Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemenkumham Sumsel

Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Penilaian Maturitas New SPIP

Info Terkini | Saturday, 30 Jul 2022, 18:53 WIB

Palembang. Kepala Divisi Administrasi, Kanwil Kemenkumham Sumsel, Idris Sabtu (30/7) mengatakan pihaknya telah menggelar Sosialisasi Penilaian Maturitas New SPIP (Sistem Pengendalian Internal Pemerintah) dan Manajemen Resiko dengan tema ‘Penyelenggaraan Tingkat Maturitas SPIP dan Penerapan Manajemen Risiko Menuju KUMHAM Semakin Pasti’, bertempat di Hotel Aryaduta Palembang.

Kabag Program dan Humas, kanwil kemenkumham Sumsel, Gunawan mengatakan, Kanwil Sumsel telah berpartisipasi dalam peningkatan level maturitas Kementerian Hukum dan HAM.

Pada tahun 2021, Kanwil kemenkumham Sumsel kembali melakukan berbagai tahapan penilaian mandiri maturitas SPIP dengan pendampingan langsung dari Inspektorat Jenderal dan dengan hasil penilaian melebihi target.

Menurut Gunawan, nilai Maturitas Penyelenggaraan SPIP adalah 4,12 atau telah memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada Level 4 (terkelola dan terukur), dan nilai untuk Manajemen Risiko Indeks (MRI) adalah 4,15. Sementara nilai untuk Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) mencapai 3,47.

Menurut Gunawan dengan Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penguatan untuk meningkatkan komitmen seluruh jajaran kemenkumham sumsel, terutama tentang bagiamana mengidentifikasi dan mengelola faktor risiko pada setiap program kerja, dengan kegiatan ini juga diharapkan diperoleh strategi penerapan agar level SPIP di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel mencapai level 4 sesuai target pemerintah

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, mengatakan Peserta sosialisasi sebanyak 75 orang dari Tim Satgas SPIP Kanwil dan UPT pemasyarakatan dan Imigrasi se-Sumatera Selatan.

Sedangkan narasumber yang memberikan materi adalah Auditor Muda Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Abdul Hamid dan Koordinator Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumsel, Ulu Sembiring.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image