Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairil Fajrin

Ladies, Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Info Beasiswa Khusus Perempuan ini!

Sekolah | Friday, 05 Aug 2022, 16:44 WIB
Sumber: Pexels

Ladies, Mau Kuliah di Luar Negeri? Simak Info Beasiswa Khusus Perempuan ini!

Hallo perempuan-perempuan tangguh pejuang beasiswa, apakah kalian sudah mantap dengan kemampuan bahasa Inggris yang kalian miliki saat ini? Atau mungkin kalian masih bertarung dengan kegiatan pembelajaran bahasa Inggris? Tetap semangat ya, karena impian kalian sudah tinggal beberapa langkah lagi untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Jika kalian masih bingung mau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian, tetap semangat dan selektif dalam memilih tempat kursus bahasa Inggris. Saat ini sudah banyak tempat kursus bahasa Inggris yang bisa kalian temukan, baik offline maupun online. Walaupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, setidaknya biaya kursus bahasa Inggris kalian bisa terbayar dengan kemampuan yang akan kalian tingkatkan nantinya.

Nah bicara tentang kuliah ke luar negeri, hal ini merupakan kesempatan yang dapat didapatkan oleh siapa pun selama mau berusaha dan pintar dalam melihat peluang. Bagi para pejuang beasiswa luar negeri, penghujung tahun merupakan waktu emas untuk mengincar kuliah gratis! Karena biasanya banyak beasiswa yang dibuka saat itu, seperti beasiswa internasional yang ditujukan khusus untuk perempuan.

Buat kalian Ladies, jika kalian tertarik dengan isu perempuan dan kesetaraan gender, maka wajib mengetahui info beasiswa internasional untuk perempuan di bawah ini!

6 Beasiswa Khusus Perempuan

Sumber: Pexels

1. International Scholarship for Women (ISW)

Beasiswa ini disponsori oleh SheBegan Womem’s Magazine. Sejak tahun 1998 ISW telah memberikan beasiswa kepada wanita yang ingin melanjutkan pendidikan S1, S2, atau S3 di Amerika. Beasiswa ini memberikan beasiswa penuh bagi kandidatnya. Bagi kalian yang ingin mendapatkan beasiswa ini, periode pendaftarannya dibuka pada bulan April dan Desember setiap tahunnya.

Fasilitas yang bisa kalian dapatkan pada program beasiswa ini, yaitu: biaya hidup, buku dan kuliah, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Selain itu, persyaratan umum beasiswa ISW, yaitu: KTP, TOEFL/IELTS minimal 6, wajib kembali ke negara asal, dan sudah diterima/sedang kuliah di kampus Amerika.

Info pendaftaran beasiswa ini kunjungi situs resminya di: https://shebegan.com

2. American Association of University Women (AAUW)

American Association of University Women (AAUW) menawarkan beasiswa pendidikan bagi perempuan internasional yang ingin melanjutkan studi di jenjang S2 dan S3 di kampus-kampus di Amerika Serikat. Beasiswa AAUW memberikan tunjangan pendidikan sebesar $ 20,000 hingga $ 50,000 bagi para penerimanya. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada tanggal 1 Agustus hingga 15 November 2022 (deadline).

Persyaratan umum untuk bisa mendaftar pada program beasiswa ini, yaitu: warga negara Indonesia, telah memiliki gelar sarjana, dan memiliki nilai TOEFL iBT minimal 79 atau TOEFL PBT minimal 550. Info detail mengenai pendaftaran: bit.ly/BeasiswaAAUW

3. Google Women Techmakers Scholars Program

Beasiswa ini memberikan tunjangan pendidikan sebesar US$ 10,000 kepada wanita terpilih di seluruh dunia yang sedang berkuliah di bidang Ilmu dan Teknologi Komputer, baik tingkat sarjana maupun pascasarjana. Para penerima beasiswa juga akan diundang untung datang ke kantor regional Google. Seru bukan?!

Adapun persyaratan umum bagi kalian yang ingin apply beasiswa ini antara lain: memiliki prestasi akademik, merupakan mahasiswi yang berasal dari jurusan Computer Science atau Computer Engineering, dan mahasiswi aktif tahun pertama maupun tahun kedua di universitas yang terakreditasi. Info lengkap tentang pembukaan pendaftaran program beasiswa ini langsung aja cek di situs resminya: bit.ly/Google_Women.

4. FINCAD Women in Finance Scholarship

Beasiswa ini adalah program beasiswa yang ditujukan khusus bagi perempuan yang memiliki minat di bidang keuangan, capital markets, dan manajemen resiko keuangan. Beasiswa tahunan ini memberikan tunjangan dana sebesar US$ 20,000 kepada wanita yang sedang berkuliah finance baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana.

Bagi para ladies yang ingin mendapatkan beasiswa ini, kalian harus memenuhi persyaratan umum seperti: pengalaman kerja tidak lebih dari 10 tahun dan terdaftar sebagai Mahasiswi Finance S1/S2.

Periode pendaftaran untuk beasiswa ini biasanya dibuka rutin pada bulan Juni. Intip info lengkapnya di https://fincad.com/about.

5. Margaret McNamara Education Grants

Program beasiswa Margaret McNamara Education Grants ini menyediakan 25 slot penerima beasiswa di negara terpilih (termasuk Indonesia) untuk menempuh studi di Amerika, Kanada, Afrika Selatan, atau Amerika Latin. Beasiswa ini memberikan tunjangan biaya kuliah sebesar US$7,000 hingga US$15,000.

Selanjutnya persyaratan umum yang harus dipenuhi, yaitu: warga negara Indonesia, perempuan usia minimal 25 tahun, dan tidak berasosiasi dengan IMF, Bank Dunia, atau Inter-American Development Bank.

Pendaftaran program beasiswa ini biasanya dibuka rutin pada bulan September dan Januari. Informasi pendaftaran beasiswa: www.mmeg.org

6. Beasiswa Perdamaian Internasional PEO

Beasiswa dari PEO ini ditujukan kepada perempuan internasional yang mengambil studi pascasarjana di Amerika Serikat atau Kanada. Setiap tahunnya, PEO memberikan tunjangan pendidikan tunai sebesar US$ 12,500 kepada para penerima beasiswa.

Persyaratan umum beasiswa: bukan warga negara AS atau Kanada dan memenuhi persyaratan menjadi Mahasiswi Universitas Terakreditasi AS/Kanada.

Periode pendaftaran: 15 September 2022 - Deadline 15 Desember 2022

Link lengkap tentang program Beasiswa Perdamaian Internasional PEO: bit.ly/PEO_International

Oke Ladies, itulah tadi info beasiswa khusus perempuan bagi kalian yang sangat tertarik dan ingin mendukung serta peduli dengan isu-isu tentang perempuan dan kesetaraan gender. Selain itu, siapa pun berhak untuk mendapatkan beasiswa karena bagaimanapun untuk melanjutkan kuliah, terlebih kuliah di luar negeri pasti membutuhkan biaya yang tidak sama dengan biaya kursus bahasa Inggris. Tetap semangat dan semoga berhasil dalam mewujudkan impian kalian. Dan Ladies, keep moving on!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image