Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ismail

Endorse: Pengertian, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Bisnis | Tuesday, 02 Aug 2022, 23:47 WIB

Endorse adalah bentuk iklan ataupun promosi menggunakan tokoh ataupun seorang influencer terkenal yang memiliki banyak followers dan pribadi yang diminati oleh banyak orang.

Bagi Anda pemilik sebuah bisnis tentu sudah terbiasa dengan pengertian endorse dan endorsement. Menggunakan jasa endorse adalah salah satu bentuk upaya memperkenalkan produk sebuah brand kepada masyarakat.

Strategi pemasaran endorsement biasanya digunakan oleh banyak sektor bisnis mulai dari makanan, pakaian, perawatan kulit, start up, dan masih banyak yang lainnya. Sebelum melakukan endorse, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui bagaimana cara memilih jasa endorse yang tepat.

Cara Memilih Jasa Endorse Yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan tentang cara memilih jasa endorse yang tepat bagi brand Anda agar meningkatkan profit.

Menentukan Target Pasar / Niche

Sesuaikan kategori influencer untuk target pasar yang ingin Anda tuju. Perhatikan followers yang dimiliki oleh seorang influencer yang Anda pilh, sangat disarankan yang sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan. Karena jika tidak cermat maka hasil endorse yang didapat tidak akan maksimal.

Cek Keaslian Followers

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat Anda memilih seorang influencer untuk melakukan endorse adalah followersnya. Karena saat ini banyak akun instagram yang tidak jelas keasliannya. Biasanya akun palsu cenderung menggunakan angka di belakang namanya dan jarang membuat postingan bahkan tidak sama sekali.

Perhatikan Kualitas Postingan

Pastikan seorang influencer tersebut memiliki kualitas konten yang baik dalam menarik minat followers. Anda bisa meminta jumlah reach dan impression dari salah satu postingannya sebelum mengajak kerjasama berupa endorse.

Sesuaikan Anggaran Endorse

Kita semua tahu bahwa semakin baik reach dan impression seorang influencer maka semakin mahal juga biaya untuk kerjasama endorse. Biaya endorse bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu sesuaikan anggaran endorse sebelum memilih kriteria seorang influencer.

Gunakan Berbagai Platform

Saat ini mayoritas endorse dilakukan oleh influencer di platform instagram. Tetapi jika Anda ingin mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa mengajak kerjasama endorse pada plaform tiktok, twitter, youtube, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Endorsement

Setelah Anda mengetahui pengertian dan beberapa tips sebelum menggunakan jasa endorse. Berikut ini adalah cara kerja endorsement yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui.

Bersifat Publik dan Konten Positif

Endorse yang bersifat publik artinya siapapun pengguna platform tersebut dapat melihat, mendengar, dan berkomentar. Tentu saja profil dari seorang influencer tidak boleh di privat dan harus bisa dilihat oleh publik.

Mengerti Jenis Endorse

Ada 2 jenis Endorse atau Endorsement. Yang pertama adalah paid promote dan yang kedua adalah paid endorsement. tentu kedua hal tersebut memiliki perbedaan dari cara kerja dan nominal harga yang ditawarkan.

Tidak Mengikat

Endorse merupakan bentuk promosi yang tidak mengikat. Pihak penerima endorse atau seorang influencer melakukan jumlah posting sesuai kesepakatan dengan pihak brand untuk durasi tertentu dan tidak ada kewajiban untuk menggunakan produk tersebut secara terus-menerus.

Selain itu perjanjian endorse tidak perlu melakukan tatap muka secara langsung karena bisa dilakukan melalui media online atau whatsapp, dan tidak perlu menggunakan tanda tangan kontrak secara tertulis.

Kunjungi Juga : Jasa Buzzer , Jasa Trending Topik

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image