Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image WISNU WIRAYUDHA WIBOWO

Pentingnya Pengembangan Studi Kawasan Untuk Indonesia

Eduaksi | Thursday, 25 Nov 2021, 18:09 WIB

Studi kawasan ialah sebuah kajian di Hubungan Internasional yang mempelajari suatu wilayah ataupun negara dengan melihat berbagai unsur didalamnya. Setiap kawasan memiliki nilai dan cara pandang di dalam dunia internasional. Mengapa Indonesia perlu mengembangkan fokus dalam studi kawasan? Menurut saya, Indonesia sangat perlu mengembangkan fokus studi kawasan karena dengan Indonesia fokus di dalam studi kawasan ini, Indonesia akan dapat dengan baik mengetahui kualitas dan kelemahan di wilayah Indonesia. Tentu dengan memahami potensi dan kelemahan wilayah, Indonesia dapat memaksimalkan potensi tersebut yang akan berdampak pada proses pembangunan Indonesia di masa depan.

Kawasan yang perlu menjadi fokus utama Indonesia dilihat dari perekembangan ekonomi dan posisi geopolitik Indonesia adalah Asia Tenggara. Dengan mempelajari kawasan Asia Tenggara, Indonesia dapat mengetahui potensi dan kelemahan negara-negara lain yang berada pada satu kawasan, seperti negara Singapura yang ekonomi nya sangat maju. Tentu hal ini dapat dimanfaatkan Indonesia untuk kemana arah pembangunan di masa depan.

Sebagai negara yang memiliki banyak pulau yang tersebar di sekitar garis katulistiwa yang diapit dua benua dan dua samudera, Indonesia mempunyai posisi geografik yang strategis. Hal ini bisa dilihat dari besarnya dampak yang dihasilkan dari perdagangan jalur utama perdagangan Internasional. Secara geopolitik Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah baik itu di bidang pertanian, perikanan tambah dan sumber daya lainnya.

Dalam pandangan Geopolitik modern dikatakan kekuatan geografi suatu negara diarahkan kepada kepentingan ekonomi dan aktor non negara yang memberikan pengaruh atas kemajuan suatu negara. Melihat dari pandangan ini, Indonesia memiliki potensi sangat besar yang dampak dimanfaatkan untuk kepentingan negara contohnya tambang emas dan batubara, perkebunan sawit dan karet, perikanan dan lainnya.

Selain itu letak strategis Indonesia sebagai jalur perdagangan Internasional bisa dimanfaatkan untuk membangun pelabuhan sebagai lalu lintas kapal yang akan memberikan keuntungan ekonomi dan dapat menjalin kerjasama perdagangan antar negara. Hal tersebut dapat dimanfaatkan Indonesia untuk perkembangan ekonomi. Selain itu Indonesia juga perlu memperkuat sektor pertahanan karena banyak negara yang ingin mengambil alih sumber daya yang melimpah di Indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image