Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chella

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Info Terkini | Monday, 08 Aug 2022, 12:08 WIB
kesehatan mental" />
jenis gangguan mental, sumber: kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental (mental health) sudah semestinya menjadi prioritas semua orang. Ini merupakan bagian penting untuk tetap waras dalam menjalani kehidupan yang penuh hiruk pikuk. Bagi Anda yang mungkin sedang merasakan sesuatu yang salah dalam diri, apakah itu kecewa, takut, mudah bosan, overthinking, stress, dan lainnya, itu mungkin gejala awal gangguan kesehatan mental. Namun jangan khawatir, 5 tips menjaga dan meningkatkan kesehatan mental berikut ini dapat membantu Anda.

1. Makan dengan baik

Makan makanan bergizi yang seimbang dan mengurangi alkohol serta obat-obatan. Semakin banyak penelitian yang keluar pada tahun yang mengaitkan diet dengan kesehatan mental seseorang. Pola makan yang buruk dan makan yang tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda, yang pada gilirannya berdampak negatif pada kesehatan mental. Namun, makanan yang tidak sehat itu sendiri juga secara langsung membuat Anda merasa lebih buruk.

Makan makanan yang sehat dan seimbang seperti yang mengandung lemak, serat, dan nutrisi dapat membantu mengelola tingkat stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan berdampak positif pada kemampuan Anda untuk lebih berkonsentrasi. Selain itu, kunci meningkatkan mental health lainnya adalah dengan mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi alkohol apalagi narkoba. Kedua zat ini sangat berbahaya dan dapat memengaruhi kinerja otak, merusak kemampuan berpikir, dan berakibat fatal seperti membuat keputusan yang tidak waras.

2. Tidur yang cukup

Lakukan upaya bersama untuk tidur secara teratur. Tidur biasanya dikaitkan dengan sejumlah konsekuensi terkait kesehatan fisik dan Kesehatan mental. Sementara pelbagai masalah psikologis atau kejiwaan sering menyebabkan gangguan tidur, tidur yang tidak cukup juga dapat memperburuk kondisi masalah yang sudah ada, seperti depresi, stres dan kecemasan. Oleh karena itu, mendapatkan jam tidur yang cukup secara konsisten adalah strategi terbaik untuk menjalani kehidupan yang sehat dan pada akhirnya akan meningkatkan mental health Anda.

3. Tetap aktif

Berkomitmen untuk membentuk latihan secara teratur. Untuk tetap aktif, cara paling bagus adalah dengan olahraga. Sama seperti diet dan tidur, olahraga berdampak positif pada tubuh dan pikiran. Tetap aktif, baik itu olahraga, berjalan-jalan, yoga, berlatih ke gym, atau berlari-lari kecil, akan membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan seseorang, serta membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda. Selain berbasis fisik, Anda juga bisa mengaktifkan otak, misalnya seperti membaca buku. Jangan biarkan diri Anda kosong, baik dari segi pikiran maupun fisik, sehingga itu memicu rasa malas dan pada akhirnya mood akan lebih buruk dan mengganggu Kesehatan mental.

4. Batasi penggunaan media social

Kurangi jumlah penggunaan dan konsumsi media sosial setiap hari. Banyak orang yang menganggap diri mereka tidak kecanduan media sosial atau smartphone, tetapi seringkali jauh lebih sulit untuk mengurangi konsumsi tersebut. Pengguaan media sosial yang berlebihan dan berkepanjangan akan memberikan dampak negatif pada emosi dan konsentrasi Anda, apalagi yang Anda lakukan tidak berhubungan dengan pekerjaan atau sesuatu yang produktif. Berikut beberapa saran khusus untuk membantu Anda mengurangi ketergantungan terhadap media social dan smartphone:

Jauhkan ponsel dari kamar tidur sehingga itu bukan hal terakhir yang mesti diperiksa sebelum tidur atau hal pertama yang ingin dilihat di pagi hari.Jangan gunakan ponsel setengah jam sebelum tidur atau setengah jam pertama sejak bangun tidur.Letakkan ponsel di meja lain selama waktu makan di mana Anda benar-benar tidak dapat mencapainya.Cobalah menantang diri Anda untuk pergi sepanjang hari tanpa harus memeriksa media sosial.

Setelah itu, Anda akan merasakan sesuatu yang lebih baik untuk emosi dan Kesehatan mental Anda. Anda mungkin akan mendapatkan lebih banyak ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk media sosial.

5. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Ada banyak sekali hal-hal yang dapat menjadi mood booster. Setiap orang mungkin punya pilihan berbeda, tetapi itu bukan masalah. Yang penting, lakukan sesuatu yang bisa membuat Anda senang, bahagia, atau merasa bergairah, selagi itu bukan sesuatu yang negatif dan dilarang. Beberapa contoh misalnya, berkunjung ke rumah teman, mendengarkan musik, menonton film, belajar sesuatu yang baru, traveling, dan banyak lagi. Pada akhirnya, rasa senang yang Anda ciptakan akan menekan rasa stres dalam hidup, dan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mental (mental health).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image