Investasikan Lebih Cerdas, Bukan Lebih Keras Dengan 3 Metode Ini

Image
Kirana Elizabeth
Bisnis | Saturday, 06 Aug 2022, 22:12 WIB

Berinvestasi tidak harus sulit. Sebenarnya, itu seharusnya tidak sulit — itu harus bermanfaat. Untungnya, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi investor yang lebih cerdas yang tidak mengharuskan Anda bekerja lebih keras.

Berikut adalah tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi lebih cerdas, bukan lebih keras.

1. Atur transfer otomatis

Salah satu cara terbaik untuk membuat investasi lebih mudah adalah dengan membuatnya otomatis. Memiliki uang yang dikirim langsung ke broker atau rekening pensiun Anda saat Anda dibayar dapat menghilangkan beberapa kerja keras dari investasi. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah membuka akun tempat Anda berinvestasi pada aplikasi trading forex dan membeli aset apa pun yang Anda minati; Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan transfer kapan pun Anda ingin berinvestasi.

Mengatur transfer otomatis pada saat yang sama saat Anda menerima pembayaran juga dapat memudahkan Anda karena Anda terbiasa untuk tidak “melihat” uang terlebih dahulu, dan Anda dapat menyesuaikannya. Misalnya, jika Anda dibayar $3.000 dua minggu sekali dan berencana untuk menginvestasikan 10% dari gaji Anda, transfer otomatis itu dapat dengan cepat membuat Anda terbiasa hidup dari $2.700 tanpa kehilangan $300 yang Anda investasikan.

2. Gunakan dana indeks

Meneliti dan berinvestasi di masing-masing perusahaan dapat menjadi tantangan dan memakan waktu. Itulah yang membuat dana indeks ideal bagi banyak investor. Dana indeks adalah jenis reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang disatukan untuk mencerminkan indeks pasar tertentu. Misalnya, S&P 500 terdiri dari 500 perusahaan AS terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Dana indeks S&P 500 terdiri dari dan melacak 500 perusahaan tersebut.

Karena dana indeks mengikuti indeks yang ditetapkan — apakah itu ukuran perusahaan, industri, misi sosial, dll. — dana tersebut dikelola secara pasif dan memiliki rasio pengeluaran yang rendah. Perbedaan dalam persentase yang tampaknya kecil mungkin tampak minimal, tetapi dapat dengan mudah bertambah hingga ribuan dalam jangka panjang.

Salah satu kunci keberhasilan investasi jangka panjang adalah diversifikasi; Anda tidak ingin kesuksesan (atau kejatuhan) portofolio Anda bergantung pada keberhasilan terlalu sedikit perusahaan. Dana indeks, contohnya seperti pada eToro yang tepat dapat memberikan diversifikasi instan karena Anda secara bersamaan berinvestasi di banyak perusahaan dengan satu pembelian. Memanfaatkan dana indeks dapat memastikan Anda berinvestasi di perusahaan di berbagai sektor, ukuran, dan bahkan potensi pertumbuhan.

3. Berinvestasi dalam akun yang diuntungkan pajak

Salah satu alasan utama untuk berinvestasi adalah memastikan Anda merasa nyaman secara finansial di masa pensiun. Untuk membantu dan mendorong investasi untuk masa pensiun, IRS memberikan peluang untuk akun yang diuntungkan pajak, seperti 401 (k), Roth IRA, dan IRA tradisional. Banyak orang menggunakan paket 401(k) karena ditawarkan melalui perusahaan mereka, dan mereka tidak perlu keluar dari jalan mereka untuk membuka akun. IRA, bagaimanapun, tidak terikat dengan majikan dan harus dibuka sendiri.

Meskipun kontribusi maksimum untuk Roth dan IRA tradisional adalah gabungan $6.000 ($7.000 jika Anda berusia 50 tahun atau lebih), memanfaatkannya dapat menghasilkan banyak waktu. Anda menyumbangkan uang setelah pajak ke dalam Roth IRA, dan sebagai imbalannya, uang Anda akan tumbuh dan bebas pajak, seperti pada Tradestation. Jika Anda melakukan investasi $6.000 dalam dana indeks S&P 500 di Roth IRA Anda, yang secara historis mengembalikan 10% setiap tahun, dan tidak pernah memberikan kontribusi lain, Anda akan mengumpulkan lebih dari $104.000 setelah 30 tahun — tanpa pajak terutang padanya.

Jadi bayangkan saja dampaknya jika Anda berkontribusi selama bertahun-tahun. Ada batas pendapatan untuk memenuhi syarat untuk berkontribusi pada Roth IRA, jadi jika Anda masih memenuhi syarat, itu demi kepentingan terbaik Anda.

Anda juga menyumbangkan uang setelah pajak ke dalam IRA tradisional, tetapi kontribusi Anda berpotensi dikurangkan dari penghasilan kena pajak Anda. Menurunkan penghasilan kena pajak Anda akan menghemat uang Anda di ujung depan (walaupun Anda harus membayar pajak saat Anda melakukan penarikan di masa pensiun).

Baik Roth dan IRA tradisional beroperasi seperti akun pialang biasa di mana Anda dapat membeli saham perusahaan tunggal atau ETF yang Anda inginkan. Alih-alih melakukan investasi di akun pialang, manfaatkan akun yang diuntungkan pajak terlebih dahulu dan kemudian kembali ke akun pialang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Jadwal Bola dan Liga Champions Malam Ini

Image

5 Rekomendasi Restoran Terbaik Untuk Menikmati Senja Di Jakarta

Image

PK Bapas Nusakambangan Laksanakan Asessment Pembinaan Bagi Narapidana Risiko Tinggi

Image

Lestarikan Ekosistem Mangrove, Mahasiswa Geografi UMP Tanam Bibit di Pantai Baros

Image

Sosialisasi Mengenai Syarat Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Temanggung

Image

Meskipun muslim bukan berarti memiliki ketenangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image