebut juga lithography atau cetak datar karena posisi antara permukaan media yang mencetak dan permukaan bagian yang tidak dicetak sama tingginya. Prinsip yang digunakan dalam teknik cetak offset adalah prinsip bahwa minyak dan air tidak dapat dicampur.

Prosesnya berupa menolak air dan tinta, dimana bagian yang tidak mencetak akan menarik air untuk mengusir tinta, sedangkan bagian yang mencetak tinta akan menarik air untuk menolak. Karena melibatkan tinta basah, maka proses pengeringannya juga membutuhkan waktu yang lama hingga berhari-hari untuk memastikan tinta pada media benar-benar kering.

Cetak Offset sangat cocok untuk mencetak dalam skala besar atau kuantitas karena biaya yang sangat ekonomis. Di antara hasil cetakan lainnya, cetak offset memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk pencetakan dalam skala besar.

Keunngulan dari Pencetakan Offset

Ukuran kertas tidak terbatas.

Dengan ukuran kertas yang seolah tak terbatas, Anda juga bisa memesan cetakan untuk berbagai jenis barang dalam berbagai ukuran yang Anda inginkan. Ini bisa dibilang keunggulan utama dari jasa cetak offset.

Detail beton yang optimal.

Saat Anda melakukan pemesanan, Anda sudah memiliki desain yang akan dicetak pada media tertentu, seperti kertas. Nah, salah satu keunggulan cetak offset adalah ragam detail desain yang bisa dioptimalkan.

Hasil cetakan tahan lama.

Tentunya Anda ingin beton yang Anda buat tidak luntur atau pudar dan bisa bertahan lama bukan? Dengan pencetakan offset, ini sama sekali tidak diharapkan. Bahkan, keindahan hasil cetak akan tetap terjaga, bahkan dalam jangka panjang sekalipun. Salah satu hasilnya adalah kualitas hasil cetakan yang tidak mudah pudar.

Jenis kertas tidak terbatas untuk pencetakan.

Bukan hanya ukuran kertasnya saja yang tidak ada batasnya, jenis kertasnya sendiri juga sangat bervariasi. Jadi, Anda bisa dengan jelas mendapatkan cetakan yang berkualitas 100% dan tahan lama, terlepas dari jenis kertas yang digunakan atau ketebalannya.

Lebih terjangkau untuk mencetak dalam skala yang besar.

Memang cetak offset sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mencetak dalam jumlah banyak. Sebab, maka harga piring akan relatif lebih terjangkau. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak organisasi atau perusahaan memilih untuk memanfaatkan jasa cetak offset ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mencari Pemimpin Visioner PMII Cabang Tangerang

Image

Kuliah Kerja Profesi untuk Mendukung Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Indsutri

Image

Bersiaplah Menyambut Hiruk Pikuk Pesta Demokrasi

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image