Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kreyat Center News

PEDULI UMKM PUSAT INKUBASI BISNIS POLITEKNIK KUTARAJA BERIKAN BEASISWA

Info Terkini | Thursday, 04 Aug 2022, 13:09 WIB
Sumber : BEM Politeknik Kutaraja

BANDA ACEH – Politeknik Kutaraja melalui Pusat Inkubasi Bisnis, menyelenggarakan serangkaian kegiatan PINBIS PEDULI UMKM dengan tema Pemuda Kreatif Aktif Berkarya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemasaran bagi pelaku usaha/wirausaha pemula yang ada di Provinsi Aceh, mengembangkan kapasitas wirausaha dalam bidang digital marketing, dan meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga pelaku UMKM di Aceh dengan memberikan bantuan beasiswa pendidikan tinggi. Direktur Politeknik Kutaraja, Desy Puspita, S.P., M.M. secara terpisah menyampaikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah banyak berkiprah sebagai pahlawan dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia, saat ini UMKM menjadi pusat perhatian pemerintah dalam masa pemulihan setelah terkena dampak Virus Covid -19, berbagai upaya dilakukan untuk mestabilkan kembali keberlangsungan UMKM yang menjadi bantal pertumbuhan perekonomian Indonesia, Aceh juga merupakan salah satu provinsi yang ikut terpuruk akibat Covid-19 ini dan berdampak langsung bagi keluarga pelaku UMKM yang ada di Aceh.

“UMKM terbukti telah menjadi pahlawan ekonomi bangsa, oleh karena itu Politeknik Kutaraja ikut ambil peran dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga pelaku UMKM, khususnya dalam pendidikan tinggi," sebut Desy.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan yang diberikan adalah bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Politeknik Kutaraja dan ini khusus bagi keluarga pelaku UMKM.

“Kita sediakan kuota khusus bantuan beasiswa 50% dari total UKT sampai dengan tamat kuliah D3 dan D4 bagi keluarga keluarga pelaku UMKM yang ada di Aceh” tambah desy puspita.

Rangkaian kegitan lainnya dalam menunjang kapasitas pelaku UMKM di Aceh khususnya bagi wirausaha pemula melalui pemasaran di dunia maya ataupun digital marketing, yaitu optimalisasi sosial media untuk pemasaran bagi UMKM, seperti tiktok bisnis, google bisnis, photo editor dan video editor, kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk sharing session dengan pakar-pakar muda dan juga pelaku UMKM yang ahli di bidangnya masing-masing.

Ketua Pusat Inkubasi Bisnis (PINBIS) Politeknik Kutaraja, Mirnawati, S.E., M.M menyampaikan kegiatan ini terselenggara berkat adanya kerjasama dan kolaborasi antara para donatur organisasi maupun lembaga dan tenant binaan PINBIS Politeknik Kutaraja, yang telah lebih dulu sukses dalam berwirausaha. Sesuai dengan tema kegiatan, pemuda kreatif aktif berkarya, maka peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah dari kalangan milenial Aceh, yaitu pemuda Aceh usia produktif dan aktif sebagai wirausaha pemula maupun calon wirausaha.

“Peserta yang hadir sangat antusias yang terdiri dari kalangan usia produktif dan materipun dikemas cocok untuk kaum milenial,” ujar mirna.

Pusat Inkubasi Bisnis (PINBIS) Politeknik Kutaraja, sebagai inkubator nasional terdaftar pada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, pada 30 Juni 2022 menduduki peringkat ke empat Nasional berdasarkan penilaian Tim Seleksi dan Supervisi LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Dalam rangka mewujudkan salah satu daripada misi PINBIS Politeknik Kutaraja, yaitu meningkatkan kapasitas wirausaha pemula menjadi wirausaha naik kelas, melalui Kegiatan ini kita berharap para peserta mampu menjadi wisausaha handal di sektor bisnisnya masing-masing dan mampu meningkatkan pemasaran dan kesejahteraannya.

“Alhamdulillah lembaga inkubator kita masuk peringkat keempat nasional, pada 30 Juni 2022 dan kita terus berupaya melakukan yang terbaik bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Aceh,” tegas Mirnawati.

sumber: BEM Politeknik Kutaraja

Kegiatan PINBIS Peduli UMKM melalui sharing session digital marketing bagi wirausaha pemula Aceh, berlangsung seharian dari jam 08.30 sampai dengan jam 17.00 wib dan dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Kutaraja. Dalam sambutannya yang diwakili oleh Koordinator Program Studi, Agustina, S.E., M. Si menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi atas berbagai prestasi dan capaian PINBIS Politeknik Kutaraja serta menjadi inisiator dalam kegiatan ini. Ia juga menyebutkan bahwa salah satu tujuan dari dibentuknya PINBIS ini adalah wujud implementasi Tridharma Politeknik Kutaraja, khususnya pengabdian kepada masyarakat pelaku UMKM yang ada di Aceh, dengan harapan mampu menciptakan kader kader wirausaha muda yang berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum lainnya.

“Kita terus memberikan perhatian kepada para pelaku UMKM sebagai pahlawan ekonomi bangsa, sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pelaku UMKM adalah melalui Beasiswa Peduli UMKM ini,” sebut Agustina pada saat menyampaikan Sambutan Wadir Akademik Politeknik Kutaraja, Zahriatul Aini, S.E., M.M.

Selain Bantuan UKT 50% mahasiswa yang berasal dari keluarga pelaku UMKM dan mahasiswa lainnya serta alumni Politeknik Kutaraja, mendapatkan pendampingan bisnis pada Pusat Inkubasi Bisnis Politeknik Kutaraja untuk terpenuhinya salah satu indikator perguruan tinggi yaitu terciptanya SDM yang unggul, kompetitif dan siap kerja. Politeknik Kutaraja sebagai Perguruan Tinggi Vokasi yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Sarana Ilmu Kutaraja, saat ini memiliki Empat Program Studi, yaitu, D4 Manajemen Keuangan Sektor Publik, D4 Analis Keuangan, D3 Administrasi Perkantoran dan D3 Akuntansi. HSB*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image