Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dinda Adilla

Tips Memilih Aplikasi Trading Saham untuk Pemula

Bisnis | Saturday, 06 Aug 2022, 22:29 WIB

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata pialang saham? Tentu akan ada pandangan yang sangat berbeda. Konglomerat, taipan, orang kaya dan memiliki modal milyaran mungkin adalah separuh gambaran yang bisa tersaji jika mendengar kata pialang saham.

Dalam trading saham, Anda tidak bisa bekerja sendiri. Namun dibantu oleh agen perwakilan dari sebuah perusahaan bernama pialang saham. Pialang saham ini melakukan transaksi jual beli saham atas perintah dari investor.

Namun, sebelum berurusan dengan broker saham, Anda harus memperhatikan banyak hal. Jadi Anda tidak akan terkena penipuan atau komisi dari broker yang sesuai. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih broker adalah sebagai berikut.

Pahami struktur modal broker

Mengetahui nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) perusahaan.

Anda bisa menggunakan broker plat merah. Yaitu pialang milik pemerintah.

Ketahui jumlah setoran awal. Besaran setoran awal bervariasi, mulai dari 10 juta rupiah – 50 juta rupiah.

Tahu berapa komisi transaksi. Untuk setiap transaksi, komisi rata-rata untuk pembelian saham adalah antara 0,1 – 0,3%. Sedangkan komisi untuk penjualan saham berkisar antara 0,2 – 0,4%.

Apakah broker memberikan rekomendasi khusus. Dalam arti tertentu, broker berfungsi sebagai penasihat. Ini berguna ketika Anda tidak dapat melakukan analisis saham sendiri.

Bagaimana transaksi sahamnya, jika ingin trading sendiri bisa mempertimbangkan broker yang menyediakan fasilitas online trading. Umumnya transaksi saham di semua perusahaan pialang dapat dilakukan di kantor pialang atau melalui telepon.

Memiliki platform perdagangan (perangkat lunak) sendiri. Pilih yang paling stabil, mudah dan nyaman untuk Anda gunakan. Setiap online trading saham biasanya dapat diunduh dari internet dan siap untuk Anda pasang di PC atau gadget Anda.

Pialang menyediakan data waktu nyata. Anda memerlukan data waktu nyata ini jika Anda ingin berdagang jangka pendek. Jika Anda seorang investor jangka panjang, kemungkinan besar Anda tidak memerlukan data waktu nyata ini.

Cek kelengkapan fitur, seperti informasi laporan keuangan, kelengkapan indikator riset saham, analisa teknikal, berita, dan lain-lain. Semakin lengkap fiturnya maka akan semakin mudah bagi Anda untuk memutuskan transaksi jual beli.

Carilah asal broker saham atau forex (perusahaan lokal atau asing), dan ketersediaan cabang di setiap daerah yang menunjukkan broker tersebut benar-benar berkembang dan bonafid.

Ini adalah panduan dalam memilih pialang saham, agar kita tidak menjadi korban penipuan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang menggiurkan keuntungan yang tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image