Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Rochmad

Berapakah Harga Kayu Jati Per Kubik? Berikut Detailnya

Bisnis | Sunday, 07 Aug 2022, 23:14 WIB
foto by Thekarimun.com

Kayu jati sekarang menjadi salah satu elemen yang orang banyak menggunakannya untuk pembuatan berbagai furniture. Mulai dari pintu, meja, kursi, dan lainya. Untuk itulah tidak sedikit orang yang mulai mencari tahu berapa harga kayu jati per kubik saat ini.

Mengetahui Harga Kayu Jati Per Kubik

Para produsen Furniture sangat senang menggunakan kayu jati karena memiliki sifat yang fleksibel. Memotong atau Mengukir jenis ini sangatlah mudah, tidak heran bila sekarang dapat menjadi bahan utama setiap item dalam rumah seperti mebel, daun pintu, sampai perkakas bangunan.

Kayu jati juga memiliki stigma di masyarakat sebagai salah satu jenis kayu paling awet. Hal ini sangat berpengaruh pada harga nya. Sebagai akibatnya, bila Anda ingin memiliki Furniture berbahan kayu jati bersiaplah untuk mengeluarkan uang lebih banyak.

Harga kayu jati per kubik bisa dikatakan sangat tinggi. Ukuran Kayu Jati A1 dengan panjang 1 – 1,90 meter / diameter 16- 19 cm saja memiliki banderol kurang lebih Rp.2,6 juta – Rp.3,9 juta. Sedangkan Ukuran A4 panjang 1 – 1,90 meter diameter 40-49 cm berkisar Rp.10 juta – Rp.12 juta.

Alasan Dibalik Harga Mahal Kayu Jati

Indonesia menjadi salah satu negara beriklim tropis sehingga kayu jati sangat mudah tumbuh di area ini. Meskipun menjadi salah satu negara penghasil kayu jati terbaik. Lalu kenapa harganya sangat mahal ? berikut beberapa alasannya :

1. Punya Kekuatan Di Atas rata rata

Memiliki kekuatan yang bisa tahan dari pengaruh cuaca seperti, panas dan hujan ekstrim menjadi faktor penting kenapa kayu jati sangat mahal. Hampir semua industri mebel menjadikan kayu ini sebagai bahan utama dalam pembuatan produknya.

Kayu jati juga bisa menjadi berbagai benda penting selain untuk Furniture, misal nya seperti bahan untuk pembuatan lantai decking atau teras rumah. Penggunaan kayu jati untuk berbagai olahan ini jelas sangat kokoh dan kuat.

2. Memiliki Ketahanan Jangka Panjang

Untuk pemakaian jangka panjang, maka pemilihan bahan dari kayu jati adalah pilihan paling cerdas, Anda tak dapat memungkiri pada hebatnya jenis kayu ini untuk pemakaian jangka panjang baik itu Furniture atau bangunan sebuah hunian.

Faktor ini juga membuat kayu jati memiliki banderol sangat tinggi. Dia tidak mudah lapuk dan berubah bentuk akibat terkena cuaca ekstrim sekalipun. Apalagi hewan seperti rayap sangat tidak senang dengan bau dari kayu ini sehingga anti rayap.

3. Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi

Nilai estetika yang ada pada kayu jati ini sangatlah tinggi, sejalan dengan ini maka harganya pun menjadi mahal. Kayu jati punya nilai dekoratif menarik dari jenis lain. Hal tersebut sangat berdampak pada banderolnya.

Mirip dengan pintu kupu tarung minimalis modern, kehalusan tekstur dan keindahan warna pada kayu jati juga sangat bagus, untuk itulah dia memiliki kesan dan nuansa mewah. Produk produk berkualitas sangat identik dengan kayu jati saat ini.

4. Dapat Memprosesnya dengan Mudah

Kayu jati menjadi salah satu jenis kayu yang sangat mudah untuk memotong atau mengukirnya. Para pengrajin pun sangat menyukai hal ini. Hingga kini, terbukti banyak sekali produk menarik yang berbahan dasar kayu jati.

Demikian informasi mengenai mengenai harga kayu jati per kubik yang perlu Anda ketahui. Memilih kayu jati sebagai salah satu bahan dasar untuk item item dalam rumah menjadi keputusan paling menarik dalam tujuan memberikan nuansa mewah. Sumber :https://thekarimun.com/pintu-kupu-tarung-minimalis-modern/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image