Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tasya Selena Ayu Nastiti

PENTINGNYA STUDI KAWASAN PADA MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL TERUTAMA PADA PERKEMBANGAN EKONOMI DA

Eduaksi | Thursday, 25 Nov 2021, 23:42 WIB

Kawasan sebuah studi yang memiliki keunikan dan filosofinya tersendiri untuk memahami Hubungan Internasional secara lebih global pada penerapan tiap teorinya. Alasan ini menjadikan pembelajaran terhadap suatu kawasan menjadi penting terutama pada mahasiswa HI agar tidak terpaku terhadap satu sudut pandang atau sebuah wilayah tertentu saja. Setiap kawasan yang ada memiliki satu permasalahan tersendiri yang pastinya berbeda, maka dari itu kita dapat belajar melatih bagaimana dalam memecahkan dan menganalisis suatu masalah melalui sebuah solusi sebagai bentuk atas penyelesaian permasalahan yang terjadi. Selain melakukan pendekatan yang ada didalam HI, mempelajari studi kawasan dapat membuat kita memperdalam ilmu baru terhadap kawasan itu sendiri mengenai bahasa, budaya, hingga pada struktur dari negara tersebut. Melalui pengenalan karakter suatu negara di kawasan yang ada, juga kita dapat pada pembelajaran kerjasama internasional maupun regional melalui studi kawasan ini. Baik dari segi ekonomi, politik, pendidikan, serta aspek luas lainnya yang memiliki hubungan dengan pembelajaran studi ini.

Dalam Hubungan Internasional dapat kita temukan relavansinya di studi kawasan ini. Berbagai teori HI yang sudah kita pelajari akan terlihat sempit secara ilmunya bila kita tidak mencoba mempraktekannya kepada sebuah wilayah atau kawasan. Studi kawasan membuat Hubungan Internasional menjadi lebih relevan dan memiliki keterkaitan dengan realitas diluar pembelajaran mengenai teori dan metodologi. Teori yang kita pelajari tidak akan bisa berkembang dengan baik bila tidak dipraktekkan dalam suatu kawasan serta menjadikan pembuktian suatu adanya teori atau metodologi tersebut menjadi lebih diperbaharui.

Melaui penjabaran diatas sudah dapat dibuktikan bagaimana pentingnya studi kawasan ini teruntuk mahasiswa HI dan bahkan menjadi studi yang wajib kita pelajari agar mengenal global lebih baik. Berbagai kawasan yang kita ketahui dan cukup penting untuk kita masukkan sebagai pembelajaran terhadap studi ini. Hal ini menjadikan semua kawasan yang ada menjadi prioritas bagi mahasiswa HI dalam menentukan pilihan kawasannya. Akan tetapi dapat kita kerucutkan kembali agar terbentuknya kawasan prioritas yang bisa kita pelajari terlebih dahulu dengan yang memiliki hubungan perkembangan ekonomi dan geopolitik Indonesia. Seperti kawasan Amerika Serikat dan Tiongkok. Kedua negara ini merupakan negara adidaya dengan perkembangan ekonominya yang maju dan memiliki pengaruh perekonomian secara global serta berperan dalam mengembangkan perekonomaian di negara-negara berkembang. China memiliki perkembangan ekonominya yang sangat pesat sejak negara dengan julukan Negeri Tirai Bambu tersebut melakukan reformasi ekonominya dengan sistim ekonomi liberal atau terbuka, yang kemudian sistim ini diteruskan hingga sekarang. Pesatnya perkembangan perekonomian China dengan peningkatan rata-rata 7% pertahunnya.Tidak jauh dari situ, bahkan kedua negara ini terlibat dalam rivalitas yang terciptanya perang dagang antar kedua negara adidaya tersebut. Rivalitas yang terjadi ialah pembentukan kebijakan tarif terhadap barang impor yang akan masuk pada masing-masing kedua negara tersebut.Perang dagang yang terjadi diantara kedunaya memberikan dampak secara nyata terhadap kestabilan negara keanggotaan ASEAN.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image