Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sabbaruddin

Mata Kuliah Kehumasan

Curhat | Friday, 02 Dec 2022, 21:54 WIB
Sumber Gambar: Ade Rizki Fahrizal

Tugas Kelompok Humas Dinas Pendidikan Aceh

Tugas kelompok perkuliahan dengan mata kuliah Kehumasan kampus Politeknik Kutaraja, sebelumnya terlebih dahulu penulis akan memperkenalkan anggota kelompok yang berkunjung ke Humas Disdik Aceh, Sabarudin, M.Fauzan Nuski dan Ade Rizki Fahrizal adalah mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan D-IV (S1) di kampus Politeknik Kutaraja dengan jurusan Manajemen Keuangan Sektor Publik. Dan Humas Dinas Pendidikan Ace diwakili oleh bapak Irwan Saputra, S.H, M.H.

Dalam hal ini kami mendapatkan tugas perkuliahan dari Bapak Hamdani, S.E, M.Si sebagai dosen pengajar Kehumasan di Politeknik Kutaraja, tugas yang diberikan oleh dosen adalah mewawancarai salah satu Humas Instansi pemerintah maupun swasta seputar Banda Aceh, guna untuk mengetahui secara otentik mekanisme dan strategi kehumasan yang dilakukan oleh praktisi Humas di masing-masing instansi.

 

Pada tanggal 22 November lalu, Kelompok kami melakukan wawancara dengan Humas Dinas Pendidikan Aceh Irwan Saputra, S.H, M.H, pada saat berkunjung kami melakukan dialog yang panjang tentang kehumasan, serta mengkritisi Fenomena-fenomena sosial dalam prespektif Humas, mulai dari cara menyelesaikan masalah issue negatif terhadap instansi hingga strategi Humas dalam meningkatkan citra instansi serta memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat luas.

Dalam hal wawancara yang kami lakukan, kami menanyakan beberapa pertanyaan kepada bapak Irwan, salah satu pertanyaan yang kami adalah '' ketika ada isu publik yang memiliki nilai negatif terhadap instansi Disdik Aceh, bagaimana strategi Pak Iwan sebagai praktisi humas untuk menangani isu negatif tersebut dan langkah seperti apa yang di lakukan?" Bapak Irwan menjawab "Saat ada issue miring, maka yang pertama tim humas lakukan adalah membawa issue tersebut untuk didisdiskusikan terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa berdampak terhadap citra baik dinas. Jika tidak berdampak besar, biasanya kita membiarkan saja dengan terus menjalankan fungsi kehumasan seperti biasa, misalnya rutin mempublikasi kegiatan positif dinas. Namun bila isue itu berdampak besar pada citra baik dinas maka akan kita counter dengan beberapa hal, yang pertama melalui media massa, kedua mengajak/mengadvokasi pihak tersebut untuk berdialog agar kita dapat memperoleh kritik secara orisinil dari yang bersangkutan, dan kita juga dapat memberikan penjelasan secara langsung pada orang tersebut."

Selama 1 jam lebih kami berdialog dan dalam 1 jam tersebut kami sangat serius mendengarkan penyampaian oleh bapak Irwan sebagai praktisi Humas Disdik Aceh, dan kami menilai berdasarkan penyampaian yang diberikan oleh pihak Humas Disdik Aceh kami menilai keprofesionalan Bapak Irwan Saputra, S.H, M.H sudah tidak diragukan lagi sebagai praktisi Humas, Karena jawaban dari semua pertanyaan yang kami ajukan dan keterangan yang diberikan sangat memuaskan.

Demikian lah pengalaman wawancara bersama Humas Disdik Aceh yang dapat kami sampaikan dan kami ucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Pendidikan Aceh (Humas) yang telah bersedia menerima kami untuk memenuhi tugas perkuliahan kami.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image